Indeks Kitab

Kitab Uqudulujain - makna pesantren

Walau kecil namun mengandung manfaat yang besar sebagai bekal dan pedoman dalam mengarungi mahligai rumah tangga dan meraih sakinah mawwadah warrohmah. Dan para ulama menaruh perhatian yang besar mengenai permasalahan ini, dan menyusun kitab-kitab khusus yang besar manfaatnya dan dapat dijadikan pedoman bagi kita. Salah satu kitab yang membahas tentang pernikahan adalah kitab Uqudulujain.

Kitab Uqudulujain adalah sebuah kitab hasil karya  Syaikh Nawawi Al-Bantani, seorang ulama besar asal Banten yang bermukim di Makkah dan mengajar di Masjidil Haram, Syaikh Nawawi membagi kitab Uqudul'ujain menjadi empat pasal, yaitu :

- Fasal pertama membahas hak-hak istri atas suami.
- Fasal kedua membahas hak-hak suami atas istri.
- Fasal ketiga membahas keutamaan sholat wanita dirumah.
- Fasal keempat membahas keharaman memperhatikan/memandang yang bukan muhrimnya.

Uqudulujain menjelaskan tentang panduan singkat dalam memulai hidup baru menjadi pasangan suami istri. Kitab ini sangat cocok di pelajari oleh kawula muda yang ingin atau baru menempuh maghligai pernikahan. Untuk mengetahui seperti apa saja hal-hal yang perlu dilakukan oleh suami istri dalam menempuh maghligai pernikahan? silahkan sahabat – Sahabat Laduni.id baca dan download kitab Uqudulujain makna pesantren dengan mengklik tombol download Yang sudah disediakan.

Terimakasih telah membaca  Kitab Uqudulujain - makna pesantren , di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Uqudulujain - makna pesantren (PDF)

 

PENULIS              

:

Syaikh Nawawi Al-Bantani

 

 

PENERJEMAH   

:

-----------

     

 

PENERBIT           

:

-----------

   

 

TAHUN                

:

-----------

       

 

Tebal                  

:

24  halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 

Lihat Kitab

Kitab Washiyatul Mushtafa Lil Imam 'Ali Karroma Allahu wajhah

Karya Abdul Wahab Asy-Sya'rani terkenal dengan panggilan Imam Asy-Sya'rani, yaitu salah seorang sufi terkenal yang diakui sebagai wali quthub pada zamannya yang memperoleh gelar sufistik Imamul Muhaqqiqin wa Zudwatul Arifin (pemuka ahli kebenaran dan teladan orang-orang makrifat). Beliau Imam asy-Sya'roni dilahirkan di desa Qalqasyandah – Mesir pada tanggal 27 Ramadhan 989 H. atau tepat 12 Juli 1493 M.

Kitab ini menjelaskan tentang kumpulan wasiat-wasiat kanjeng Nabi pada Sayyidina Ali Karramallahu wajhah. Syekh Abdul Wahab asy-Sya’rani selaku penyusun kitab hadis tersebut menulis beberapa kalimat dalam prolog kitabnya sebelum menulis hadis-hadis tersebut.

فهذه وصية المصطفي عليه الصلاة والسلام لعلي بن ابي طالب كرم الله وجهه قال : دعاني رسول الله صلى الله عليه وسلم فخلوت معه في منزله فقال لي : يا علي انت مني بمنزلة هارون من موسى عليه الصلاة والسلام غير انه لا نبي بعدي

Artinya: Kitab ini merupakan wasiat nabi alaihi ash-sholatu wa as-salaam kepada Sayyidina Ali bin Abi Tholib karramallahu wajhah. Sayyidina Ali berkata, “Rasulullah shalallahu wa sallam memanggilku dan aku bersama beliau menyepi di rumah beliau. Kemudian beliau bersabda, ‘wahai Ali, engkau memiliki kedudukan seperti kedudukannya Nabi Harun pada Nabi Musa alaihis sholatu was salaam selain bahwasanya tidak ada nabi setelahku.

