KH Mohammad Said Sang Kiai Low Profile, yang Jadi Delegasi Ulama ke Rusia

Pendiri Ponpes PPAI Ketapang, Kepanjen, Penggerak tentara Hisbullah, Rois Syuriah NU Cabang Malang, menjadi Ketua Misi Ulama se Jatim ke Moskow, Rusia, dan Karachi mewakili Partai NU wilayah Jawa Timur. Kiai Low Profile, yang Jadi Delegasi Ulama ke Rusia

Apakah Indonesia Adalah Negara Islam?

Sesungguhnya negara kita Indonesia dinamakan “Negara Islam” karena telah pernah dikuasai sepenuhnya oleh orang Islam.

Hukum Khutbah Jumat Menggunakan Bahasa Indonesia

Dalam praktek pelaksanaan Khutbah sering kita dengarkan khatib berkhutbah dengan menerjemahkan kalimat-kalimat khutbah ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Bagaimana hukum khutbah tersebut, sah atau tidak?

Keputusan Para Alim Ulama tentang Presiden Indonesia

Sahkah atau tidak Keputusan Konferensi Alim Ulama di Cipanas tahun 1954, bahwa Presiden RI (Ir. Soekarno) dan alat-alat negara adalah waliyul amri dharuri bisy syaukah (Penguasa Pemerintahan secara dharurat sebab kekuasaannya) ?.

Militer Indonesia Lebih Kuat Dibanding Korut dan Israel

Kekuatan militer Indonesia lebih baik dibanding Korut dan Israel.

Komitmen Indonesia Atas Palestina

Pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia dan Palestina membahas situasi terakhir di Gaza

Indonesia Bantu Palestina 2 Juta US$ dan Inisiasi Insentif Bisnis

Indonesia membantu Palestina sebesar 2 juta US$ dan insentif bisnis dalam pemberlakuan tarif import.

Konsep Islam Nusantara Mendunia

Islam Nusantara memiliki kekhasan karena mensinergikan nilai-nilai ajaran Islam dengan falsafah Pancasila, yang menjadi Dasar Negara Indonesia. Sejak awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua agama dan kepercayaan bebas hidup di dalamnya.

Wapres Jusuf Kalla Buka Pertemuan Dai Dan Ulama Internasional Ke-5

Kegiatan ini dihadiri oleh para dai, ulama,  akademisi,  peneliti,  dan pengamat masalah keagamaan yang berasal dari berbagai ormas keagamaan seperti NU,  Muhammadiyah,  persis,  KODI, FPI,  FKUB,  dan sebagainya,  serta berbagai pesantren di sekitar Jabodetabek. 

PBNU: Halal Bi Halal Sebagai Pemersatu Masyarakat dan Bangsa Indonesia

Acara ini digelar dengan tujuan sebagai upaya menyatukan dan mendorong persatuan seluruh lapisan masyarakat dan bangsa Indonesia secara umum.

KH. Ma’ruf Amin: Kita Bersaudara dan Bersepakat Membangun Bangsa Indonesia Bersama

Kita sudah beranji untuk membangun negara ini secara bersama. Karena kita bersaudara maka kita punya kesepakatan. Kesepakatan itu saya menamakannya 'itifaqat akhawiyah' (kesepakatan atas dasar persaudaraan)

KH. M. Muhlasin: Halal Bihalal Hanya Ada di Indonesia dan Ciri Khas Islam Nusantara

Halal bihalal hanya ada di Indonesia sebagai salah satu ciri khas Islam Nusantara dimana dalam halal bihalal tersebut orang saling memaafkan satu sama lain.

Menhan : Indonesia Sedang Menghadapi Ancaman Nyata Teroris

enhan Ryamizard menyampaikan tentang ancaman nyata yang sedang terjadi di Indonesia. Ryamizard menyoroti tentang ancaman terorisme generasi ketiga dan radikalisme yang marak terjadi di Indonesia perlu disikapi secara serius.

Universitas Sam Ratulangi Manado Menjadi Peserta Terjauh dalam KRI

Peserta KRI tahun ini mencapai 91 tim dari 43 universitas di seluruh Indonesia. Termasuk salah satunya yaitu tim dari Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, yang menjadi peserta terjauh dari Indonesia bagian Timur.

Memanfaatkan Selebritas Lalu M Zohri

Lalu Muhammad Zohri, kurang dari dua puluh empat jam, sprinter Indonesia ini sudah menjadi selebritis. Semuanya ingin memanfaatkan dia.

Mengoptimalkan Peran Zakat, Wakil Sekjen PBNU: Perlu Revisi UU Zakat

Mengoptimalkan Peran Zakat, Wakil Sekjen PBNU: Perlu Revisi UU Zakat

Tajuk Ahad Laduni.id 15/07/2018: Mari Kita Besarkan Bersama Indonesia!

Bangkit dan majulah pemuda Indonesia, bu Sri dan Zohri minggu ini telah menorehkan icon tersendiri untuk Indonesia Mercusuar Dunia!

Rekor terbaru Sejarah Tingkat Kemiskinan RI Terendah

Penurunan angka kemiskinan tersebut merupakan sejarah bagi bangsa Indonesia. Sebab, di tahun-tahun sebelumnya angka kemiskinan Indonesia tak pernah di bawah 10 persen.

KH Asep Saifuddin Chalim: Kompetensi, Komitmen harus dimiliki Seorang Pengajar

Kompetensi dan komitmen akan melahirkan tanggung jawab seorang pendidik kepada anak didiknya. Seperti kompetensi, komitmen, dan tanggung jawab guru harus diwujudkan

Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan, Sepakati 9 Poin Rekomendasi

Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan dengan tema “Mewujudkan Islam Indonesia yang Wasathiyah”, telah dilaksanakan.

KH. Ma'ruf Amin: Khilafah Ditolak Karena Bertentangan dengan Kesepakatan

“Isu Islam Wasathiyah itu sudah menjadi isu global. Semua berkepentingan dengan ini dan konsep Wasathiyah di Indonesia punya ciri sendiri." Tegasnya di hadapan 70 peserta.

Jamaah Indonesia Perlu Waspadai Wahabisasi dari Arab Saudi

Jamaah asal Indonesia, terutama yang belajar ilmu atau melanjutkan studi di Arab Saudi

Syekh Junaid Al-Betawi: Imam Pertama Masjidil Haram dari Indonesia

Syeikh Junaid Al-Betawi, Orang Indonesia pertama yang Jadi Imam di Masjidil Haram, Ulama asli Betawi ini juga merupakan guru banyak tokoh agama kenamaan di dalam negeri.

Kisah Al-Habib Idrus Bin Salim Al-Jufri (Guru Tua) Mentaubatkan Ratusan Bandar dan Penjudi

Nampak Jamaah yang suka bermain undian senang dan sebagian Jamaah terheran heran, akhirnya Jamaah pulang dan benarlah apa yang dikatakan oleh Guru Tua,

Kisah Penyamaran Sempurna 30 Kopassus untuk Taklukan 3000 Pemberontak

Tiga kelompok 30 anggota Kopassus ini menyamar menjadi warga Kongo, tubuhnya dilumuri arang, kemudian membawa bakul sayuran, kambing, dan sapi

Timor Leste Diambang Kehancuran

Timor-Leste telah mengalami krisis konstitusional setelah pemerintah minoritas Perdana Menteri Mari Alkatiri gagal mengeluarkan kebijakan-kebijakan kunci, termasuk anggaran baru

Habib Ali Al-Jufri Tegaskan Islam Indonesia sebagai Islam Rasulullah di Madinah

Di Indonesia, Islam berkembang dengan pesat. Namun demikian, Islam Indonesia tidak sesekali melepaskan keterkaitannya dengan kultur dan tradisi yang melingkupinya.

Konvesi Ilmiah Internasional Mahasiswa Indonesia ke-18: Generasi Muda untuk Masa Depan Bangsa

Konvensi Ilmiah Internasional Mahasiswa Indonesia ke-18 (ISIC 2018) digelar di Inggris dengan tema "Mengintegrasikan dan Memberdayakan Generasi Muda melalui Kesatuan dalam Keberagaman untuk Pembangunan Masa Depan Indonesia"

Bangun Laboratorium Rujukan Senjata Kimia untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia

Kita berminat agar bisa membangun laboratorium rujukan. Apabila bisa dilakukan, kita bisa berperan lebih besar lagi di kawasan ASEAN,

Cak Nun: Kita Bangsa Maju, Jangan Minder!

Indonesia adalah negara besar, maka warganya tidak boleh minder!

Pelajar Indonesia Sabet Empat Medali Olimpiade Biologi di Iran

Empat Pelajar Indonesia sukses menyabet empat Medali dalam ajang kompetisi International Biology Olympiad (IBO) ke-29 yang diselenggarakan di Iran

Ketua MUI Palu: Lindungi dan Penuhi lah Hak-Hak Anak

Majlis Ulama Indonesia (MUI) kota Palu peringati Hari Anak Nasional 2018. Prof. Zainal Abidin (Ketua MUI Palu) meminta masyarakat memanfaatkan Hari Anak Nasional 2018 sebagai momentum memaksimalkan upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Pro dan Kontra Maksud Istilah Islam Nusantara

Kadang suatu perdebatan terjadi tidak karena perbedaan pandangan semata, tetapi lebih karena apa yang dipandang itu berbeda. Tulisan singkat ini mungkin menjadi jawaban bagi mereka yang menolak “Islam Nusantara” menurut apa yang saya pahami dan saya maksudkan dengan istilah tersebut.

Ekspor Produk Halal Indonesia Semakin Mudah Masuk Ke UEA dan Timur Tengah

Kebijakan Ekspor produk halal ke UEA semakin mudah menyusul adanya kerjasama antara BSN melalui KAN dan EMSA terkait akreditasi lembaga sertifikasi halal.

Mengenal Gus Dur dari Berbagai Sudut Pandang

Mengenali Gus Dur adalah bagaimana mengenali seorang manusia dengan banyak segi. Selain akrab dengan orang-orang segolonganannya, ia karib bagi orang-orang yang bahkan berseberangan.

Mahfud MD: Islam Nusantara Artinya Membawa Islam ke dalam Realitas yang ada di Indonesia

Islam Nusantara artinya mengindonesiakan Islam, adalah membawa Islam ke dalam realitas-realitas yang ada di Indonesia, bukan memaksa orang lain atau suatu bangsa untuk masuk Islam

Khitah Islam Nusantara

Islam Nusantara adalah cara proaktif warga NU dalam mengidentifikasi kekhususan-kekhususan yang ada pada diri mereka guna mengiktibarkan karakteristik-karakteristik ke-NU-an. Karakteristik-karakteristik ini bersifat peneguhan identitas yang distingtif, tetapi demokratis, toleran, dan moderat.

Kisah Karomah Mbah Kholil Bangkalan

Dengan izin Allah SWT batu itu seketika berubah menjadi emas murni 24 karat, pak polisi terbelalak matanya melihat kejadian aneh itu.. Mbah Kholil juga menunjuk batu yg lain, dan seketika batu itupun juga berubah menjadi emas

Ketum MUI Harapkan Ekonomi Syariah Sebagai Pendorong Kesejahteraan Indonesia

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin tegaskan ekonomi syariah sebagai pendorong kemaslahatan ekonomi Indonesia.

Presiden Ingin Desa Jadi Pilar Ekonomi Nasional

Presiden Jokowi saat di Bantul

Islam Nusantara Merupakan Corak Keislaman yang ada di Nusantara

Keragaman teori masuknya Islam ke Nusantara ini bukan menunjukkan mana yang paling benar tapi keragaman itu sesuai dengan kenyataan keragamaan corak keislaman yang ada di Nusatara.

Ulama Al-Azhar: Indonesia Berhasil Menerapkan Moderasi Islam yang Baik

Kami melihat di Indonesia ini moderasi Islam diterapkan dengan baik, seluruh warga negara memperoleh hak yang sama sebagai warga negara dalam pengajaran, pendidikan dan sebagainya dan ini sesungguhnya yang diajarkan oleh Islam

Kiai Ma’ruf: Banyak Doktor yang Lahir karena Fatwa MUI

Ma'ruf Amin: Banyak Doktor yang Lahir karena Fatwa MUI

Ulama Irak: Indonesia Bisa Menjadi Model Penegakan Moderasi Islam Dunia

Indonesia itu bisa menjadi model penegakan moderasi Islam karena Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Kita melihat di Indonesia aman dan damai dan stabil

Kecanggihan Alutsista TNI Menjadikan TNI Semakin Diperhitungkan Militer Dunia

Selain untuk memperkuat alutsista, keberadaan tank Harimau Hitam juga menjadi bukti kekuatan teknologi militer Indonesia, sekaligus mengurangi ketergantungan dengan negara lain.

Ulama Mesir Menilai Indonesia adalah Karunia Allah yang Sangat Luar Biasa

Mantan Rektor Universitas Al-Azhar Prof Dr Ibrahim Hud Hud saat menghadiri welcoming dinner Konferensi Ulama Internasional di Mataram, NTB

Hasil Rekomendasi Konferensi Ulama Internasional

Hasil rekomendasi konferseni ulama internasional di Lombok sebagai berikut

Festival Indonesia 2018: 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia - Jepang Berkebudayaan

Indonesia dan Jepang memperingati 60 tahun hubungan diplomatiknya dengan menyelenggarakan pameran budaya Indonesia di Jepang.

M Kholid Syeirazi: Orang yang Menolak Islam Nusantara karena dari dulu Menolak NU

Inti gagasan ini sederhana, kita ingin membangun Indonesia berdasarkan agama. Artinya kita tidak ingin membentuk Indonesia sebagai negara sekuler.

