Konsultasi Psikologi: Anak Perempuanku Galak

 
Konsultasi Psikologi: Anak Perempuanku Galak

Assalamualaikum wr wb

Perkenalkan saya, ibu 3 anak. Saya mau menanyakan perihal anak saya yang kedua. Perempuan, sekarang kelas 5 SD. Usia sudah 11 tahun. Anak saya punya tabiat suka ngambek dan marah kalau kemauannya ga dituruti. Dia punya adik yang jarak usianya jauh. Usia adiknya sekarang 2 tahun. Kalau sedang marah, semuanya dipimpin termasuk pengasuh yang di rumah. Nah, beberapa hari ini dia marah-marah gara-garanya tugas sekolahnya belum diprint . Kebetulan printer di rumah rusak, jadi harus ke rental kalau mau ngeprint. Pengasuhnya untungnya bisa cara ngeprint. Ayahnya pulang malam jadi ga bisa bantu ngerjain tugasnya. Nah, yang bikin sedih, pas marah itu, dia sambil mengacungkan jari tengah ke pengasuhnya. Saya bingung ini anak mesti diapain ya , Pak? Mohon saran dan masukannya. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb

Ibu K

Jawaban:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Menghadapi anak-anak memang yang paling utama adalah sabar. Orang tua mesti memiliki kelapangan dada yang luar biasa ketika menghadapi anak-anak. Mereka tidak bisa dikerasi, apalagi ananda perempuan. Anak perempuan itu kalau dikerasi bisa patah semangat dan down secara mental. Tapi sebaliknya jika terlalu lembek, mereka akan seterusnya salah dan tidak belajar untuk menjadi baik. Orang tua mesti bersikap proporsional dan bijaksana. Paham kapan saatnya lembut dan kapan saatnya harus tegas.

Dalam kasus ananda yang mengacungkan jari tengah, jangan buru-buru menyimpulkan apapun. Bisa jadi ananda tidak mengetahui arti simbol jari seperti itu. Tanyakan baik-baik kepada ananda apa artinya simbol jari itu. Bisa jadi ananda tidak akan menjawab ,karena takut mungkin. Apapun sikap ananda, orang tua harus memberi penjelasan tentang arti sebenarnya dari simbol jari tengah itu. Jelaskan bahwa itu adalah bentuk makian kasar kepada orang lain tapi disampaikan lewat jari. Sebagaimana simbol jempol yang dipakai untuk memuji orang lain misalnya. Sampaikan  bahwa saat menggunakan simbol seperti itu berarti ananda sedang jadi anak nakal. Jelaskan dengan detail dan konkrit hingga ananda paham betul.

Selanjutnya beri pemahaman kepada ananda bahwa simbol jari tengah seperti itu tidak boleh sama sekali digunakan ketika sedang marah pada orang lain. Berikan pemahaman juga bahwa ananda tetap boleh marah jika ada penyebabnya tapi tidak boleh menggunakan simbol jari tengah. Sampaikan juga konsekuensi yang akan diperoleh ketika kita suka marah. Beritahukan bahwa hal itu nantinya akan bisa membuat teman-teman ananda ga suka dan ananda bisa ga punya teman. Setelah paham, minta ananda berjanji untuk tidak mengulangi lagi dan berjanji untuk menjadi anak baik dan jangan jadi anak nakal.

Terakhir, doakan ananda agar diberikan kelembutan hati, kesabaran dan tabiat yang baik sehingga bisa menjadi anak sholehah. Doakan sesering mungkin kapan saja. Misalnya di saat ananda sedang bermain atau menonton TV, lihatlah ke arahnya sambil doakan dalam hati seperti itu. Insya Allah, Allah kabulkan dan takdirkan ananda menjadi anak sholehah. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan Bu . Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi. Psi