Terimakasih telah membaca Kitab Washiyatul Mushtafa Lil Imam 'Ali Karroma Allahu wajhah, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Washiyatul Mushtafa Lil Imam 'Ali Karroma Allahu wajhah (PDF)

 

PENULIS              

:

Imam Asy-Sya'rani

 

 

PENERJEMAH   

:

       

 

PENERBIT           

:

     

 

TAHUN                

:

 H / M

       

 

Tebal                  

:

22 Halaman (PDF)

       

 

Lihat Kitab

Kitab Washiyatul Mushthofa – Makna Pesantren

Kitab yang berisi tentang wasiat-wasiat Nabi muhammad  kepada Sayyidina Ali.
Karya Syaikh Abdul Wahab as-Sya’roni.
Nama lengkap beliau adalah Abdul Wahhab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa asy-Sya’rani Al-Anshari asy-Syafi’i Asy-Syadzili Al-Mishri. Abdul Wahab Asy-Sya’rani terkenal dengan panggilan Imam Asy-Sya’rani, yaitu salah seorang sufi terkenal yang diakui sebagai wali quthub pada zamannya yang memperoleh gelar sufistik Imamul Muhaqqiqin wa Zudwatul Arifin (pemuka ahli kebenaran dan teladan orang-orang makrifat). Beliau Imam asy-Sya’roni dilahirkan di desa Qalqasyandah – Mesir pada tanggal 27 Ramadhan 989 H. atau tepat 12 Juli 1493 M.

Kitab ini bernama asli Waṣiyyah al-Muṣṭafa li al-Imami ‘Ali Karramahu Wajhahu, selanjutnya disebut Waṣiyyah al-Muṣṭafa, adalah kitab yang membahas ḥadas yang disandarkan kepada sahabat ‘Ali bin Abi Ṭalib. Salah satu wasiat dalam kitab ini, adalah saat Nabi Muhammad SAW, berwasiat kepada sahabat ‘Ali bin Abi Ṭalib bahwa sesungguhnya tidak ada Nabi lagi sesudah beliau.

Dan apabila sahabat ‘Ali bin Abi Ṭalib menjaga wasiat itu maka sahabat ‘Ali bin Abi Ṭalib akan hidup dengan terpuji dan mati dalam keadaan syahid, Allah SWT, akan membangkitkannya di hari kiamat sebagai seorang faqih (orang yang mengerti), dan sebagai seorang yang alim.

Daftar Isi Pembahasan Dalam Kitab Wasiatul Mustofa:

  • Wasiat-Wasiat Baginda Nabi Muhammad S.A.W.
  • Pasal Menjelaskan Masalah Wudhu Dan Sholat
  • Pasal Menerangkan Puasa
  • Pasal Menerangkan Sedekah
  • Pasal Menerangkan Do’a, Istigfar, dan Seluruh Dzikir
  • Pasal Menerangkan Kejujuran dan Teman
  • Pasal Dalam Menerangkan Taubat
  • Pasal Menerangkan Tentang Menjaga Lisan
  • Pasal Menerangkan Malu
  • Pasal Menerangkan Wara'
  • Pasal Menerangkan Mencela Dunia
  • Pasal Menerangkan Tingkah Laku Manusia MenurutAllah S.W.T
  • Pasal Menerangkan Ciri-Ciri Kebaikan
  • Pasal Menerangkan Ciri-Ciri Syirik
  • Pasal Menerangkan Do'a-Do'a
  • Pasal Menerangkan Fan yang Bermacam-Macam


Terimakasih telah membaca Kitab Washiyatul Mushthofa – Makna Pesantren, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.   Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Washiyatul Mushthofa – Makna Pesantren (PDF)

 

PENULIS              

:

Syaikh Abdul Wahab as-Sya’roni

 

 

PENERJEMAH   

:

Kyai Haji Bisri Musthofa

     

 

PENERBIT           

:

-----------

   

 

TAHUN                

:

-----------

       

 

Tebal                  

:

49  halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 

Lihat Kitab

Kitab Washiyyatu Abi Hanifah An-Nu'man

  Kitab Washiyatu Imam Abu Hanifah  merupakan kitab tentang Aqidah.
Kitab ini susunan wasiat Imam Madzhab terkemuka dalam bidang fiqih yaitu al Imam al ‘Alamah Abu Hanifah an Nu’man, yang masyhur dengan nama Imam Abu Hanifah. Kemudian kitab ini di¬-tahqiq wa ta’liq (diedit) oleh Abi Mu’adz Muhammad bin Abdul Hayyi ‘Uwainah. Kitab ini berisikan kumpulan wasiat Imam Abu Hanifah, dalam buku ini dijelaskan ketika beliau dalam keadaan sakit keras, beliau memanggil anak-anaknya, dan para muridnya dan diberikan wasiat yang merupakan isi dari kitab ini. 