Presiden Ingin Zikir dan Doa Jelang Peringatan Kemerdekaan Jadi Tradisi

Semoga dengan zikir dan doa yang kita lakukan pada malam hari ini dan ini menjadi tradisi. Setiap 1 Agustus setiap tahun akan terus dilakukan zikir dan doa untuk mengucapkan syukur atas rahmat yang diberikan Allah pada bangsa kita Indonesia yaitu kemerdekaan

Imam Masjidil Haram Kunjungi PBNU: Arab Saudi Minta NU Sebar Islam Moderat ke Seluruh Dunia

Arab Saudi memiliki Saudi Arabia Visi 2030 untuk melakukan penyebaran Islam wasathiyah (moderat), dan meminta NU untuk bersama-sama menyebarkan Islam moderat ke seluruh dunia.

Permulaan yang Bagus, Ribuan Domba asal Jatim Diekspor ke Malaysia

Sebanyak 1.093 ekor domba siap diangkut ke dalam Pesawat kargo Malaysia Airline di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jatim, Rabu (1/8/2018). domba-domba tersebut berasal dari sejumlah peternak dari Jawa Timur yang akan di ekspor ke Malaysia, untuk pertama kali di Indonesia menggunakan pesawat terbang.

Menteri Pertanian: Brebes akan Ekspor Bawang ke 4 Negara Asia

Nantinya hasil panen raya ini akan di Ekspor ke negara Thailand, Singapura, Taiwan dan Malaysia. Hasil dari panen mencapai 10 Ton per Hektar.

Anatomi Radikalisme di Indonesia : Sebuah Pengantar (Bag 1)

Radikalisme ada pada semua agama, tetapi dalam Islam, radikalisme atau fundamentalisme terbukti memainkan peran politik terpenting sejak abad ke-18 (Barber, 1995: 206).

Dieng Bumi di Atas Awan Membeku Bagai di Eropa

Kepala Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Slamet Budiono mengatakan melihat suhu udara yang terus turun diprediksi besok akan muncul embun es.

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,06% dengan PDB Rp3.505 Triliun per Triwulan I 2018

Ekonomi Indonesia Triwulan I 2018 memiliki pertumbuhan ekonomi yang konsisten tumbuh positif.

Presiden Jokowi Bersama 34 Perguruan Tinggi Semarakkan Harmoni Indonesia 2018

Tiga Puluh Empat Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari 34 provinsi serta beberapa perwakilan mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri  ikut bernyanyi bersama dalam satu kesatuan waktu di bawah komando Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Addie MS sebagai dirigen orkestrasi massa terbesar dalam tahun ini.

75 Manuskrip Jawa Kuno Kembali Ke Indonesia setelah Dirampas Inggris Tahun 1821

Manuskrip Jawa Kuno yang sempat dirampas Inggris pada pagi buta tanggal 20 Juni 1821,’’ kata Peter BR Carey yang mengaku anak koloni Inggris

Di Depan Ribuan Orang, KH Marzuki Mustamar Jelaskan Makna Islam Nusantara

Islam Nusantara dalam Bahasa Arab adalah "Tarkib Idhofah bi Ma'na Fi" yaitu Jenis Idofah (gabungan dua Isim) yang di dalamnya terdapat makna "di". Contoh...

NU Benteng Indonesia

Imam Al-Ghazali, mengatakan bahwa, "negara dan agama ibaratkan bangunan dengan penjaganya. Jika rumah tidak memiliki penjaga, maka jangan berharap rumah tersebut akan...

Hati-Hati! Ada Indikasi Habaib Sedang Diadu Domba dengan NU

Kali ini sasaran HTI adalah NU, langkah pertama adalah mengadu domba Habaib dan Kyai NU. Sebab...

Gus Mus: NU Harus Bersikap Hati-hati Terkait Pendapatnya Tentang Politik Praktis

KH Mustofa Bisri (Gus Mus) mengingatkan para pengurus dan pemimpin Nahdlatul Ulama (NU) untuk berhati-hati dalam memberi pernyataan terkait politik praktis.

Kyai Ma’ruf Bicara Keutuhan Bangsa, hingga Kedaulatan Ekonomi

Usai penetapan pasangan Calon Wakil Presiden 2019-2024, oleh Presiden Joko Widodo, PBNU melakukan konferensi Pers, Rabu (09/08/2018).

Ir. Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus Setelah Sowan 4 Ulama Sufi

Bukan ditanggal lainnya misalnya tanggal 15 atau 16 Agustus 1945. Atas dasar apakah Bung Karno memilih tanggal 17? Tentunya pemilihan tanggal itu tidak hanya kebetulan atau “ujug-ujug”

Ketum Kadin: Jangan Ragukan Pemahaman KH. Ma'ruf Amin tentang Ekonomi Syariah

Jadi agak salah sih kalau banyak yang meragukan beliau mengenai pemahaman perekonomian. Menurut saya sih agak salah ya, karena saya sudah berdiskusi mengenai hal itu

BPS: Pertama Kalinya Angka Kemiskinan Indonesia Berada di Single Digit sejak 1999

Badan Pusat Statistik (BPS) umumkan angka kemiskinan per Maret 2018 turun menjadi 9,82% atau setara 25,95 juta orang. Baru kali ini angka kemiskinan single digit, sebelumnya angka kemiskinan selalu di atas 10%.

Islam Nusantara: Strategi Melawan Globalisasi

Orang-orang berjiwa merdeka dan berpikiran bebas, tidak akan berandai-andai dan menafsir-nafsir apalagi sampai membayang-bayangkan istilah Islam Nusantara sebagai sesuatu yang baru yang sangat mengerikan

2014 Indonesia sebagi Pengimport, 2018 Indonesia Targetkan Eksport 15 Ribu Ton Bawang Merah

Sebelumnya pada 2014, Indonesia masih impor bawang merah hingga 74.903 ton dan 2015 impor menurun drastis menjadi 17.428 ton. Kementan memasang target ekspor bawang merah tahun ini sebanyak 15 ribu ton

Kehebatan Satelit Merah Putih Diklaim Mampu Menjangkau Asia Tenggara dan Asia Selatan

Satelit Merah Putih menjangkau seluruh wilayah Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan

Daya Beli Masyarakat Indonesia Turun, Apa Benar?

Kajian yang kami lakukan pada dataran mikro, menunjukkan uang sedang berpindah (Shifting), dari kalangan menengah ke atas, ke ekonomi rakyat

Gus Sholah: ISNU Keberadaannya sangat Penting, Perannya Harus Ditingkatkan

Gus Sholah ISNU merupakan wadah atau organisasi yang saat ini keberadaannya sangat penting. Karena itu, perannya harus semakin ditingkatkan.

Pondok Pesantren Sirajul Huda, Siap Terima Anak Korban Gempa dengan Lapang Dada

Pondok Pesantren Sirajul Huda Poak Dandak Lombok Tengah, Ahmad Jumaili menyatakan pihaknya siap menampung anak-anak korban bencana gempa di Lombok Utara untuk melanjutkan pendidikannya.

NU Peduli Bergerak Mulai Tanggap Darurat sampai Rehabilitasi Trauma Korban Gempa Lombok

NU Peduli digunakan Untuk memudahkan koordinasi dan efektifitas penyaluran bantuan untuk korban gempa se pulau Lombok yang terdampak

Ma'arif NU Selenggarakan Sekolah Darurat di Masa Rehabilitasi Gempa Lombok

Setelah itu selama masa rehabilitasi adakan sekolah darurat. Dalam Tim di PWNU yg dibentuk, ada cluster pendidikan, kami menempatkan orang kami di situ'

Dr Damayanti: Stunting bisa Dicegah Sebelum Bayi Berusia 2 tahun dengan Asupan Gizi yang Memadai

Stunting bisa dicegah sebelum bayi berusia 2 tahun dengan memastikan pertumbuhan bayi setiap bulan

Menag: Kopiah Hitam tidak hanya Identitas Muslim tapi juga Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia biasa memakai kopiah karena ini tidak hanya identitas Muslim tapi juga bangsa

BCA Mataram Salurkan Bantuan Lewat 'NU Peduli Lombok'

Ketua LPBNU ini menyampaikan terimakasih kepada BCA (Bank Central Asia) Mataram yang telah mendistribusikan logistik melalui NU Peduli PWNU NTB.

Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, Sang Ulama Peletak Dasar-Dasar Kemerdekaan

Inilah wujud ajaran dari Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari yang meletakkan kewajiban bela negara adalah sama pentingnya dengan kewajiban membela agama

BTN Targetkan Program Sejuta Rumah dengan Harga Terjangkau

Kami berkomitmen untuk terus menjangkau semakin banyak masyarakat Indonesia agar memiliki rumah mudah dan terjangkau

Pidato Kenegaraan Jokowi: ‎Indonesia Harus Jadi Negara Maju

Indonesia berjalan menuju negara maju dengan keberanian kebijakan dan terobosan baru.

Semangat Pahlawan Ajak Jelajahi Peristiwa 73 Tahun Lalu

Ribuan santri Pondok Pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” menggelar Upacara HUT RI ke 73 di lapangan parkir pondok pesantren, Jum’at (17/8)

Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan (#2)

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya

Pengakuan Ekonom Penghancur #6: Manipulasi Pertumbuhan Ekonomi, awal Korporatokrasi

Perkins dalam kegamangan merencanakan penipuan dan manipulasi untuk keajaiban ekonomi yang akan mengikat Indonesia bak kerbau dicucuk hidungnya.

Pernyataan Sikap PCNU Kota Probolinggo tentang Kostum Cadar dan Replika Senjata Karnaval TK

Menyikapi penggunaan kostum bercadar dengan membawa replika laras panjang dari salah satu peserta Pawai Budaya tingkat TK se-Kota Probolinggo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-73

Silaturahim NU Sedunia XVII: Islam Nusantara dari NU untuk Perdamaian Dunia

Kami ingin mengukuhkan semangat Islam Nusantara sebagai jalan untuk menuju perdamaian dunia

Update NU Peduli Lombok tanggal 19 Agustus 2018

Gubernur Nusa Tenggara Barat memperpanjang masa tanggap darurat bencana hingga 25 Agustus 2018.

Lombok Kembali Diguncang Gempa, Para Relawan NU Peduli Memilih Berjaga di Halaman Gedung

Para relawan di Pos Utama NU Peduli PWNU NTB berhamburan keluar dan hingga berita ini diturunkan mereka masih memilih berjaga di halaman gedung.

Kolom Gus Nadir: Idul Adha ikut Pemerintah Saudi Arabia atau lokal?

Peredaran atau posisi bulan di wilayah Indonesia, misalnya, tiba-tiba "lompat" karena harus sesuai dg kalendar Saudi.

Menyulap Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik

Tabung terbuat dari plastik untuk menampung sampah organik, di dasar tabung diberi penyekat antara sampah dan cairan.

Hunian Sementara Bagi Korban Gempa Menjadi Prioritas NU Peduli

M Wahib Emha mengatakan untuk menjawab kebutuhan tersebut, Tim NU Peduli menggagas hunian sementara bagi warga yang kehilangan rumah, maupun yang rumahnya belum bisa ditempati karena kondisi dan antisipasi risiko.

Update NU Peduli Lombok tanggal 21 Agustus 2018

Gambaran musibah yang menimpa dari gempa tersebut antara lain terdapat 417.529 jiwa mengungsi, 71.937 unit bangunan rusak, 1.054 jiwa luka-luka, 466 jiwa meninggal, 178 unit sekolah dan madrasah rusak, dan 115 unit masjid rusak

IAI Al-Aziziyah Samalanga #5: Joko Widodo, Presiden Pertama Indonesia Menginjak Kaki di Kota Santri

Bukan hanya itu Institut Agama Islam  (IAI) Al- Aziziyah Samalanga berusaha menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan sarjana Agama yang memiliki pengetahuan dan kepekaan dalam memahami realitas keagamaan dan mampu  

Update NU Peduli Lombok tanggal 22 Agustus 2018

Gambaran musibah yang menimpa dari gempa tersebut antara lain terdapat 417.529 jiwa mengungsi, 71.937 unit bangunan rusak, 1.054 jiwa luka-luka, 466 jiwa meninggal, 178 unit sekolah dan madrasah rusak, dan 115 unit masjid rusak

SIMPELDes Aplikasi Pemilu Digital Karya Mahasiswa UI

aplikasi SIMPELDes pada dasarnya dapat diterapkan pada beragam pesta demokrasi. Namun, pada kesempatan ini mereka mencoba menerapkan pada pemilihan kepala desa yang memiliki IKP

Kisah Tragis Sri Lanka Jual Pelabuhan untuk Bayar Hutang ke Cina

Pada 2017 Sri Lanka harus merelakan pelabuhan tersebut kepada China karena tidak mampu membayar utangnya.

NU Peduli Akan tetap Konsisten Salurkan Bantuan Untuk Pengungsi

NU Peduli hingga saat ini tetap menyalurkan bantuan kemanusiaan dari para donatur untuk korban gempa. Relawan-relawan NU Peduli tetap bergerak disetiap titik pengungsi yang kurang mendapatkan perhatian

Gus Nadir: Pentingnya Pembaruan Aturan Penggunaan alat Pengeras Suara di Masjid

pentingnya pembarauan aturan mengenai penggunaan alat pengeras suara dan perlunya mengevaluasi kembali pasal 156A.

