Kitab Majmu' Mustamil  Ala Arbai Rasail

PengarangImam Ahmad bin Zaini DahlanTahun Terbit{"masehi":"","hijriah":""}
PenerbitMaktabah Daar AL MinhajFan/KategoriIbadah
Download KitabDownloadInformasi buku tersebut dapat diperoleh di :

MAJMU' MUSTAMIL ALA ARBAI RASAIL merupakan kitab yang ditulis oleh Imam Ahmad bin Zaini Dahlan. Sesuai dengan namanya, kitab ini merupakan nasihat - nasihat dari Syaikh Zaini Dahlan yang dirangkum dalam 4 pembahasan pokok yaitu:

1. Larangan meninggalkan Sholat

2. Keutamaan Sholat Berjama’ah

3. At Taghib atau motivasi Sholat Isya dan Shubuh Berjama’ah

4. At Taghib atau motivasi Sholat Berjama’ah menurut Ulama’ Salaf

Semoga Allah memberi pemahaman agama kepada kami dan kalian semua, semoga Allah memberikan ilham kepada petunjuk kita dan semoga Allah juga melindungi kita dari kejahatan hawa nafsu kita,bahwa sesungguhnya sholat adalah tiang agama. Barangsiapa yang mendirikannya, maka benar-benar telah mendirikan agama, dan sebaliknya barangsiapa yang menyia-nyiakannya, maka benar-benar telah merobohkan agama. Dan bahwa sesungguhnya musibah terbesar, kejelekan paling jelek dan paling memalukan adalah meremehkan sholat dan menyia-nyiakan sholat Jum’at dan Jama’ah, yang karenanya Allah telah meluhurkan derajat, menghapus dosa-dosa dan menyuruh ibadah dengannya semua ahli bumi dan langit.

Tidaklah seseorang meninggalkan sholat dan kehidupan duniawi melalaikannya dari mendirikan sholat, kecuali ia telah tetap kecelakaannya, besar siksanya, rugi akad perjanjiannya, dan akan lama kesedihan dan penyesalannya.

Maka orang yang meninggalkan sholat akan dimurkai dan kepada selain agama Islam akan mati. Neraka Jahim adalah tempat tinggalnya, Neraka Hawiyah adalah tempat kembali dan menetapnya, ia akan dilaknati di sisi Allah dan ditolak di bumi dan di langit-Nya.

Diriwayatkan dari ‘Ali bin Abi Thalib RA, beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba beriman meninggalkan sholat dan tidak melaksanakannya, kecuali Allah akan menulis di wajahnya; “Orang ini telah keluar dari rahmat Allah dan Saya berlepas tangan darinya”. Dan jika seorang hamba meninggalkan satu fardhu sekali saja, maka namanya akan ditulis di pintu neraka.

Dalam sebuah hadis panjang pada bagian akhir, yang diriwayatkan oleh Umar bin al-Khattab RA dan Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW: “Bahwa malaikat Jibril turun kepada beliau dan berkata: Bacalah ! saya menjawab: apa yang harus saya baca? Jibril berkata:

59. Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, Maka mereka kelak akan menemui kesesatan, [QS Maryam(19): 59]

Saya bertanya: wahai Jibril, apakah umatku juga akan menyia-nyiakan sholat setelahku? Jibril menjawab: “ya, akan datang diakhir zaman sekelompok manusia dari umatmu yang menyia-nyiakan sholat, mengakhirkan waktu sholat dan memperturutkan hawa nafsunya. Uang dalam pandangan mereka lebih baik dibandingkan sholat mereka.”

Kitab ini sangat direkomendasikan sebagai refernsi bacaan karena merupakan kitab  yang kompatibel dalam meningkatkan amaliyah beribadah bagi seorang muslim.
Semoga Bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Majmu' Mustamil Ala Arbai Rasail (PDF)
Tebal: 48 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!