Dalami Teknologi Kreatif, Santri Maslakul Huda Gelar Seminar Bisnis

 
Dalami Teknologi Kreatif, Santri Maslakul Huda Gelar Seminar Bisnis

LADUNI.ID, Pati - Setelah menjabat pelatihan entrepreneur dengan Blibli.com beberapa hari yang lalu, Pesantren Maslakul Huda (PMH) menyelenggarakan seminar bertajuk Santri Kreatif, Inovatif dan Bijak Menggunakan Teknologi bersama Google Indonesia.

Ketua panitia, Hasanudin mengungkapkan bahwa acara ini bertujuan untuk membekali para santri tentang wawasan seputar dunia digital. "Agar para santri dapat memanfaatkan teknologi informatika dengan bijak dan juga dapat mengambil peluang dan strategi dalam berbisnis," tuturnya, pada Jumat (23/11) kemarin.

Hasanudin juga mengatakan kebutuhan akan teknologi kian diminati oleh masyarakat saat ini, berbagai pesantren kini tak luput dari hal tersebut. Selain menjadi lembaga pendidikan Islam, pesantren juga turut 'berkembang' dunia digital. Di Pesantren Maslakul Huda (PMH) Pati, para santri diberi bekal dengan berbagai pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan potensi-potensi yang akan memberikan manfaat nantinya saat bermasyarakat.

Adapun acara yang berlangsung di halaman PMH li al-Mubtadiat pada dihadiri lebih dari 500 santri putra-putri dari berbagai lembaga operasional (LO) Pesantren Maslakul Huda meliputi PMH Putra, PMH li al-Mubtadiin, PMH li al-Mubtadiat, Pesantren Putri al-Badiiyah dan Ma'had Aly.

Pada saat yang sama, H Dliya'ul Haq, perwakilan pengasuh pesantren, dalam sambutannya banyak bercerita kepada para santri bahwa sejak zaman dulu Kiai Sahal adalah sosok yang selalu terbuka terhadap teknologi dan tidak gumunan (terheran-heran).

Menurut Dliya ', sapaannya, saat tempoe doeloe di Kajen belum ada teknologi, Kiai Sahal sudah mengenalkan mesin ketik kepada para santri-santrinya.

"Beliau (Kiai Sahal) juga punya televisi di rumah tapi dia tahu cara menggunakan televisi dengan baik," terang pria asal Demak ini.

Adapun seminar diisi oleh dua orang narasumber tim Google Gapura Digital dari Semarang. PINDAH adalah Agung Pambudi (Fasilitator Google Gapura Digital) asal Cilacap dan Dwi Putro Utomo Usman (Digital Marketing Trainer Gapura) asal Boyolali.

Sementara itu, materi yang disampaikan narasumber yaitu seputar bagaimana langkah-langkah menjadi entrepreneur, blogger, youtuber, copy writter, dan lain-lain. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

Terdapat beberapa agenda yang diselenggarakan selanjutnya adalah temu alumni, takhtiman bin nadhor, takhtiman bil gaib dan tahlil umum. Puncak haul berhenti pada Sabtu (24/11) hari ini.