KH Ma'ruf Non Aktif Sebagai Ketum MUI

Sejak ditetapkan sebagai Cawapres oleh KPU, beliau sudah berketetapan non aktif dari Ketua Umum

Update NU Peduli Lombok tanggal 28 Agustus 2018

Adapun jumlah dana yang diterima NU Care Lazis NU semantara terkumpul : Rp. 6. 136. 550. 736

Aliansi Masyarakat Mayong Tolak UAS ke Jepara

Abdi Munif, selaku koordinator menyatakan penolakan atas segala bentuk gerakan radikalisme dan segala bentuk gerakan yang bertentangan dengan NKR

10 Teknologi Ini Bisa Bikin Bangunan Tahan Gempa

Untuk mengantisipasi kejadian yang serupa dibutuhkan teknologi- teknologi yang bisa meminimalisir kerugian yang terjadi akibat gempa,

Rokok Menghidupkanmu: Karomah Kiai Mahrus Aly Lirboyo

Setelah derek sampai, ditariklah mobil yang tenggelam itu ke atas. Sampai di atas, pintu mobil dibuka dan ternyata Mbah Mahrus malah sedang merokok

Tujuan Hizbut Tahrir : Chaos, Pemilu Gagal dan Terjadi Kekosongan Kekuasaan

Pengakuan Sandiaga Uno bahwa kelompok Gerakan Ganti Presiden itu memang Tidak menginginkan Prabowo jadi Capres,

PBNU Kumpulkan PWNU Se Indonesia Bahas Penguatan Organisasi Sambut Abad ke-2 NU

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyampaikan, pertemuan PBNU dengan PWNU ini dalam rangka penguatan organisasi menyambut abad ke-2 NU.

Kiai Ishomuddin: Politisasi Agama tidak Boleh Terulang untuk Keutuhan NKRI

Politisasi agama menjadi kekhawatiran publik Indonesia saat ini yang tengah menghadapi situasi politik yang memanas menjelang Pemilu tahun mendatang.

Rhenald Kasali: Banyak Orang Kaya Ngakunya Hidupnya Makin Sulit

Meski hidupnya enak, rumah besar, ada mobil, pesta pernikahan anaknya wah, bahkan ada yang memelihara hewan-hewan mahal, tetapi tak semua merasa makin kaya

Hebat, Kompetisi Daya Ingat Dunia Pelajar Indonesia Juara 2

Siswa Indonesia bersaing dengan 160 pelajar lain dari Korea Selatan, Mongolia, China, Jepang, Inggris, Libya dan Moldova, dan berhasil meraih peringkat ke-2

NU Peduli Konsisten Tingkatkan Pelayanan Agar Lombok Bangkit dan Lebih Baik Pasca Gempa

Saat ini adalah masa transisi darurat menuju pemulihan kami meningkatkan pelayanan kesehatan, psikososial dan penyaluran kebutuhan lain. Tujuannya agar warga NTB bisa bangkit dan lebih baik pasca terkena gempa

Pengakuan Ekonom Penghancur #8: Melalui Wayang, Rakyat Indonesia Melek Politik Dunia

Perkins menceritakan sebuah pertunjukan wayang yang tragis, di mana tokoh perjuangan nasional dari Belanda, terbunuh akibat 'provokasi' dari pertunjukan wayang.

Ini Gagasan KH Ma’ruf Amin tentang Ekonomi Indonesia

‘Arus Baru Ekonomi Indonesia’ sebagai gagasan ekonomi kini tengah digagas. Adalah Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin sebagai penggagas arus baru ekonomi untuk Indonesia ini

Sembilan Tahun Hilang, Kapal Hantu Sam Ratulangi Mendadak Muncul

Kapal kontainer misterius yang dibuat di Indonesia dan berlayar di samudera tanpa satu pun awak di dalamnya, ditemukan kandas di lepas pantai kota Thongwa, Yangon, Myanmar.

Tabligh Akbar UAS di Malang Batal Oleh Gerakan Aswaja Malang

Gerakan Aswaja Malang (GAMAL) akhirnya membatalkan tabligh Abdul Somad yang rencananya digelar pada hari ini, Ahad (02/09),melalui suratnya

100 Hari Ki Enthus: Misteri Awal Kematiannya Terungkap

Jagat pewayangan Indonesia meneteskan air mata, salah satu dalang kondangnya yang penuh kreasi dan inovasi, Ki Enthus Susmono meninggal. Menarik disimak kisah misteri awal kematian beliau.

Kiai Ma'ruf Amin: Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan merupakan Fardhu Kifayah

Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU itu menyampaikan, “Kurangnya pelayanan kesehatan, pendidikan, itu minimal fardhu kifayah.

Kegunaan dan Bentuk Kemeunyan#2

Beranjak dari uraian diatas kemenyan itu bukanlah sesuatu yang identik dengan mistik agama dan perdukunan. Dalam bahasa arab kemenyan itu dikenal dengan nama bukhu

NU Peduli Targetkan 1000 Huntara Dibangun di Lombok

NU Peduli Lombok menargetkan seribu huntara, 100 MCK, 500 sekolah darurat, dan 100 masjid darurat yang ditargetkan rampung pada satu sampai dua bulan ke depan

Kronologi Batalnya Kedatangan UAS di Jepara

Ansor Jepara mengingatkan Polri untuk bertindak mencegah konsolidasi eks HTI dan memastikan dalam kegiatan pengajian yang bakal berlangsung itu terdapat Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Akhir Tragis Gerakan Ganti Khalifah Tahun 656 M

Ujung dari gerakan #Ganti_Khalifah tahun 656 M, zaman Khulafaur Rasyidin Utsman bin Affan

Sekjen PBNU Ajak Umat Membantu Lombok

Helmy Faishal Zaini mengajak masyarakat atau seluruh umat beragama di Indonesia untuk terus bahu membantu dalam membantu masyarakat Lombok yang terdampak bencana gempa.

Bicara Ekonomi Indonesia, Ini Isi Sambutan KH Ma'ruf Amin

Ekonomi syariah hadir secara resmi di Indonesia pada awal tahun 1990-an, yaitu bermula ketika didirikan bank Muamalat, lembaga keuangan syariah pertama di Indonesia.

Rilis Pers Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Terkait GP Ansor Gelar Kirab Satu Negeri

Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar kirab bendera Merah Putih mengelilingi seluruh wilayah Indonesia dimulai dari lima titik pulau terluar pada Minggu, 16 September 2018. Lima titik pemberangkatan kirab adalah Sabang, Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Rote, dan Merauke.

Abdurrahman Moaliem: Ikrar Kiai Hasyim di Hadapan Ka'bah

Ka'bah pun menjadi saksi pembaitan. Di hadapan Ka'bah yang menjadi kiblat muslim sedunia, sekelompok pemuda dari berbagai negara, mengucapkan ikrar mengembangkan syiar Islam di negeri masing-masing.

Hoax, Kader HTI Sebar Foto Gus Sholah Mendukung Khilafah

Saya tidak mendukung, dan juga tidak menolak Khilafah. Karena, saya tidak punya wewenang itu. Silakan berwacana tentang khilafah. Tetapi kalau bergerak mendirikan khilafah, maka negara yang akan bertindak

Kemenkominfo Anggarkan 38 M, Latih Lulusan SMA dan D3 Jadi Ahli IT

20 ribu orang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Diploma (D3) agar mereka mendapatkan sertifikasi dan dapat langsung bekerja di bidang teknologi.

Presiden Temui 4 Bos Besar Korea Selatan, Apa yang Dibahas?

Mengawali kegiatan kunjungan kenegaraan Persiden Joko Widodo, Presiden melakukan pertemuan dengan 4 CEO perusahaan besar di Korea Selatan

Indonesia Akan Berbagi Pengalaman dengan Sudan dalam Bidang Ekonomi Kreatif

Indonesia akan berbagi pengalaman dengan Sudan dalam Bidang Ekonomi Kreatif

Presiden Moon Apresiasi Kiprah Indonesia Soal Semenanjung Korea

Presiden Republik Korea Moon Jae-in, di Istana Kepresidenan Blue House, Seoul, Senin (10/9), menyambut baik kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi dan mengucapkan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan Asian Games tahun 2018.

Ustadz Ichwan DS: Bendera Hizbut Tahrir BUKAN Bendera Rasulullah, Baru Dikenal Tahun 2005

Hizbut Tahrir memiliki dua bendera, berwarna putih yang disebut Liwa' dan warga hitam yang disebut Rayah. Mereka mengklaim 2 bendera yang ada tulisan 2 kalimat syahadat itu sebagai bendera Rasulullah Saw

Fintech Bakal Mengantikan Bank, Benarkah?

Banyak persepsi mengenai perusahaan fintech dianggap sebagai pesaing dalam dunia perbankan. Bahkan, fintechdisebut-sebut akan mengantikan posisi bank. Benarkah

Klarifikasi Berita Hoax: Nyanyi sebelum Shalat di Kampus Universitas Jendral Soedirman

Video menyanyikan lagu Indonesia Raya yang viral di fanpage Facebook indonesia News itu sebenarnya dilakukan salah satu organisasi keagamaan mahasiswa di Unsoed yang meminjam masjid untuk memperingati tahun baru Islam pada 11 September 2018 pukul 08:00-11:00 WIB

Indonesia dan Cisco Kerjasama Program Akselerasi Negara Digital

Pemerintah Indonesia dan Cisco bekerja sama menyelenggarakan program CDA. Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi bagian dari program ini

Benarkah Pendidikan Indonesia Kehilangan Arah

Dimana letak bermartabat dan majunya sebuah bangsa? Banyak kemungkinan jawaban yang dapat ditemukan. Ada negara yang maju dengan peralatan teknologinya, ada negara yang terkenal dengan disiplin waktunya, ada negara yang disegani karena angkatan bersenjatanya, ada negara yang menjadi rebutan karena memiliki sumber daya alam (SDA)

Kemenhub Temui Telkom Bicarakan Aplikasi Saingan Go-Jek

Sore ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bertemu dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Keduanya akan membahas rencana pembuatan aplikasi transportasi online saingan Go-Jek dan Grab.

Arus Baru Ekonomi Indonesia Berdasar Sila ke-5 Pancasila

Pada hakikatnya arus baru ekonomi Indonesia berakar dari sila ke lima pancasila yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Bank Dunia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2018 dan 2019 Capai 5,2 Persen

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan oleh Bank Indonesia pada 2018 dan 2019 menyentuh angka 5,2 persen, diberitakan sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menembus 5,2 persen pada kuartal pertama 2018.

Ma’rufnomics: Arus Baru Ekonomi Indonesia

Secara garis besar Arus Baru Ekonomi Indonesia atau Ma’rufnomics tersebut, sesuai penjelasan Kyai Ma’ruf sendiri dalam beberapa kesempatan, disandarkan kepada Sila ke-5 Pancasila yang wujudnya adalah ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial.

Bank Dunia Mengakui Ekonomi Indonesia Cukup Kuat Jauh dari Krisis

Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo A Chaves mengatakan 2018 ini, Indonesia cukup kuat dan menjadi negara yang tidak berpotensi krisis, Indonesia saat ini jauh dari krisis ekonomi.

Kiai Dr. Agus Zainal Arifin: Millenial Punya Dua Karakter

Makin ke sini saya makin paham. Generasi milenial di tanah air kita ternyata mempunyai 2 karakter yang makin menguat, bahkan lebih kuat dari pada generasi pendahulunya.

Kyai Maimun Zubair: Kalau Dua Hijau di Negeri ini Masih Kokoh, InsyaAllah Indonesia Selamat

Dawuh Kyai Maimun Zubair "kalo dua hijau di negeri ini masih kokoh, InsyaAllah Indonesia selamat. Siapa dua hijau itu. TNI dan NU"

Indonesia Darurat Berhitung

Matematika dasar seharusnya itu tidak rumit, karena terjadi kasat mata dalam kehidupan keseharian kita. Belanja ke pasar atau minimarket, kredit motor, membeli bakso, membayar zakat, menghitung hutang harian ke bank pasar, bahkan berbagi warisan peninggalan orang tua, semua memerlukan keterampilan dasar berhitung.

KH. Yahya Cholil Staquf: Dalam Kontestasi Pilpres Seorang Murid Pasti akan Dukung Guru atau Kiainya

NU ini kan bukan organisasi politik, jadi tidak akan Surat Keputusan (SK) dari PBNU, atau surat jalan PBNU ke cabang-cabang untuk mendukung salah satu calon di pilpres nanti. Karena NU bukan organisasi politik. Dan jika saya pribadi ditanya dukung siapa. Sudah pasti akan dukung kiai, guru saya,” tegasnya.

Nilai Islam Wasathiyah Indonesia Perlu Disebarkan ke Seluruh Dunia

Seiring sedang terjadi perubahan geopolitik di dunia Islam, yaitu konflik tak berkesudahan di kawasan Timur Tengah, peran Indonesia saat ini semakin dibutuhkan dalam menciptakan perdamaian dunia.

Jokowi: Pihak Swasta yang Berani Bangun Tol di Sumatera, Saya Kasihkan

Siapa yang mau bangun jalan tol di Sumatera? Silakan maju, saya beri

Kirab Satu Negeri, Tanamkan Generasi Muda Cinta Tanah Air dengan Keragaman yang Ada

Kirab satu Negeri bertujuan untuk menanamkan generasi muda agar semakin mencintai Tanah Air dan memahami betapa begitu indahnya Indonesia dengan keberagamannya. Peserta juga akan menghargai beragam perbedaan atau kemajemukan yang ada

Di Balik Kekuatan Doa

Yang mana Abuya sesungguhnya sudah 'Aalim dengan menguasai berbagai ilmu, akan tetapi ilmu itu sesuatu yang tak bertepi.

