Konsultasi Siap Nikah: Ingin Dekat dengan Ayah

Konsultasi Siap Nikah: Ingin Dekat dengan Ayah

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya Ahmad dari Pangkal Pinang Riau. Saat ini saya sedang duduk di kelas 1 SMA. Mau tanya nih mbak, sejak kecil saya tidak pernah dekat dengan ayah saya. Ayah sering sibuk bekerja, sehingga saya jarang ada waktu untuk berkomunikasi atau sekedar becanda dengan ayah saya. Hal ini membuat hubungan saya dengan ayah cenderung kaku.

Berbicara hanya sekedarnya saja. Sebaiknya apa yang saya lakukan agar hubungan saya dengan ayah bisa mencair dan akrab? Saya terkadang ingin berkonsultasi dengan ayah mengenai beberapa hal, namun agak kikuk untuk memulainya. Terima kasih atas saran yang diberikan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Ahmad di Pangkal Pinang – Riau

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Ahmad, terima kasih ya sudah menceritakan permasalahan mengenai hubungan dengan ayahmu yang kurang terjalin dengan baik. Permasalahanmu ini banyak dialami oleh teman-temanmu, namun Ahmad pandai mencari solusi dengan berkonsultasi.
Banyak ayah pekerja yang kemudian tidak mampu untuk bersikap akrab dengan anaknya.

Hal itu dikarenakan beberapa hal antara lain, ayah sibuk bekerja, melimpahkan pengasuhan anak kepada ibu, jarang meluangkan quality time dengan keluarga, ayah tidak terlibat aktif dalam dunia/sekolah anak, dan bisa jadi karena ayah memiliki sifat dasar yang kaku, pendiam atau bahkan galak sehingga anak tidak nyaman dekat dengan ayahnya.

Apabila hal ini dibiarkan terus menerus, maka selamanya hubungan dengan ayah juga akan kaku. Padahal bisa jadi ayah kita merasakan hal yang sama, ingin dekat dengan anak-anaknya. Remaja yang sedang mencari jati diri, membutuhkan figur seorang ayah sebagai teladan dan mematangkan sisi emosi.

Oleh karena itu, yuk kita mulai usaha untuk bisa dekat dengan ayah kita. Beberapa tips di bawah ini akan membantumu untuk mencairkan suasana dan membangun keakraban dengan ayahmu.

1. Mendiskusikan dengan ibu
Sampaikan kepada ibu, bahwa kamu ingin memperbaiki hubungan dengan ayahmu. Berdiskusilah dengan ibumu mengenai hal-hal yang disukai dan tidak disukai ayahmu. Cari tahu akar permasalahan yang membuatmu tidak bisa akrab dengan ayah agar bisa mempersiapkan solusi terbaik.

2. Buat minuman kesukaan ayah dan minumlah bersama
Saat ayah pulang kerja atau sedang bersantai, tawarkanlah untuk membuat minuman kesukaan ayah. Luangkan untuk menikmati waktu bersantai bersama ayah.

3. Fokus pada hal positif
Mungkin ayahmu seorang yang berwatak keras, terlalu disiplin, galak atau bahkan cuek. Abaikan hal-hal tersebut. Selama ayahmu masih menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah, kamu wajib untuk tetap respek dan menghormatinya.

4. Buat rencana kegiatan bersama ayah
Sekali waktu, buatlah kegiatan bersama ayah. Kamu bisa meminta tolong untuk diantarkan membeli buku atau peralatan sekolah. Selain itu coba ajak ayah untuk pergi jalan-jalan atau rekreasi. Manfaatkan quality time ini dengan baik ya.

5. Beli kado atau makanan kesukaan ayah
Kamu bisa membelikan sesuatu untuk ayahmu di hari ulang tahunnya. Mungkin kemeja, kaos, ikat pinggang atau barang lain yang cukup dibeli dengan uang tabunganmu. Sesekali belilah makanan kesukaan ayah dan nikmati bersama anggota keluarga yang lain. Ayahmu akan sangat menghargai hal ini.

6. Puji ayah
Puji ayah saat mengenakan baju atau seragam baru atau setelah mendapatkan promosi dari kantornya. Hal ini akan membuat ayahmu tersipu malu tapi diam-diam bahagia.

7. Beribadah bersama
Luangkan waktu untuk beribadah bersama ayahmu, contohnya sholat berjamaah, tadarus atau berangkat pengajian bersama-sama.

8. Berdoa
Berdoalah selalu kepada Allah SWT untuk kedua orang tuamu. Apabila ayahmu berwatak keras, berdoalah agar Allah SWT melunakkan hatinya. Berdoa akan membangun ikatan batin yang tak terlihat, sehingga perbuatan yang muncul akan menyiratkan kasih sayang di antara kalian.
Yuk berusaha memperbaiki hubungan dengan orang tua kita, karena ridho Allah SWT berasal dari ridho kedua orang tua kita. Semangat ya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun