Jaga Warisan, LP Ma’arif di Kebumen Wajibkan Siswa Ikuti Pagar Nusa

 
Jaga Warisan, LP Ma’arif di Kebumen Wajibkan Siswa Ikuti Pagar Nusa

LADUNI.ID, Jakarta - Sudah sepatutnya kita bangga sebagai pewaris budaya Indonesia peninggalan nenek moyang kita sudah mulai menyebar didunia terlebih di Negara tetangga, Malaysia, Singapure, Vietam, Thailand dan Myanmar. Perkembangan ini membuktikan bahwa seni beladiri asli Indonesia ini mampu mempunyai daya tarik tersendiri.

Namun, apa yang terjadi dengan fenomena yang terjadi dalam Negeri ini, dalam upaya mendukung kegiatan Pencak Silat di tengah generasi muda mudi justru semakin hilang. Apa lagi sulitnya memasukan kurikulum Pencak Silat di sekolah. Pewaris budaya seni beladiri yang dimiliki Indonesia ini semakin surut dan justru memperhatinkan. Generasi muda seakan akan kurang peduli dengan aset budaya yang dimiliki Negeri kita ini.

Melalui pembina Extra Pencak Silat Rahmat mengatakan,”Sebagai salah satu upaya mendidik karakter serta melestarikan warisan nenek moyang, saya berusaha mewajibkan siswa kami untuk mengikuti Pencak Silat, menurut saya pencak silat bukan hanya dalam segi fisik saja manfaatnya, selain itu siswa bisa mendapatkan pembentukan karakter lahir batin”, ungkapnya, seperti dilansir dari laman Pagar nusa Online.

Selain itu Ketua Pagar Nusa Kebumen Gus Harry Al Hasani menanggapi positif Kegiatan Wajib di SMP Ma’arif 1 Kebumen ini beliau menyampaikan, “ini yang saya tunggu, respon yang sangat positif bagi sekolah SMP Ma’arif 1 Kebumen ini, sebagai saudara kandung NU sudah sewajibnya kita saling mendukung dan saling besinergi untuk menciptakan generasi muda yang tangguh dan kader NU kedepan”,tanggapnya.

Selain aktif menjadi pengajar di SMP Ma’arif 1 Kebumen Rahmat juga aktif di pengurus NU di desanya, “saya aktif kegiatan NU di desa saya, dan aktif sebagai pengajar di SMP Ma’arif 1 Kebumen, Alhamdulillah Pagar Nusa sudah aktif di sekolah kami 3 tahun berjalan, selain beprestasi anak-anak juga semakin lebih disiplin”, tambahnya.

“Tentu saja bagi saya luar biasa, kami juga pernah mengajak kepada seluruh sekolah Ma’arif di Kebumen untuk ikut melestarikan Pencak Silat melalui Extra, namun hanya beberapa sekolah yang menanggapi, bagi kami tidak masalah yang terpenting kita terus bergerak dan terus mengembangkan Pencak Silat, NU mempunyai banom dengan berbagai bidang sudah sepantasnya kita saling mendukung agar satu komando dengan PBNU, salah satunya banom Pagar Nusa yang membidangi Pencak Silat”,tambahnya.