Secara garis besar kitab ini memuat tentang ajaran aqidah Ahlus Sunah wal Jama’ah. Yang terdiri dari sekitar dua belas pokok bahasan dan beberapa keterangan tambahan, tentunya lengkap dengan tambahan keterangan dalil-dalil al Qur`an dan Hadist. Dalam kitab ini juga ada beberapa penambahan dan pembenahan beberapa teks. Di awal kitab juga ditambahkan tentang biografi al Imam al Alamah Syekh Abu Hanifah. Di samping itu ditambahkan pula teks salinan asli tulisan dari sang Imam. Abu Hanifah dilahirkan pada tahun 80 Hijriah (696 M) dan meninggal di Kufah pada tahun 150 Hijriah (767 M).

 *Karya-karya Imam Abu Hanifah
Sebagian ulama yang terkemuka dan banyak memberikan fatwa,
Imam Abu Hanifah meninggalkan banyak ide dan buah fikiran. Sebagian ide
dan buah fikirannya ditulisnya dalam bentuk buku, tetapi kebanyakan
dihimpun oleh murid-muridnya untuk kemudian dibukukan. Kitab-kitab
yang ditulisnya sendiri antara lain:
1. al-Fara’id: yang khusus membicarakan masalah waris dan segala
ketentuannya menurut hukum Islam.
2. asy-Syurut: yang membahas tentang perjanjian.
3. al-Fiqh al-Akbar: yang membahas ilmu kalam atau teologi dan diberi
syarah (penjelasan) oleh Imam Abu Mansur Muhammad al-Maturidi dan
Imam Abu al-Muntaha al-Maula Ahmad bin Muhammad al-Maghnisawi.

Lihat Kitab

Kitab Wasiyyah Al-Mustafa

Karya Syekh Abdul Wahhab asy-Sya'rani. Berisi wasiat Nabi Muhammad SAW. kepada Sahabat Ali ra.
Salah satu wasiat dalam kitab ini, adalah saat Nabi Muhammad SAW.berwasiat kepada sahabat ‘Ali bin Abī Talib bahwa sesungguhnya tidak ada Nabi lagi sesudah beliau.

Dan apabila sahabat ‘Ali bin Abī Talib menjaga wasiat itu maka sahabat ‘Ali bin Abī Talib akan hidup dengan terpuji dan mati dalam keadaan syahid, Allah SWT.
Bahkan Allah akan membangkitkannya di hari kiamat sebagai seorang faqih (orang yang mengerti), dan sebagai seorang yang alim.

Kitab ini bernama asli Wasiyyah al-Mustafa li Al-Imami ‘Ali Karramahu Wajhahu, selanjutnya disebut Wasiyyah Al-Mustafā, adalah kitab yang membahas ḥadis yang disandarkan kepada sahabat ‘Ali bin Abī Talib.

Terimakasih telah membaca Kitab Wasiyyah Al-Mustafa, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

 

 

           
   

 

           

 

JUDUL                  

:

 

Kitab Wasiyyah Al-Mustafa (PDF)

 

PENULIS              

:

 

Syekh Abdul Wahhab asy-Sya'rani

 

 

PENERJEMAH   

:

 

-

     

 

PENERBIT           

:

 

     

 

TAHUN                

:

 

  M / H

       

 

TEBAL                  

:

 

22 Halaman (PDF)

       

 

                           

 

Lihat Kitab

Kitab Wirid Dalil Muslim

Karya  Abuya Habib Hasan Bin Ahmad Baharun,  salah seorang tokoh kharismatik, dan pendiri Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan.

Layaknya buku wirid lainnya, kitab Dalilul Muslim juga memuat beberapa wirid, Do’a, sholawat, Sholat, tahlil Khutbah dan Hizib yang disusun para ulama, antara lain Wirdul Lathid, Hizib Sakron, Rotibul Haddad, Rotibul Athos dan lain sebagainya.  