Ini kata Cak Nun tentang Petik Laut, Tradisi Indonesia yang Diwariskan Leluhur

Indonesia sungguh indah, Indonesia negeri yang kaya raya, aneka budaya dan tradisi ada di dalamnya. Cak Nun mengajak rakyat harus melestarikan budaya dan tradisi Indonesia yang telah diwariskan para leluhur sejak Indonesia belum ada.

TELKOM University 28 Tahun untuk Bangsa

Tel-U adalah perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di Jawa Barat yang memperoleh akreditasi “A” pada tanggal 30 Desember 2016. Dalam skala nasional, Tel-U merupakan satu dari 4.445 PT yang mampu meraih akreditasi unggul ini.

Ulama Suriah: Pengalaman Kami Pahit, Indonesia Harus Mempelajarinya

Dalam lawatan perdananya ke Indonesia ini, Syeikh Wahbi mengunjungi berbagai kota dan provinsi serta bertemu dengan beberapa tokoh dan pengurus ormas, seperti NU dan Muhammadiyah, kemarin (28/9)

Shalat dalam Bahasa Indonesia, Sahkah?

Laduni. ID, Jakarta - Ibadah shalat merupakan kewajiban  atas setiap individu (wajib ain). Dalam keseharian terkadang juga di temukan adanya bacaan doa bukan dengan bahasa arab alias bahasa ‘ajam di dalam shalat.

NU Peduli Sulteng Siap Bantu Korban Terdampak Gempa dan Tsunami

Dalam bentuk rii; NU Peduli Sulteng dalam masa tanggap darurat ikut melakukan evakuasi.

Rumah Pangan Santri, Solusi NU untuk Ketahanan Pangan Nasional

Rumah Pangan Santri, menurut Said Aqil, selain dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersedian pangan dan harga pangan, juga untuk mengembangkan perekonomian pesantren secara mandiri.

Singapura Siap Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Kementerian Luar Negeri Singapura menyatakan bahwa mereka siap mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa makanan, tenda, peralatan, dan sejumlah personel untuk membantu Indonesia menanggulangi bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah

Kalau Indonesia Konflik, Maka Beginilah Menurut BNPT

Dihimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar menjaga perdamaian dan menjauhi adanya konflik. Seruan ini disampaikan oleh Direktur Pencegahan Terorisme Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Hamli.

Laporan Penanganan Dampak Gempa & Tsunami di Sulteng oleh NU Peduli (update 04 Oktober 2018)

Gempa bumi dan Tsunami yang mengguncang Palu, Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya pada 28 September 2018 pukul 17:02 WIB menyebabkan korban jiwa, rusaknya bangunan, permukiman dan berbagai fasilitas publik

KMS Yogyakarta Kerjasama dengan LSPI Gelar Diskusi Politisasi Agama

Keluarga Mahasiswa Sumenep Yogyakarta (KMSY) bekerja sama dengan Lingkar Studi Politik Indonesia (LSPI) mengadakan diskusi umum yang bertajuk “Politisasi Agama di Tahun Politik”, di Hotel Setya Nugraha, pada Jumat (5/10).

Rhenald Kasali: Pemimpin Harus Berbasiskan Fakta, Bukan Ilusi

Pemimpin tidak bisa memajukan bangsanya dengan ilusi. Maka dalam science pun, ilmuwan dibekali validity dan realibility check.

Ternyata Islam Nusantara Bukan Anti Arab, Ini Penjelasannya

Sudah terlalu sering dijawab oleh banyak orang tentang apakah Islam Nusantara itu anti Arab atau tidak. Tapi karena masih ada yang bertanya, barangkali dengan artikel ini bisa terjawab.

APIHI dan KMNU Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa

Indonesia Bersholawat mempunyai tujuan agar Indonesia senatiasa selamat, sejahtera, adil, makmur, dan sentosa. Do’a bersama dan penggalangan dana turut juga kami lakukan untuk saudara kita yang terkena musibah,

Jumlah Pesantren yang Banyak Diharapkan Jadi Agen Pengembangan Ekonomi

Pernyataan ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nadlatul Ulama (RMINU) Abdul Ghofarrozin di sela acara Pesantren Expo, Sabtu (6/10) malam di Solo.

Zawawi Imron Bacakan Puisi Bertajuk Astaghfirullah Indonesia

Zawawi membacakan puisi singkat untuk mengajak para mahasiswa UIN Maliki Malang khususnya, agar terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut puisi yang dibawakan Zawawi:

Antara Fundamentalisme dan Radikalisme

Kekhawatiran lain terhadap bangkitnya konservatisme Islam dikemukakan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amin Mudzakkir yang mengatakan, konservatisme Islam dalam jangka panjang mengancam keberagaman (multikulturalisme dan pluralisme) di Indonesia.

Konservatisme dan Intoleransi

Sidney Jones, dalam sebuah pidato kebudayaan disampaikan pada acara bergengsi Nurcholish Madjid Memorial Lecture (NMML) di Aula Nurcholish Madjid, Kampus Universitas Paramadina, Jakarta, 19 Desember 2013 berjudul “Sisi Gelap Reformasi di Indonesia: Munculnya Kelompok Masyarakat Madani Intoleran” ternyata jauh lebih mengerikan.

Belokan Konservatisme (Conservative Turn)

Bagi Sidney Jones, yang mengejutkan tak hanya soal menyeberangnya beberapa anggota GAPAS atau FUI ke kelompok teroris, tetapi juga bahwa kegiatan anti-minoritas mereka telah dipromosikan oleh seorang dosen di lembaga pendidikan negara, dan dalam beberapa kasus serangan anti-maksiat mereka diduga bekerjasama dengan polisi setempat.

Konservatisme Islam di Indonesia

Konservatisme Islam di Indonesia

Konservatisme Salafi Wahabi

Kecenderungan puritanisme MUI terlihat dari beberapa fatwa yang dikeluarkan oleh MUI, utamanya adalah fatwa yang mengharamkan pluralisme, liberalisme dan sekularisme, dan fatwa tentang kesesatan (heresy) aliran Ahmadiyah.

Radikalisme dan Mainstream Islam Ketiga

eskipun demikian, menurut saya, gerakan ini mempunyai kaitan ideologis secara langsung dengan gerakan DI/NII Kahar Muzakar bukan merupakan potret dari kecenderungan konservatisme, melainkan murni radikalisme (Al Chaidar, 1998: 45).

Santri Pesantren Nurul Jadid Jadi Wakil Indonesia Diajang Olimpiade Bahasa Mandarin 2018

Salman Alfarisi salah satu santri Pondok Pesantren Nurul Jadid di Probolinggo yang mempunyai prestasi sangat membanggakan pasalnya dinobatkan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Olimpiade Bahasa Mandarin yang berlangsung di Kunming Cina selama 6-23 Oktober 2018.

Muktamar Pemikiran Santri Nusantara

Muktamar Pemikiran Santri Nusantara melalui tema “Islam, Kearifan Lokal dan Tantangan Kontemporer” dapat menjadi ajang para pemikir pesantren untuk menuangkan gagasan ilmunya dalam beberapa bidang isu.

Ajari Kami Cinta Indonesia

Bagi yang memulai masa pendidikan dasarnya di tahun 1980-an sangat faham sekali dengan mata pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) dan PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa). Kedua mata pelajaran ini tidak hanya diajarkan di bangku sekolah, tetapi semangatnya tetap diasah meskipun di luar kelas,

Indonesia Jadi Inisiator Pembentukan Program Pembiayaan dan Asuransi Risiko Bencana

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pembukaan seminar yang bertema “Disaster Risk Finance and Insurance” di Bali International Convention Center (BICC) menyampaikan inisiatif pembentukan program pembiayaan dan asuransi risiko bencana

Terima Kasih NU Teriak Warga Lolu kepada Tim NU Peduli Sulteng

Sebelum Tim NU Peduli meneruskan perjalanan ke titik lainnya, warga Desa Lolu kompak meneriakkan, "Terima kasih, NU

Bangga! Pertama Kalinya Bahasa Indonesia Diucapkan dalam Sidang Parlemen Inggris

Sepanjang sejarah untuk pertama kalinya, Bahasa Indonesia diucapkan dengan fasih oleh anggota parlemen Inggris, Richard Graham saat sidang parlemen Inggris,

IMF: Indonesia Kebal akan Krisis

World Bank juga memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid dalam beberapa tahun terakhir telah membuat angka kemiskinan berhasil ditekan dari 19,1 persen menjadi 9,9 persen

DKI Juara Umum, Wapres Tutup MTQ Nasional XXVIII di Medan

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVII Tahun 2018, yang digelar di Astaka Utama MTQ Sport Center Jalan Wiliem Iskandar

Lagu Yalal Wathon Iringi Pembukaan Acara Mengaji (Mengasah Jati Diri)

Hari Senin (8/10), acara Mengaji keempat diadakan di UIN Malang. Mengaji di UIN Malang dihadiri oleh Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris M.Ag, Alissa Wahid, seorang humanis, Zawawi Irmon, dan Departemen Agama Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin.

Warga India Rela Antre Demi Peroleh Sate Indonesia

Anjungan kuliner sate, nasi goreng, dan gado-gado menjadi yang paling favorit disambangi pengunjung lokal dalam Festival Wonderful Indonesia, di Kedutaan Besar Republik Indonesia, New Delhi India

KH. Ma'ruf Khozin: Abu MUDI Satu-Satunya Ulama Indonesia Mampu Mengkhatamkan Kitab Tuhfah Al-Muhtaj

Al-Mukarram Al-Mursyid Syaikhuna H. Hasanoel Basri HG (Abu MUDI)  merupakan sosok ulama Indonesia satu-satunya yang mampu mengkhatamkan kitab Tuhfah Al-Muhtaj di kalangan Pesantren. Ini sebagaimana diungkapkan oleh KH. Khazif Ma'ruf

Perempuan Indonesia, Konsumen Berbelanja Online Terbanyak, Apa Faktornya?

Perempuan Indonesia, Konsumen Berbelanja Online Terbanyak. Apa Faktornya?

Membanggakan, Indonesia Masuk Tiga Besar di Ajang Itaewon Global Village Festival 2018

Tim Indonesia berhasil masuk tiga terbaik diantara peserta dari 38 negara yang mengikuti ajang Itaewon Global Village Festival 2018 di Kota Seoul Korea Selatan,

Ciri-ciri Manusia Paling Buruk di Muka Bumi Menurut Nabi Muhammad SAW

Ternyata manusia yang paling buruk menurut Nabi, adalah mereka yang justru menjadi ahli ibadah, ahli sujud, ahli al-Quran dan ahli puasa tetapi merasa paling baik dan merasa paling  benar dlm menjalankan syariah Islam. 

PM Israel Ingin Memiliki Hubungan Luar Biasa, Apa Tanggapan Kemenlu RI

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyatakan keinginannya untuk memiliki hubungan luar biasa dengan Indonesia. Bagaimana sikap RI?

Membanggakan, Gus Yahya Masuk Daftar 500 Muslim Berpengaruh Dunia

KH Yahya Cholil Staquf, Katib Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), masuk dalam jajaran 500 Muslim Berpengaruh di Dunia.

Pergantian Tahun Waktu Yang Tepat Untuk Memperbaiki Diri

Sudah genap satu tahun kita lewati terhitung dari awal Januari tahun lalu hingga Januari tahun baru ini. Selama kurun waktu tersebut tentu telah banyak yang kita lakukan dan kita alami dengan berbagai situasinya. Saatnya kini kita merenungkan dan kemudian mengevaluasi segala karya kita sebagai bahan untuk memulai aktifitas di tahun baru ini.

Setelah Dimodernisasi Total, Inilah Teknologi Militer Indonesia yang Teranyar

Usianya memang belum terlalu tua jika dibandingkan ranpur lapis baja sekelas BTR-50, PT-76 dan AMX-13, namun BVP-2 yang terlahir di dekade 80-an

BI Launching Kartu GPN

Bank Indonesia resmi meluncurkan kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kartu ini diluncurkan oleh Asisten III Setdaprov Aceh, Minggu (21/10/2018) di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Gus Ayik: Dosakah Membakar Bendera HTI?

Aksi pamer bendera HTI di wilayah NKRI menimbulkan kegaduhan, fitnah dan memecah belah umat Islam. Bukan hanya NU, Ansor dan Banser, ormas Islam lainnya pembentuk NKRI risih dengan bendera HTI.

KH Syarif Rahmat RA: Jawaban Banser Bakar Bendera HTI

Pertama, bahwa bendera tersebut adalah bendera HTI (Hizbut Tahrir Indonesia), sebuah Organisasi yang telah dibubarkan karena mengusung Khilafah di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang telah disepakati para Ulama sebagai bentuk final negara ini.

Bendera ISIS dan HTI Bukan Bendera Islam, Bukan Bendera Tauhid, Bukan Pula Bendera Rasul!

Secara umum hadits-hadits yang menjelaskan warna bendera Rasul dan isi tulisannya itu tidak berkualitas shahih. Riwayatnya pun berbeda-beda: ada yang bilang hitam saja, ada yang bilang putih saja

KBI NTB Cetak 40 Orang Juru Bicara Pancasila

Direktur Qalama Institute Lombok terpilih sebagai Ketua Presidium Komunitas Bela Indonesia (KBI) NTB. KBI NTB dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Bulan Pesona Kebhinekaan yang akan diintegrasikan dengan program-program pemerintah di Nusa Tenggara Barat

TGB M. Zainul Majdi: Saya Muslim yang Cinta NKRI

Bagi saya, NKRI adalah maslahat nyata, sedangkan khilafah adalah maslahat prediktif. Kaidah mengatakan, al-maslahah al-mutahaqqiqah an-naajizah muqaddamah 'alal maslahah al-mustaqbalah al-marjuhah.

NU Gallery Selenggarakan Kompetensi Lukis, Ini Syarat dan Ketentuan Pendaftarannya

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional, Nusantara Utama (NU) Gallery membuka pendaftaran Indonesia Painting Contest 2018 (kompetisi melukis) bertajuk 'Jejak Pahlawan dalam Goresan Perupa'.

Sekjen Alumni Suriah: Indonesia Diperkirakan Segera Perang Saudara Seperti Suriah

kejadian yang berlangsung hari ini memperlihatkan perbuatan SEGELINTIR orang membakar bendera HTI kemudian dicitrakan sebagai aksi organisasi BANSER dan dibenturkan dengan masyarakat awam. 

Gus Muhammad Ismael Al Kholilie: Bendera Rasulullah SAW

Bendera hitam adalah bendera perang, bukan bendera "ummat". Sejak kejadian pembakaran bendera tauhid di Garut beberapa hari lalu

Istighosah Kubro di GOR Delta Sidoarjo, Jamaah Meluber di Luar Stadiun dan Parkiran

Ribuan jemaah Nahdlatul Ulama (NU) memadati GOR Delta Sidoarjo dalam rangka mwngikuti Istighosah Kubro 2018, karena banyaknya jamaah yang mengikuti mengikuti istighosah sehingga GOR Delta Sidoarjo tidak sanggup menampung jamaah.

Hanya Ada 2 Bendera dalam Istighosah Kubro 2018 di Sidoarjo

LADUNI.ID, Sidoarjo – Pada perhelatan Istighosah Kubro 2018 yang digelar di GOR Delta Sidoarjo, dihadiri oleh ribuan jamaah pada Ahad (28/10).

Brand Finance: Merek Negara Indonesia Terbaik di Asia Tenggara

Membanggakan, merek negara Indonesia lebih baik dibanding Singapura, menurut laporan resmi Brand Finance 2018.

Biarkan Kami Tetap Menjadi Indonesia

Bumi Pancasila kiranya harus tetap asri. Tetap lestari. Tetap utuh sebagai Indonesia yang benar-benar Indonesia. Sebagai Indonesia yang berwajah Indonesia.

Indonesia Kecam Serangan Israel di Utara Gaza 

Presiden Joko Widodo mengecam keras serangan Israel di wilayah Jalur Gaza pada Sabtu (27/10) kemarin. Menurut Jokowi serangan Israel tersebut menyebabkan menyebabkan kerusakan pada sebagian bangunan Rumah Sakit Indonesia, di Bayt Lahiya, bagian Utara, Gaza

Dosakah Menjadi Indonesia

 Sudah 73 tahun Indonesia merdeka, ternyata masih ada "agen asing" di Indonesia yang secara psikologi politik merasa malu, risih, bahkan berdosa mengakui Indonesia sebagai negara dan bangsanya. "Orang" di Indonesia lahir, besar, hidup dan mencari penghidupan di sini tanpa bangsa dan negara..

Tanpa Pemberitahuan, Indonesia Protes Keras Arab Saudi soal Eksekusi TKI Tuty Tursilawati

Indonesia memprotes keras tindakan Arab Saudi yang melakukan eksekusi mati terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Tuty Tursilawati, pada Senin (29/10). Protes keras itu dilayangkan lantaran tanpa ada pemberitahuan sama sekali kepada Pemerintah RI maupun perwakilan di negara tersebut.

Mempromosikan Islam Moderat, Indonesia-Inggris Jalin Kerjasama

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam rangka mewujudkan perdamaian dan kerjasama global, Indonesia-Inggris membahas promosi Islam moderat. Indonesia mempunyai peran penting untuk mengatasi ekstrimisme.

Satu Juta Kalimat Tauhid Menggema di Kelaten untuk Indonesia

dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten bersama Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser Kabupaten Klaten serta Ikatan Pencak Silat NU (IPSNU) Pagar Nusa Klaten menggelar satu acara bersama berupa "Satu Juta Tauhid: Untuk NKRI, Pancasila, dan Tegaknya Islam Rahmatan lil Alamin".

Meski Dijajah Ratusan Tahun, Indonesia Mayoritas Islam Berkat Jasa Pesantren

LADUNI.ID, Banyuwangi – Jasa pesantren yang sanggup menjaga keberlangsungan agama Islam Ahlussunah wal Jamaah di Indonesia. Padahal Indonesia pernah dijajah ratusan tahun oleh bangsa yang berbeda agama.

Syiria Tawarkan Beasiswa Pengkaderan Da'i dalam Menghadapi Radikalisme dan Ekstremisme

Menteri Agama Lukman Hakim menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Syiria atas pendidikan dan perlindungan kepada mahasiswa Indonesia selama krisis berlangsung

Hizbut Tahrir (Eps. 2)

Ada tiga tahap per­juang­an Hizbut Tahrir dalam usaha me­negak­kan khi­la­fah interna­sio­nal. Pertama, membangun par­tai (hizb). Pada tahap ini para agen Hizbut Tahrir melakukan rekrutmen anggo­ta baru, me­re­ka membinanya dalam kurun waktu yang bisa berlang­sung selama enam bulan hingga tiga tahun, tergantung pada progres masing-masing me­re­ka. 

Takut pada Jokowi, Malaysia Bongkar Mercusuar Tanjung Datu

Presiden Jokowi,ternyata secara tak terduga  dan diam-diam Malaysia telah membongakr sendiri Mercusuar itu pada tanggal 15 Oktober 2014, melalui proses perundingan yang panjang dan survei bersama, kedua negara akhirnya memastikan keberadaan mercusuar tersebut berada di atas landas kontinen Indonesia.

Ahmad Zainul Hamdi: Ukhuwah

Ukhuwah Islamiyah itu seperti pesaudaran dalam keluarga, sedang ukhuwah wathaniyah seperti persaudaraan antar sesama warga desa. Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya untuk rukun dan saling membantu.

Persamaan Radikalisme Suriah dan Indonesia

Krisis politik dan kemanusiaan yang bermula sejak 2011 telah meluluhlantakkan banyak negara Timur Tengah, seperti Libya, Tunisia, Yaman, dan Suriah

Jangan Suriahkan Indonesia

Jangan biarkan mereka terus menerus mereproduksi teologi kebencian untuk memporak-porandakan negeri damai yang diberkati Allah ini. Tugas kita berat, mereka sudah merambah kemana-mana.

Bidik Pasar UMKM, Perusahaan Fintech Wallex.Asia Buka di Indonesia

LADUNI.ID, Jakarta – Kini, perusahaan teknologi finansial (Fintech) dari Singapura yang bergerak dibidang Cross Border Remittance, Wallex.Asia resmi hadir di Indonesia. Perusahaan itu sengaja membidik segmen UMKM khususnya di Indonesia.

UGM Raih Juara Umum Kontes Robot Terbang Indonesia 2018

LADUNI.ID, Yogyakarta – Pada perhelatan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2018, tim Gamaforce UGM (Universitas Gadjah Mada) dinobatkan sebagai juara umum. Perlombaan digelar di Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung pada 5-8 November 2018.

Ribuan Penari Menampilkan Atraksi Khasnya di Indonesia Menari Tahun Ini

Misal di Bandung, dari 1.200 peserta yang telah mendaftar ulang, ada peserta yang khusus datang dari Bangka Belitung untuk ikut kegiatan ini

Mobil Listrik Buatan ITS Uji Coba Jelajahi Indonesia

Mobil Listrik buatan Pusat Unggulan IPTEK Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kini telah sampai di Jakarta pada Jumat (9/11). Perjalanan Mobil listrik yang diberinama PLN BLITS Explore Indonesia tersebut telah melewati Solo, Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Cirebon dan akan terus melanjutkan ke seluruh nusantara

KH. Ma'ruf Amin: Jokowi Itu Santri dari Situbondo

Oleh karena itu, menurut Ma'ruf, Jokowi mencintai kiai dan santri sehingga dibuktikan dengan memilih cawapres yang berasal dari santri. "Kita berdua sama-sama

Tarbiyah Humanisasi di Indonesia

Dewasa ini realita yang sering terjadi di dunia pendidikan. Tujuan pendidikan itu hanya sebagai transfer of knowledge (mentransfer ilmu

Pimpinan Fahmina Institute: Hate Speech dan Hoaks Lebih Parah dari Al-Kidzbu

Pernyataan ini disampaikan KH Husen Muhammad dalam salah satu rangkaian kegiatan Festival HAM Indonesia Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh INFID (Internasional NGO Forum on Indonesian Development) bekerjasama dengan Komnas HAM, Pemprov Jateng, Staff Kepresidenan, dan Pemkab Wonosobo yang digelar di Hotel Kresna Wonosobo, Selasa (13/11).

Ribuan Nahdliyin Kabupaten Banyumas Doakan Indonesia

Pada Sabtu (10/11) malam, alun-alun Purwokerto menjadi saksi ribuan santri memanjatkan doa untuk negeri. Santri dan ribuan nahdliyin lainnya beserta seluruh komponen ormas di bawah naungan PCNU Banyumas, bersama-sama hadir dalam acara Doa Santri untuk Negeri.

Wajib Tahu, Ini Sejarah Lambang Garuda Pancasila

Siapa perancang lambang negara Indonesia Garuda Pancasila? Sejumlah pengamat menyebut nama Sultan Hamid II Alkadrie. Penguasa Kalimantan Barat pada masanya ini sangat berjasa...

Inovasi Mahasiswa ITS, Serat Tebu Diolah Menjadi Semen

Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pasalnya mereka membuat inovasi dengan cara mengolah limbah Pabrik tebu menjadi Semen.

Tim Karate Indonesia Berhasil Sabet 10 Medali Emas dari Belgia

Nama Indonesia kembali harum di mata dunia pasalnya tim karate pelajar Indonesia sukses membawa pulang 10 medali emas pada kejuaraan karate 3rd Edition International karate Open of the Province of Liege

Komitmen GP Ansor Jaga Indonesia Mendapat Apresiasi Presiden Jokowi

Langkah dan komitmen GP Ansor dalam menjaga Indonesia mendapat apresiasi luar biasa dari Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo.

Ali Hasjmy #12: Pendiri Fakultas Dakwah Pertama di Indonesia

Ali Hajsmy juga hampir sepanjang hayatnya mempromosikan moderasi Islam; Islam yang tidak ke kanan, tidak pula ke kiri. Hasjmy, melalui keluasan ilmunya dan integritas pribadinya, menjadi jembatan hadirnya dialog antara keislaman dan kebangsaan. Beberapa hal yang dilakukannya  sangat menarik untuk dikaji.

Ali Hasjmy #15  : Sosok Penyair Islam dan Kebangsaan Indonesia

Baru pada tahun 1939 ia memperoleh imbalan yang layak dari dua novelnya, yakni Bermandi Cahaya Bulan (1938) dan Melalui Jalan Raya Dunia (1939) yang juga diupayakan oleh penerbit Medan. Karya-karya Ali Hasjmy antara lain, (1) Sayap Terkulai (novel, 1936), (2) Suara Azan dan Lonceng Gereja (novel, 1948).

Dalami Teknologi Kreatif, Santri Maslakul Huda Gelar Seminar Bisnis

Setelah menjabat pelatihan entrepreneur dengan Blibli.com beberapa hari yang lalu, Pesantren Maslakul Huda (PMH) menyelenggarakan seminar bertajuk Santri Kreatif, Inovatif dan Bijak Menggunakan Teknologi bersama Google Indonesia.

Afghanistan, Cermin Indonesia untuk One Step Ahead dari Cita-cita Negara Maju Manapun

Indonesia, negeri dengan ribuan suku bangsa dan penuh perbedaan ini, harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan untuk mampu bersaing dan tumbuh One Step Ahead dari cita-cita negara maju manapun.

Sejarah Terbentuknya PGRI

Di kongres inilah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Menengah Atas pada Tahun 2024

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjio memperkirakan pada tahun 2024 mendatang, defisit transaksi berjalan akan menurun di bawah 2 persen dari PDB. Pendapatan per kapita akan meningkat dari sekitar 3.500 dolar AS dewasa ini menjadi lebih dari 4.800 dolar AS

Belajar dari Venezuela Negara Kaya, Hancur Karena Manjakan Masyarakat dengan Subsidi

Venezuela bangkrut adalah karena kebaikan pemerintahnya dalam mengucurkan subsidi kepada masyarakat yang sifatnya konsumtif, bukan produktif.

Sejarah Nasi Kebuli, Asal Hadramautkah?

Di setiap perayaan Maulid Nabi, Majelis taklim Kwitang, biasanya akan memotong paling sedikit 200 ekor kambing. Kegiatan maulid dimulai dengan ziarah ke makam Habib Ali di samping Masjid Kwitang. Maulid pun berlangsung hingga Maghrib, dilanjutkan makan nasi kebuli. Malamnya diadakan hiburan gambus, yang juga telah menjadi tradisi sejak Habib Ali masih hidup.

