Islam Nusantara

 

Rahasia Dibalik Bantahan Gus Najih dan Gus Miftah

Bisa jadi sikap Gus Najih kepada Gus Miftah, seperti cerita antara KH Khalil Bangkalan kepada Habib Abdullah Al-Haddad.

Abah Habib Luthfi dan Mbah Maimun Tentang Cirebon

Abah Habib Luthfi, pernah dawuh bahwa "Sewilayah tiga Cirebon iku (Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka) Wali Mastur neng Cirebon iku akeh pisan, blaratan, ora keitungan lan kabeh due tugas masing-masing go jaga wilayah Jawa iki,"

Ulama-Ulama Besar Tanah Air Dalam Manuskrip Syaikh Yasin Al Fadani

Beliau mengenalkan nama-nama ulama Indonesia di kancah internasional. Demikianlah karakteristik seorang berilmu, selalu rendah hati, dan menghormati guru-gurunya dengan menyebutnya. Semoga kita mendapat manfaat dan berkahnya.

Mencapai Ma'rifat dengan Mengenal Diri Sendiri

"Maka siapapun yang masih nyaman dengan dunia berarti ia masih linglung (belum sadar)."

Muqaddimah KH Sholeh Darat yang Menginspirasi RA Kartini

Tulisan ini berisi tentang petikan Muqaddimah dari Mbah Sholeh Darat yang ada di kitab Hidayatur Rohman.

Adakan Bedah Jurnal & Diskusi Publik, FIN UNUSIA: Gagasan Segar Tentang Paham dan Praktek Keagamaan

Acara yang dihelat secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Aula Kampus UNUSIA, Matraman ini juga sebagai upaya bersama untuk melawan dan menangkal paham-paham terorisme

Imam Besar di Sudan Shalat Menggunakan Langgam Jawa

Salah satu imam besar masjid di Sudan Syekh Nourin Mohamed Siddiq dalam mengimami Shalat di masjid besar di Sudan menggunakan bacaan ayat Alqur'an dengan langgam Jawa.

Garassi, Kampung Peradaban Wali Songo di Selatan Makassar Abad ke-17

Sejarawan Islam Nusantara, KH. Ahmad Baso, dalam salah satu postingannya di Facebook menulis tentang sebuah kampung yang bernama Garassi. Kampung ini merupakan pusat peradaban Walisongo yang terletak di Selatan Makassar pada abad ke-17.

Ngaji Ilmu Kesaktian Sayyidah Fatimah binti Rasulullah untuk Nusantara (1)

Ini kesaksian penulis-penulis Bali tentang pelajaran kisah putri Rasulullah SAW. yang terkenal yang menurunkan para ahlul bait pembawa Islam di Nusantara, yang menurunkan para Wali Songo.

Berapa Harga Naskah Islam Nusantara di Abad 19?

Sejarawan Islam Nusantara, KH. Ahmad Baso menulis tentang proses penyalinan, percetakan, hingga penyebaran dan harga yang perlu dikeluarkan untuk segala proses naskah Islam Nusantara. Penasaran berapa harganya? Simak di sini.