Terimakasih telah membaca  Kitab Wirid Dalil Muslim ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Wirid Dalil Muslim (PDF)

 

PENULIS              

:

Abuya Habib Hasan Bin Ahmad Baharun

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

-----------

   

 

TAHUN                

:

M / H

       

 

Tebal                  

:

267 halaman (PDF)

       

 

                         

 

Lihat Kitab

Kitab Wisyahul Afrah wa Ishbahul Al-Falah

Karya Syekh Muhammad bin Ismail Daud Al-Fathani (1260-1333H/1844-1915M) seorang tokoh ulama Nusantara yang berkediaman di Makkah dan seorang guru di Masjidil Haram. Beliau terkenal dengan gelaran Syekh Nik Mat Kecik Patani.

Dalam kitab ini, Syekh Muhammad bin Ismail Daud Al-Fathani memberikan penjelasan mendalam tentang cara-cara bersuci dan melaksanakan shalat dengan benar sesuai dengan ajaran agama Islam, penjelasannya disusun dengan bahasa yang mudah dipahami.
 

Bukan hanya dalam urusan shalat, tetapi Syekh Muhammad bin Ismail Daud Al-Fathani juga membahas tentang aqidah, sejarah Islam, dan tata cara memperlakukan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Beliau mengajarkan tentang pentingnya memahami ajaran Islam dengan baik untuk menjalani kehidupan yang benar dan menjalankan ibadah dengan baik.

Kitab Wisyahul Afrah wa Ishbahul Al-Falah telah banyak digunakan sebagai buku teks pengajian di tempat-tempat seperti pondok-pondok, masjid, dan surau di Nusantara, khususnya di Malaysia dan selatan Thailand. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kitab ini dalam membantu masyarakat Muslim memahami ajaran Islam dan menjalankan aqidah dan ibadah secara benar.

Semoga kita semua dapat belajar dan memahami kitab ini dengan baik dan mendapatkan manfaat dari ajaran yang terkandung di dalamnya.

Terimakasih telah membaca Kitab Wisyahul Afrah wa Ishbahul Al-Falah, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Wisyahul Afrah wa Ishbahul Al-Falah (PDF)

 

PENULIS              

:

Syekh Muhammad bin Ismail Daud Al-Fathani

 

 

PENERJEMAH   

:

       

 

PENERBIT           

:

     

 

TAHUN                

:

 H / M

       

 

Tebal                  

:

65 Halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 

Lihat Kitab

Kitab- Nazhatul Afham Fima Ya'tari Ad - Dukhon Minal Hakam

NAZHATUL AFHAM FIMA YA’TARI AD – DUKHON MINAL HAKAM Karya ulama nusantara Syaikh Ahmad Dahlan bin Abdullah at Tarmasi al Fajitany al Jawy Pacitan (w:1329), saudara kandung Syaikh Mahfudz at-Tarmasi.

Kitab ini adalah kitab yang menjelaskan perbedaan pandangan ulama terkait hukum menggunakan tembakau atau merokok pada abad ke 19. Didalamnya dipaparkan secara jelas tetang hukum hukum merokok beserta sumber hukumnya seperti halnya pandangan Syaikh Al Kurdi yang mengatakan penggunaan tembakau bisa menjadi haram jika kegunaannya membahayakan dan pandangan ulama lainnya. Yang menarik dalam kitab ini salah satunya adalah penulis menukil beberapa makna fatwa yang kontras sehingga sangat menarik untuk dibaca khususnya bagi para pengonsumsi tembakau.

Selain hukum merokok, kitab ini juga membahas hukum-hukum yang terkait perihal rokok, seperti merokok di masjid, merokok saat puasa, hukum menjual rokok, dan lain-lain.

 

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :  NAZHATUL AFHAM FIMA YA’TARI AD – DUKHON MINAL HAKAM (PDF)
Tebal           :   193 halaman (PDF)

 

 Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab

Kitab-Al-Burhan Fi Ulumil Qur'an

Kitab-Al-Burhan fi Ulumil Qur'an

Karya Imam Badruddin Muhammad Abu Abdillah Az-Zarkasyi adalah ulama yang lahir di Mesir pada tahun 745 H atau bertepatan dengan tahun 1344 M, wafat 3 Rajab 794 H, dan dikebumikan di Qarafah Sughra dekat kuburan Katmar as-Saqi. Badruddin az-Zarkasyi adalah ulama yang menguasai berbagai ilmu, antara lain: fiqh, sastra, dan hadits. Beliau menjadi pimpinan Perguruan Karim ad-Din di Qarafah Sughra. Hidupnya sederhana dan lebih banyak disibukkan dengan urusan ilmu pengetahuan. Untuk keperluan hidupnya sehari-hari, beliau banyak dibantu keluarganya. ِImam Badruddin Az-Zarkasyi mengikuti manhaj Imam Syafi'i dalam mengambil keputusan yuridis Islam (Berfiqh).