Mengintip Fenomena Maulid Warga Betawi, Nasi Kebuli dan “kawan-kawannya”

Meskipun awalnya berasal dari India, nasi kebuli kini sangat digemari. Terbukti dari banyaknya rumah makan yang menghidangkannya. Di Condet, Jakarta Timur, tidak kurang ada empat rumah makan yang menyediakan nasi kebuli, seperti Abu Salim, Puas, Mukalla dan Musawa

Kiai Ma’ruf: Khilafah Tidak Ditolak, Tapi Tertolak

KH. Ma'ruf Amin menegaskan tentang khilafah di Indonesia.

Humor Pancasila di Mata NU dan Muhammadiyah

Ini salah satu guyonan Gus Dur, Allah Yarham, yang terkenal. Suatu ketika, Nanto (Ketum baru PP Pemuda Muhammadiyah) bertanya pada Gus Dur

Gus Yahya: Dunia Berharap pada Indonesia, karena Punya Nahdlatul Ulama

Dalam kemelut dunia yang sangat besar saat ini, di mana semua negara terancam gagal, mereka memohon kepada Indonesia, karena Indonesia punya Nahdlatul Ulama.

MUI: Reuni 212 Tidak Ada Urgensinya

Pada tahun politik ini, masyarakat lebih baik diajak berpikir rasional dalam memilih pemimpin.

#212, Islam dan Politik

 Saya dari dulu menganggap gerakan #212 adalah gerakan politik bersampul agama. Kenapa gerakan politik? Karena jelas maksud dan tujuannya adalah politik. Dulu tujuannya menjegal Ahok

Thailand Ingin Teliti Rahasia Indonesia Jaga Persatuan

Rektor Universitas Fatoni Assoc. Prof. Dr. Ismail Lutfi Japakiya menilai Indonesia sebagai contoh negara besar yang berhasil mempersatukan beribu-ribu pulau, etnik, suku dan bahasa. Menurutnya, tidak ada negara di dunia seperti Indonesia dalam hal keberhasilan menyatukan bangsanya. 

Anda Orang Indonesia, Sangat Cocok Memakai Vivo V11 Pro, Ini Alasannya

Kebutuhan pengguna terhadap smartphone dengan fitur canggih semakin tinggi. Mereka mencari smartphone yang tak hanya bisa untuk sekedar telepon dan bertukar pesan singkat saja, tapi fitur dan spesifikasi juga diperhitungkan

Asal Muasal Hari Sabtu dan Rahasianya

Dalam bahasa Arab, hari itu dimulai dari hari Ahad (kesatu) sampai Sabtu. Tetapi kebiasaan di Indonesia, permulaan hari dimulai dari hari Senin, sebagai awal dari belajar di sekolah formal, sedangkan di pondok pesantren dimulai dari Sabtu, bila liburnya hari Jum'at. Sedangkan di Arab, kegiatan dimulai dari hari Ahad (kesatu) dan biasanya libur Jumat dan Sabtu.

Delegasi Indonesia Berhasil Merebut Juara Umum Perhelatan World Skills Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi

Delegasi Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 6 Emas dan 3 Perak pada perhelatan World Skills Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi

Mandiri Capital Siapkan Pembiyaan ke Fintech Rp 50 M Tahun Depan

PT Mandiri Capital Indonesia telah menyiapkan pembiayaan ke industri digital berbasis financial technology (fintech) sebesar Rp 50 miliar pada tahun depan

Produk Organik Indonesia Diminati Pasar Inggris

Sebanyak sembilan perusahaan asal Indonesia yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman organik, merambah pasar Inggris. Produk organik Indonesia antara lain madu, singkong, kopi, beras hingga mi organik di Inggris

Penghargaan Asia Democracy and Human Rights Award 2018 Diterima Jaringan Gusdurian di Bulan Gus Dur

Jaringan Gusdurian mendapatkan anugerah Asia Democracy and Human Rights Award 2018 oleh The Taiwan Foundation for Democracy (TFD).

Pancasila Rumah Indonesia

Pancasila itu kan milik kita, hasil ijtihad-nya para ulama dan kyai kita, terutama Hadratusysyekh KH Hasyim Asy’ari.

Kisah Hamzah Entrepreneur Muda yang Sukses Berawal dari Iseng Buat Sepatu Hingga Tembus Pasar AS

Hamzah dinilai mumpuni, dan ia ditunjuk untuk mengajar pembuatan sepatu di lembaga tersebut. Ia lalu mengerjakan berbagai merek selama empat tahun.

Wakili Indonesia, Mahasiswa ITS Raih Best Delegate dalam Simulasi Sidang PBB di Turki

Mahasiswa ITS berhasil raih penghargaan Best Delegate pada ESOGÜ Model United Nation (MUN) 2018 yang dihelat di Turki

Pengakuan Ustadz Ma'ruf Khozin Tentang NU Malaysia

KeAswajaan Malaysia tidak saya ragukan sebagai ajaran mayoritas. Amaliah keseharian yang juga sama dengan di Indonesia dapat dengan mudah Anda jumpai disini

Kisah Ustadz Mudzakir, Guru Ngaji Jokowi

Joko Widodo (Jokowi) dan anak bungsunya, Kaesang Pangarep. Saat itu Jokowi belum menjadi Walikota Solo dan hanya dikenal sebagai pengusaha mebel terkemuka di kota ini

Era Baru UKM, Revolusi Industri 4.0 Bisa Menjadi Peluang Emas Pengusaha Indonesia

Revolusi industri 4.0 dapat menjadi peluang emas bagi pengusaha Indonesia. Bagaimana bisa?

Di Indonesia STEAM Week, Perguru Sampaikan Gagasan Strategis

Pada Indonesia STEAM Week, Pergunu menyampaikan gagasan strategis. Bagaimana isinya?

Siapa Sosok Generasi Baby Boomers? Ini Kupasannya

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir setidaknya ada beberapa generasi yang ada di dunia saat ini. Setiap generasi ini memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Sosok Generasi Baby Boomers? Ini Kupasannya.

Pengembangan Ekonomi Pesantren dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri

Dalam rangka mewujudkan Indonesia mandiri, pesantren dapat mengembangkan ekonominya. Bagaimana caranya?

Merangkai Toleransi Indonesia, Ahli Usulkan 2 Cara

Pertama adalah mengupayakan adanya kegiatan-kegiatan bersama lintas kelompok. Bisa lintas agama, bisa lintas suku, bisa lintas partai politik, atau apapun," ujar Jonny saat

Indonesia Bangga Jadi Tamu Kehormatan Festival Janadriyah di Saudi

Tema sentral festival adalah perdamaian dunia. Acara itu akan berlangsung selama tiga minggu

Wow, Ini Banyak Kuota Internet yang Dihabiskan Orang Indonesia dalam Sebulan

Terjadi perpindahan dari 2017 ke 2018. Pengguna yang memakai paket data kurang dari 1 GB jumlahnya turun. Yang memakai 5 GB juga turun. Artinya, pemakaian mereka naik di atas 5 GB,"

Inilah Negara-Negara Pemilik Destinasi Wisata Halal

Wisata halal memang menjadi trend dunia akhir-akhir ini. Terus, negara apa saja ya yang menyediakan destinasi wisata halal?

Lakpesdam NU Diskusikan Konsep Baru Pembangunan Kemandirian Ekonomi Indonesia

Lakpesdam NU se-Indonesia mendiskusikan mengenai arus baru perekonomian Indonesia. Bagaimana isinya?

Ada Apa dengan Netizen Indonesia?

Para netizen yang kadang tampil sok bijak sok agamis itu, berkomentar miring. Bukannya mendoakan yang terbaik, justru terbalik.

Ahmad Sadzali: Paradigma Mayoritas Dan Minoritas

Dalam Islam, tidak mengenal adanya pembeda-bedaan kasta dan keistimewaan berdasarkan kuantitas jumlah mayoritas dan minoritas. Yang pertama dan utama di dalam Islam adalah persatuan. Dalam konteks keindonesiaan, berarti persatuan seluruh rakyat Indonesia

Konsul Cina: Rakyat Indonesia Ditipu Pemberitaan Uighur

-- Konsul Jenderal Cina di Denpasar, Gou Haodong, membantah pemberitaan tentang kamp pengasingan Muslim Uighur, Xinjiang. Menurut Haodong, Konstitusi Cina menjamin kebebasan beragama, sehingga pemerintahnya tidak mungkin melanggar aturan

Testimoni Menteri Keuangan, Sulitnya Proses Pengambil Alihan Mayoritas Saham Freeport Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengeluarkan testimoninya soal proses pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Awal Kisah Cinta Mengharukan Sang Pemuda di Semenanjung Negeri Arab

Mendengar nama sosok yang disebutkan oleh ayahnya itu dan keinginan pemuda tersebut, detak jantung Yenny Rahmah melaju cepat. Apa yang terjadi kemudian

Rumadi Ahmad: Apakah Indonesia Kurang Syar’i?

Apa itu NKRI bersyariah? Tidak pernah jelas! Penggagasnya juga tidak pernah dengan serius menawarkan konsepnya yang bisa diuji publik.

Gus Dur, Sosok Penggerak Islam Indonesia

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur disebut sebagai penggerak Islam Indonesia. Bagaimana maksudnya?

Tahun Baru Masehi, PMH Alkautsar Mulai Terapkan Metode New Ra'sun Sirah

Metode Ra'sun Sirah ini sudah dipakai oleh pesantren-pesantren NU secara turun temurun untuk mangajarkan anak-anak sa ntri junior kosa kata bahasa Arab.

Alissa Wahid: Indonesia Darurat Tertawa

Demikian pun di Indonesia. Stand-up comedy menjadi salah satu dunia ”asyik” yang cukup berkembang dalam satu dekade terakhir seiring dengan menguatnya kebebasan berekspresi dan berpendapat di ruang publik selepas reformasi.

Indonesia Resmi Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB, Begini Kilasannya

Indonesia akhirnya resmi menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Bagaimana sejarahnya?

Siklon Tropis Pabuk Lahir di Laut China dan Pengaruhi Cuaca Indonesia

Dalam perkiraan 24 jam atau Sabtu (5/1/2019) sekitar pukul 7.00 WIB, siklon tropis Pabuk akan ada di perairan barat Thailand, sekitar 450 kilometer sebelah utara Lhokseumawe.

Anekdot Santri: Habib Muhdor dan 'Ampuhnya' Orang Indonesia di Timur Tengah

Ketika ada pengiriman pasukan perdamaian ke Timur Tengah, orang Indonesia paling ampuh. Bagaimana cerita lucunya?

50 Mahasiswa Unas Berhasil Raih Beasiswa dari BRI

Sebanyak 50 mahasiswa Unas terima beasiswa dari BRI. Untuk apa beasiswa tersebut?

UI Peduli Gelar Aksi Membantu Korban Longsor di Sukabumi

Tim UI Peduli menggelar aksi untuk membantu para korban longsor di Sukabumi. Apa saja bentuknya?

Indonesia Diprediksi Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia di Tahun 2030

Adapun India akan lebih besar ekonominya ketimbang AS dan Indonesia akan menduduki posisi keempat. 

Tafsir Alternatif Islam Indonesia

Kondisi umat Islam saat ini dapat dibilang mudah terombang-ambing terjebak pada wacana yang berkembang, baik dari media mainstream mapun dari media sosial. Diantara penyebabnya adalah, kegagalan memahami Islam, atau bisa saja terjadi akibat dari ide-ide keislaman yang selama ini sudah tidak efektif lagi, khususnya dalam persolan politik dan kebangsaan.

Bencana Dipandang dari Kacamata Agama Islam

Dalam Al-Qur'an bencana atau musibah disebutkan sebanyak 75 kali. Kata musibah sendiri memiliki makna segala sesuatu yang tidak dikehendaki oleh manusia dan tidak sesuai dengan hati nuraninya

Pancasila, Jalan Damai Bangsa Indonesia

Melalui Pancasila, bangsa Indonesia bisa damai hingga saat ini. Kenapa harus Pancasila?

Sosok Kiai Ma'ruf Amin di Kancah Perpolitikan Indonesia

Kiai Ma'ruf bukan pendatang baru dalam dunia perpolitikan Indonesia, usianya sudah 75 tahun pada 11 Maret 2018 lalu. Bicara pengalaman, ia sudah malang melintang di dunia politik.

Sutami, Sri Mulyani dan Jokowi

Yang bisa amanah bila diberi mandat dan kepercayaan.  Figur seperti Sutami, Sri Mulyani Indrawati dan Jokowi

Memeriksa Twet MS Kaban: Cheng Ho Jajah Nusantara?

Cheng Ho pernah bawa puluhan kapal lengkap dgn pasukan utk serang Majapahit krn tdk mau tunduk bayar upeti pada kaisar China.

Mengenal 6 Candi Tertinggi di Indonesia

Beberapa di antaranya bahkan menjadi ujung tombak pariwisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Candi-candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta kebanyakan adalah peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Islam Nusantara Jadi Jawaban Tepat bagi Indonesia yang Multietnis

Islam Nusantara dipandang sebagai jawaban tepat bagi realitas multietnis di Indonesia. Apa maksudnya?

Bangun Ratusan BI Corner, Cara BI Meningkatkan SDM Pelajar

Sesuai data di BI, Saat ini telah dibangun 721 BI Corner dan 183 Pojok Baca dan Dongeng untuk PAUD di seluruh Indonesia. BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 hingga tahun 2020.

Investor Jepang dan Indonesia Jalin Kerjasama Budi Daya Ikan Tuna

Nota kesepahaman antara pengusaha jepang dan Sulawesi Selatan ini renanya akan ditandatangani dalam waktu dekat di Maksar sebagai tahapan awal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang aquaculture. 

Dawuh Gus Dur pada Muridnya

Hari ini begitu banyak orang yang hidup dengan membawa sampah di hatinya ( sampah kekesalan, sampah amarah, sampah kebencian, dan lain Lain Penyakit Hati

Cerita Aktivitas Umat Islam di Hong Kong 

Ini merupakan sekelumit cerita aktivitas kaum Muslim yang tinggal di Hong Kong. Meski menjadi minoritas karena jumlahnya hanya sekitar 250 ribu jiwa, umat Islam diberikan kebebasan untuk melakukan ibadah.

Dubes Indonesia Jadi Bagian dari 12 Pejabat Diplomatik yang Diundang ke Uighur

Dubes Indonesia adalah salah satu dari 12 pejabat diplomatik yang diundang ke Uighur. Kok bisa?

Siswa SMAN 1 Lamongan Berhasil Ciptakan Biofoam dari Limbah Jagung

Siswa SMAN 1 Lamongan berhasil menciptakan biofoam yang terbuat dari bonggol jagung dan ampas tahu,

Berkampanye Capres dan Cawapres di Tanah Suci, Bagaimana Hukumnya?

Aktivitas politik praktis di saat haji atau umrah adalah bentuk kemaksiatan dan haram menurut syariat, bahkan bisa tergolong dosa besar. 

Guyonan Gus Yahya: Diagnosis

Semuanya bebek-bebek muda dan sehat, anehnya, sampai begitu lama, jauh melampaui waktu yang lazim, tak juga sebutir telur lahir dari rahim bebek-bebeknya.

NU Peduli Bangun 130 Huntara di Lampung Selatan

Di Banding sudah dibangun 10 unit plus mushola 1 unit dan MCK 4 unit. Sedangkan didesa Sukaraja baru dimulai hari ini pembangunan Huntara 27 unit

Wanita Asal Indonesia Dibunuh di Malaysia, 4 Teman Serumah Ditahan

Motif insiden ini diduga karena kesalahpahaman atau cemburu adanya orang ketiga, yakni kekasih atau hubungan lainnya," kata Kepala Kepolisian Distrik Serdang ACP Ismadi Borhan dalam pernyataannya seperti dikutip dari New Straits Times, Sabtu (19/1/2019).

Selebgram Terkenal Australia Bikin Demo Jajanan Pasar Indonesia

Dia menyampaikan, memperkenalkan makanan Indonesia secara tidak langsung juga mempromosikan budaya Tanah Air, dan pada gilirannya berkontribusi bagi sektor pariwisata

Disebut Paling Indah di Indonesia, Bendungan Ini Menyimpan Banyak Kisah Angker

Bendungan Batu Tegi yang terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung adalah salah satu di antaranya. Bendungan ini punya panorama indah, dan sering disebut sebagai bendungan paling indah di Indonesia.

Ekonomi Cina Melemah, Indonesia Harus Cari Pasar Ekspor Baru

Kasan mengatakan, Cina merupakan negara tujuan ekspor nonmigas pertama bagi Indonesia. Pangsanya sebesar 15 persen dari total ekspor nonmigas di Indonesia sepanjang 2018. 

Indonesia Minta Masukkan Palestina Selama Duduk di Dewan Keamanan PBB

UNRWA, karena tahun lalu ada masalah pendanaan, maka kita harus memberi perhatian kontribusi kepada UNRWA, dan Indonesia sudah kontribusi berlipat. Saya sampaikan bahwa Indonesia siap memberikan kontribusi, paling tidak seperti kontribusi yang kita beri pada 2018," ujar mantan Dubes RI untuk Belanda itu.

Perjuangkan Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Menlu RI juga menekankan pentingnya peningkatan peran PBB dalam memfasilitasi upaya rekonsiliasi nasional di kedua negara tersebut.Ini pertemuan DK PBB pertama yang dihadiri oleh Menlu Retno sejak Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK pada 1 Januari 2019.

PSN Siap Luncurkan Satelit Berkapasitas Broadband Terbesar di Indonesia

Satelit yang mulanya bernama PSN VI ini, menjadi satelit pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dan teknologi Next Generation Electric Propulsion.

Lahirnya Siklon Tropis Riley Picu Perubahan Cuaca di Indonesia

Menurut BMKG, siklon tropis Riley menyebabkan hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di beberapa wilayah Jawa dan Nusa Tenggara

Napak Tilas Perjalanan Isuzu Panther di Indonesia

Seperti diketahui, Panther masih menggunakan spesifikasi lama. Agar bisa terus eksis, otomatis Isuzu tidak bisa hanya mengandalakan perubahan tampilan, tapi juga pembaruan dari sektor mesin yang sesuai dengan Euro IV.

Sepanjang 2018, 3.859 Unit Mercy Terjual di Indonesia

Sementara itu Deputy Director Sales Operation and Product MBDI Kariyanto Hadjosoemarto, mengatakan bila hasil akhir penjualan di 2018 telah melewati rekor yang sebelumnya talah ditetapkan

Indonesia Jadi Negara Pertama yang Miliki Bagan Pemisahan Alur Laut

Dirjen Agus juga mengingatkan, agar setelah disetujuinya TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok tersebut, tugas berat telah menanti untuk diselesaikan Indonesia mengingat IMO terus memonitor pelaksanaan dan implementasi TSS di kedua selat tersebut.

Indonesia Terus Dukung Perdamaian di Kolombia

Kolombia juga berharap, Indonesia bisa membantu dalam bidang capacity building seperti dalam biodegradasi, plastic management dan disaster management. Indonesia berkomitmen untuk menindaklanjuti permintaan tersebut. "Kita juga meminta dukungan untuk pencalonan Indonesia dalam UN Human Rights Council yang pemilihannya dilakukan tahun ini, untuk periode 2020-2022," ujar Retno.

Harga Harley Davidson Turun, Target Naik

Investasi yang dilakukan Harley Davidson di Thailand, tentunya karena potensi Asia Tenggara yang besar, termasuk Indonesia

Rocky Gerung dan Orang - Orang Dungu

Sejak sering diucapkan oleh Rocky Gerung, kata “dungu” jadi terdengar amelioratif. Malah jadi terdengar unyu. Kedengarannya saja sih. Kalau dikatain “dungu”, orang tetap bakal tersinggung juga.

Pertemuan Penting yang Dianggap tidak Penting

Menurutku, Dhani di penjara malah justru baik baginya, dengan begitu dia kini banyak waktu untuk merenung dan dijadikan lagu-lagu baru. Sementara kalau di luar. Dhani banyak dimanfaatkan banyak pembisik banyak yang dompleng, ngeri aku membayangkan SETAN POLITIK dan kroni-kroninya!

Peran Indonesia di Bidang Sawit Diperhitungkan Dunia Internasional

Kalimat tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Fachir, dalam pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Uni Eropa (UE) ke-22 di Brussels, Belgia, 21 Januari lalu. Di acara tersebut, Indonesia kembali memperjuangkan isu sawit dan menolak kebijakan diskriminatif terhadap sawit di Eropa.

Peringatan Bagi Para Sindikat Pemakan Daging Busuk Penggoreng Pidato Yai Said

Siapa Yang Memusuhi NU : Kalau Dia seorang Wali, akan luntur kewaliannya, Kalau Dia seorang tokoh berpengaruh, akan hilang kepengaruhannya, Karena NU didirikan oleh para Ulama dan direstui oleh para Auliya

Mewakili Indonesia, Anak Petani Ini Ikuti Forum Pemuda se-Dunia

Didi adalah seorang anak yang orangtuanya bekerja sebagai petani. Bagaimana kisahnya?

Kalah ke Negara Tetangga, Kecepatan Internet Indonesia ke-2 Terbawah dari 45 Negara

Rata-rata kecepatan internet kabel di Indonesia adalah 15,5 Mbps, sementara rata-rata kecepatan internet kabel dunia sebesar 54,3 Mbps. Kecepatan ini rata-rata mengalami kenaikan 33 persen tiap tahun.

Ketika Darul Islam Ancam NU Banyuwangi

Dalam sejarah Republik Indonesia, pernah terjadi beberapa kali aksi pemberontakan. Selain yang dilakukan oleh PKI, juga digerakkan oleh Darul Islam (DI). Pemberontakan yang dipimpin oleh SM Kartosuwiryo tersebut, ada di Jawa Barat.

Kapan dan dari mana Islam Masuk ke Indonesia?

Sejarah mencatat bahwa sejak awal Masehi, pedagang-pedagang dari India dan Cina sudah memiliki hubungan dagang dengan penduduk Indonesia.

Sekjend PBNU: Terkait Nahdlatul Ulama dalam Buku Ajar Kelas V SD

Terkait adanya penerbitan buku panduan belajar untuk Kelas V Sekolah Dasar (SD), yang membuat sejarah kemerdekaan dan menyebut Organisasi Kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) disebut sebagai salah satu organisasi radikal.

Luar Biasa, RI Naik Kelas Jadi Negara Kelompok Pendapatan Menengah Atas

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pendapatan per kapita atau rata-rata pendapatan orang Indonesia mencapai Rp56 juta atau US$3.927 per tahun.

Kisah Pertemuan "Aneh" Gus Miek dengan Kiai Hamid Pasuruan

Gus Miek dalam usia 9 tahun sudah pernah ke pasuruan untuk mengunjungi KH. Hamid. Ini adalah sebuah pertemuan pertama yang sangat mengharukan.

Ijazah dari Hadratusyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari Supaya Terhindar dari Kemiskinan

Agar rizqi kita banyak lagi barokah, selalu melimpah,bagai hujan deras..! Setiap amalan dari guru-guru kita, sebaiknya dilakukan secara istiqomah untuk sebuah kesuksesan atau keberhasilan.

Ketika Mahasiswa Asing Belajar Membatik di Jatim

Batik Indonesia merupakan salah satu warisan dunia yang sudah diakui Unesco. Hal itu membuat sejumlah mahasiswa asing sangat antusias untuk belajar membatik di Kampus IKIP Budi Utomo Malang, Jawa Timur.

Menyikapi Peringatan Hari Valentine

Hari Valentine (Valentine Day) yang jatuh setiap tanggal 14 Februari memiliki sejarah panjang yang erat berhubungan dengan masyarakat nasrani

14 Februari adalah Tanggal Lahir Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari

Tanggal 14 Februari 1871 M, adalah hari lahir pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari.

Etika Pejabat Publik dan Cuitan FZ atas Doa KH. Maimoen Zubaer

Etika Pejabat Negara dalam Penyelenggaraan Pemerintahan memiliki peran yang Penting sebagai pedoman berperilaku yang baik dalam menjalankan Tugasnya. Hal ini telah diatur dalam TAP MPR RI No. VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.

Menatap Program PKH dalam Pemberantasan Kemiskinan di Indonesia

Sasaran PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang memiliki komponen kesehatan dengan kriteria ibu hamil/menyusui, anak berusia nol hingga dengan enam tahun.

Menag: Agama dan Negara Saling Membutuhkan

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa agama dan negara sama-sama saling membutuhkan. Relasi keduanya adalah simbiosis mutualisme. Agama memerlukan wadah bangsa, kehidupan kebangsaan memerlukan nilai-nilai agama sebagai panduan, acuan di tengah kehidupan yang beragam.

Indonesia Dalam Paradigma Baru Khilafah (Bagian 1)

Indonesia negeri Islam yang berada di pinggiran kekhilafahan masa lalu. Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri 21 tahun setelah Khilafah Turki Utsmani runtuh. Indonesia berdiri ketika Turki telah menjadi negara sekuler yang bersekutu dengan Inggris. Oleh karena itu secara formal dan informal Indonesia tidak punya hubungan apapun dengan kekhilafahan Islam.

SUltan Banjar Terpilih Sebagai Sekretaris Agung MARS Indonesia

Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia pada 24 Februari 2019 sepakat memilih Sultan Khairul Saleh sebagai Sekretaris Agung MARS-

Syeikh Taufiq Al-Buthi: Indonesia adalah Surga

Syeikh Taufiq Al-Buthi mengatakan bahwa Indonesia diibaratkan sebagai surga. Bagaimana bisa?

Janji Rasulullah SAW ada di Indonesia

Kekaguman Syaikh Dr. Taufiq Ramadhan al-Buthi kepada Negara Indonesia tiada henti-hentinya. Setelah beliau menyitir sebuah hadits bahwa Islam akan datang pada suatu golongan yang berbondong-bondong masuk dan menerima ajaran Islam tanpa ada paksaan bagai siang dan malam

Belajar dari Indonesia tentang Tiga Cara Menyelamatkan Negeri

Syeikh Dr. Taufiq Ramadhan al-Buthi tidak henti menyampaikan kekagumanannya kepada Indonesia.

Sastra Indonesia, Mengapa Tidak Mendunia?

Sastra Indonesia sebagai Sastra Duniabila membincang 1) Pergolakan manusia dalam sejarah – menempuh tahap sejarah; feudalism, kolonialisme, nasionalisme, globalisme, 2) Perkembangan negara dan masyarakat membangun

Gus Yahya: Organisasi yang Mencita-citakan Khilafah Sama dengan Gerakan Komunis Internasional

Katib Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menyebut organisasi yang mencita-citakan khilafah, seperti Hizbut Tahrir dan Ikhwanul Muslimin, tak beda dengan gerakan komunis internasional yang menghendaki rezim tunggal di dunia.

NU dan Islam di Indonesia Dewasa Ini

Artikel yang ditulis Gus Dur tahun 1984 dan lumayan panjang ini cukup memberikan pemahaman tentang Nahdlatul Ulama (NU) hingga kondisinya yang mutakhir.