Kitab ini merupakan salah satu kitab referensi utama dalam kajian ilmu al-Quran.
Penting diingat sekali lagi bahwa memahami dan mengkaji al-Quran, sangat-sangat tidak cukup dengan membaca terjemahnya dan langsung mengambil kesimpulan. Ada banyak hal yang perlu dikaji sebelum mengambil kesimpulan. Ada banyak ilmu yang harus dikuasai sebelum menyatakan bahwa statemen yang dikeluarkan adalah representasi dari Al-Quran.
Ada banyak aspek yang perlu direnungkan dan digali lebih dalam sebelum menghakimi orang lain salah dan menyatakan pendapatnya paling benar. Maka dari itu, penting untuk terus belajar membaca berbagai referensi dari ulama-ulama.

Kitab al-Burhan fi ‘Ulumil Qur’an terdiri dari 48 bab bahasan. Adapun bahasan dalam kitab ini, antara lain:

1.            Mengenal sabab an-nuzul.
2.            Mengenal munasabah antar ayat.
3.            Mengenal fawashil.
4.            Mengenal al-wujuh dan an-nazhair.
5.            Ilmu mutasyabbih.
6.            Ilmu mubham.
7.            Tentang rahasia al-fawatih.
8.            Tentang penutupan surah - surah.
9.            Tentang mengenal al-Makki dan al-Madani.
10.          Mengenal awal apa yang turun lebih dulu.
11.          Mengenal atas berapa bahasa yang telah turun.
12.          Tentang bagaimana proses penurunannya.
13.          Tentang penjelasan pengumpulannya dan siapa saja sahabat yang menghafalnya.
14.          Mengenal pembagiannya.
15.          Mengenal nama-namanya.
16.          Mengenal apa yang ditetapkan di dalamnya dari selain bahasa Hijaz.
17.          Mengenal apa yang terdapat di dalamnya daripada bahasa Arab.
18.          Mengenal kegharibannya.
19.          Mengenal perubahan (at-tashrif).
20.          Mengenal hukum-hukum.

Terimakasih telah membaca Kitab Al-BURHAN FI ULUMIL QUR’AN,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           : Imam Badruddin Muhammad Abu Abdillah Az-Zarkasyi
Judul Kitab :   Al-BURHAN FI ULUMIL QUR’AN (PDF)
Tebal           :   1232  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

Lihat Kitab

Kitab-Mukhtasor Fi Sirah Nabawiyah

Kitab ini adalah syarah, ta'liq, keterangan atau penjelasan kitab MAULID AD-DIBA'I oleh Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki. Beliau memberikan keterangan dari segi bahasa, memberikan dalil Al-Qur'an, Hadits dan kitab-kitab sejarah pada peristiwa yang disebutkan secara ringkas di dalam kitab maulid tersebut.

Pada muqoddimah kitab ini penulis memberikan penjelasan singkat namun padat seputar perayaan maulid Nabi Muhammad Saw. Beliau memberikan 21 poin yang lugas dari pandangan syariat tentang perayaan maulid. Bahkan Beliau juga membawakan pendapat mengejutkan dari sosok Syaikh Ibnu Taimiyah seputar maulid yang akhir-akhir ini para pengikutnya banyak yang menganggap hal tersebut perbuatan syirik.

Penulis     : Al-Imam al-Hafidz Abdurrahman bin Ad-Diba' asy-Syaibani
Penerbit  : Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah
Kertas      : HVS/ Soft Cover
Ukuran    : 22,5 x 15,5 cm
Tebal       : 64 Hlm.

Harga : Rp. 25.000

Pesan via WA: 0819-3704-6356
Atau klik :http://bit.ly/Salafsoleh

Lihat Kitab