Sejak Awal Indonesia Sudah Maju, Pemahaman Keislamannya Sudah Hebat

Sejak berdirinya, Indonesia sebenarnya sudah maju dan pemahaman ke-Islam-annya juga sudah hebat. Bagaimana dengan sekarang?

NU, Negara Bangsa dan Status Non Muslim

Nahdlatul Ulama baru saja menyelenggarakan Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Banjar Jawa Barat. Tepatnya, pada 27 Februari-1 Maret 2019. Berbagai persoalan sosial, ekonomi, dan politik didiskusikan para kiai NU dari perspektif fikih Islam di forum itu. Temanya cukup beragam,

Mengintip Pendidikan di Negeri Finlandia #1

Anak-anak di Finlandia tidak sekolah sebelum berusia 7 tahun. Tapi bukan berarti mereka tidak dididik sejak belia, justru pemerinah Finlandia mensubsidi pendidikan anak usia dini

Gus Muwafiq : Keanekaragaman Menyatukan Bangsa Indonesia

“Indonesia adalah negara yang terdiri dari keanekaragaman suku dan bahasa, serta budaya yang bersatu menjadi bangsa,”

"Kemenhub Jangan Ragu Stop Terbang Boeing 737 Max 8 di Indonesia"

Ini mirip dengan kecelakaan B737 Max Lion Air. Kemenhub perlu mencermati ini," kata Alvin Lie

Perbedaan Ajaran Salafiyah dan Salafi Salafiyah ala Wahabi

Istilah salafi dipopulerkan oleh Nashiruddin al-Bani sekitar tahun 1980-an di Madinah. Pengikut pemikiran al-Bani ini belakangan dikenal dengan sebutan Jemaah Salafi.

Keberhasilan Pendidikan di Negeri Filandia, Kita Kapan? #2

Wah ternyata, pendidikan di Finlandia tak beda jauh ya dari pendidikan di Indonesia, kapan negeri ini, benarkah? Bisa mengadopsi sistem pendidikan seperti ini

Tiba di Istana Negara Ditanya Wartawan, Siti Aisyah Diam

Siti Aisyah, Warga Negara Indonesia yang dituduh terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melihat Peluang Investasi Ekonomi Digital dan Pariwisata di Indonesia

Indonesia memiliki peluang investasi ekonomi digital dan pariwisata di tahun ini. Bagaimana peluangnya?

Resmi, Indonesia Larang Boeing 737 MAX 8 Terbang Tanpa Batas Waktu

Larangan beroperasi ini dikecualikan bagi penerbangan B737 MAX 8 yang bertujuan non-komersial dan tidak membawa penumpang.

Peneliti Indonesia Menelisik Gen Bakteri Hingga Mendirikan Startup di Finlandia

Penggunaan antibiotika secara tidak rasional dan masif pada manusia serta hewan ternak memicu kekebalan bakteri terhadap antibiotika. Bahkan beberapa diantaranya mengembangkan multiresistensi terhadap antibiotika

Jepang Terobsesi Ketepatan Waktu, Bagaimana Indonesia?

Bangsa Jepang sangat terobsesi dengan ketepatan waktu. Kenapa demikian? Apa alasannya?

Tentara Indonesia Hidup tanpa Otak, Sebuah Anekdot Gus Dur

Cerita humor Gus Dur ini bercerita tentang tentara Indonesia yang tak butuh otak. Lantas butuh apa?

Orang Indonesia Kurang Terlatih Menggunakan Otaknya

Berdasarkan perbandingan dengan Negara maju, otak orang Indonesia jarang digunakan berpikir. Kenapa?

Dibanding Negara Lain, Utang RI Ternyata Tak Ada Apa-Apanya

Banyak orang mengatakan bahwa utang Indonesia sangat parah. Benarkah separah itu?

HTI, Pasangan 02 dan Amir Hizbut Tahrir

01 atau 02 yang menang sesungguhnya tidak begitu relevan bagi HTI. HTI sampai hari ini masih meyakini demokrasi merupakan sistem kufur, haram mengambilnya dan menyebarluaskannya.

Di Forum PBB, Indonesia Kecam Kekerasan Israel di Palestina

Pemerintah Indonesia mengecam tindakan kekerasan Israel di Palestina. Bagaimana katanya?

Rocky Gerung Itu Gimmick!

Kenalkah Anda dengan Rocky Gerung? Rocky Gerung itu Gimmick! Apa itu?

Cak Nun Minta Masyarakat Indonesia Tetap Menjunjung Tinggi NKRI

“Kalau diibaratkan, saat ini masyarakat Indonesia dalam resolusi kamera yang paling rendah yang kalau capture itu blur semua,” ungkapnya.

Kolom Gus Nadir: Istilah Khilafah Tidak Ada dalam Al-Qur’an

Banyak terjadi kerancuan di kalangan umat mengenai penggunaan istilah Khalifah,

HTI Cinta Indonesia, Benarkah?

 Sebagai gerakan ideologis (harakah mabda'iyah), keyakinan anggota HTI terhadap ideologi mereka tidak otomatis goyah lantaran badan hukum organisasi mereka dicabut pemerintah 19 Juli lalu. Karena ideologi tertanam melalui proses berpikir terpimpin dalam perhalaqahan mereka.

Pilpres 2019: Apakah Benar ini Pertarungan antara Pro Komunis Melawan Pro Khilafah?

Kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dilangsungkan pada 17 April 2019 dikabarkan tidak lepas dari pertarungan ideologi antara pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo

Sulawesi Tengah Melalui 3 Event Masuk CoE Wonderful Indonesia

Sulteng berpotensi menjadi tujuan wisata utama Indonesia. Pihaknya sedang mengembangkan unsur aktraksi, amenitas, dan aksesibilitas guna memajukan sektor pariwisata Sulteng.

Aceh Ikut Meriahkan Pameran Deep Extreme Indonesia

Pameran Deep Extreme Indonesia (DXI) 2019 di Hall B, Jakarta Conventer Center (JCC), Jakarta Pusat yang berlangsung 4-7 April 2019. Ikut dimeriahkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Indonesia adalah Sahabat Baik Palestina

Dalam forum PBB, Indonesia kembali tegaskan dukung Palestina. Mengapa demikian?

Indonesia Duduki Posisi ke-4 Dunia dalam Produksi Sepatu

Indonesia sekarang menduduki posisi ke-4 di dunia dalam pembuatan sepatu. Bagaimana bisa?

Gerakkan Tasawuf Hakiki yang Hidup dalam Ridha Allah

Menggerakkan tasawuf hakiki yang hidup dalam ridha Allah. Apa maksudnya?

Indonesia Berpartisipasi pada Pameran Industri Dirgantara di Jerman

Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi peserta pada pameran industri dirgantara di Jerman. Seperti apa pamerannya?

Dai Palestina Keturunan Indonesia Isi Ceramah di Aceh

Ustaz Muhammad Husein Gaza Lc, dai Palestina keturunan Indonesia dijadwalkan mengisi ceramah tentang konflik di Palestina di sejumlah lokasi yang terdapat di Aceh mulai 9 hingga 11 April 2019. Roadshow ceramah itu dilaksanakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT

Putra Mahkota Saudi: Indonesia Beruntung Miliki Pemimpin yang Jelas dan Maju

Putra Mahkota Arab Saudi menilai kalau Indonesia beruntung karena miliki pemimpin yang jelas dan maju.

PBNU: Terima Kasih Raja Salman dan Jokowi, Kuota Haji Bertambah 10 Ribu

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, atas nama NU, mengaku gembira atas tambahan kuota calon jamaah haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada warga negara Indonesia

Menunggu Kehadiran 5G di Indonesia

Seiring pesatnya perkembangan tekhnologi, kini pemerintah Indonesia bersama Vendor, dan operator telah memiliki rencana baru yaitu 5G.

Sejumlah Militer dan Polisi Laos Ikuti Kursus Bahasa Indonesia

Atase Pertahanan Nasional (Athan) RI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Untuk Laos mengadakan kursus bahasa Indonesia untuk angkatan ke 10 tahun 2019. 

Anggota DPD RI Ini Bantu Pemulangan Warga Indonesia yang Musibah di Malaysia

Rahmatullah (24) warga Desa Ule Jalan, Kecamatan Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur. Mengalami kecelakaan 28 hari yang lalu di Malaysia, terbaliknya mobil Box yang dia kenderai pada saat membawa

Haji Pengabdi Setan

Jamaah haji Indonesia yang pulang ke Indonesia pasti mengatakan ingin kembali lagi ke Mekkah. Kenapa?

Berlangsung Lancar dan Damai, Inggris dan Australia Sampaikan Selamat untuk Pemilu Indonesia

Selain PM Inggris, PM Australia Scott Morrison pun menelepon Jokowi untuk mengucapkan selamat atas berlangsungnya Pemilu Indonesia yang berjalan lancar.

Sidang Dewan Keamanan PBB Diwarnai dengan Adanya Beragam Motif Batik dan Tenun Khas Tanah Air

Dalam kegiatan yang membawa agenda debat terbuka bertema "Menabur Benih Perdamaian" tersebut, beragam motif batik dan tenun khas Tanah Air mewarnai jalannya sidang.

Indonesia Masih Ada, Non Muslim Mentraktir Buka Puasa Driver Ojol

Kisah nyata ini dialami oleh driver ojek online (ojol) yang ditraktir oleh non Muslim untuk buka puasa. Bagaimana kisahnya?

Delegasi BKPRMI Aceh Hadiri Iftar With Muslim Cambodia

Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Aceh mengirimkan 5 delegasi dalam kegiatan 'Ramadhan Iftar Dinner Program of Islam in Cambodia' di Phnom Penh

Peran Bachtiar Nasir Ketua GNPF Ulama dalam Jaringan Teroris Internasional

Bachtiar Nasir, salah satu ketua GNPF Ulama, ditetapkan sebagai tersangka. Saya sudah mengikuti perkembangan kasus ini sejak 3 tahun yang lalu.

Moment Unik Ketika Indonesia Juara MTQ Internasional 2019

Inilah moment unik ketika Indonesia borong piala MTQ Internasional 2019. Bagaimana ceritanya?

Ribuan Pelajar Indonesia di China Terjerat Praktik Kuliah tidak Wajar

Ribuan pelajar RI di China dan Taiwan terjerat praktik kuliah kerja yang tak sesuai prosedur, salah satunya jam kerja yang melebihi seharusnya.

Indonesia yang Sesungguhnya

Inilah Indonesia. Tunjukkan Indonesia masih ada. Tunjukkan Indonesia masih kita!

Mengintip Budaya Timur Indonesia

Tradisi ini menjadi daya tarik semua orang yang ingin datang ke Makassar. Bahkan, masyarakat internasional mengakui keunikan budaya ini

Raja Maroko Ucapkan Selamat kepada Joko Widodo

Raja Maroko, Yang Mulia Mohammed VI mengirim pesan ucapan selamat kepada Joko Widodo, atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia, Rabu, 22 Mei 2019.

Pesan Habib Umar Agar Indonesia Selamat dari Kehancuran

Habib Umar memberikan pesan berharga tentang yang dialami oleh bangsa Indonesia saat ini. Apa itu?

Kominfo Ajak Warganet Perangi Hoax dan Provokasi

Menteri Kominfo Rudiantara mengajak warganet Indonesia untuk memerangi hoaks, ujaran kebencian dan provokasi

Indonesia Masih Darurat Hoaks

Pada 21-22 Mei 2019 kemarin, saat berlangsung aksi demonstrasi di Jakarta terkait proses akhir penghitungan suara pemilu/pilpres 2019, banyak beredar kabar bahwa sedang terjadi peristiwa yang menegangkan di Jakarta. Ada gerakan besar massa dari sejumlah daerah menuju Jakarta,

Sejumlah Wanita Mesir Belajar Pencak Silat Indonesia

Sejumlah wanita Mesir belajar Pencak Silat yang merupakan salah satu seni bela diri tradisional Indonesia.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Tarawih Bhineka Tunggal Ika

Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa, memiliki 17.504 pulau (7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama), dan memiliki 742 bahasa. Kebhinekaan itu disatukan di Indonesia ini.

Problematika Guru Asing dan Solusinya

Kita memiliki sumber daya manusia yang sangat memadai untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan baru. Sumber daya manusia tersebut berada di berbagai bidang keahlian dan ter­sebar di berbagai lembaga dan organisasi kemasya­rakatan

Berkah Ramadan, Pekerja Freeport Tarawih di Masjid Perut Bumi

Para pekerja PT Freeport Indonesia selama bulan Ramadan melaksanakan shalat dan buka puasa di dalam perut bumi.

Memajukan Indonesia ala Jerman

 Tentunya masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk indonesia yang baik, proses ini tidak berdampak secara langsung tetapi tahap ini akan terus berproses untuk indonesia yang lebi baik.

Merawat Keindonesiaan Kita

Hampir 74 tahun silam sebuah bangsa yang besar dengan mayoritas penduduknya beragama Islam secara resmi lahir dan diakui keberadaannya oleh dunia, itulah Indonesia. Lahirnya Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat tentu saja tidak berlangsung dengan mudah.

Hari Ini, Arab Saudi Merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah

Sementara itu, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman melalui kabel diplomatik mengirim ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

Kehati-Hatian Syaikhona KH. Maemoen Zubair pada Lafadz Takbiran

Syaikhuna yang waktu itu ada di ruang tamu mendengar hal itu, Beliau memanggil salah satu santri Ndalem kemudian beliau mengatakan, Nak, yang membaca takbir diberi tahu, lafadznya cukup walau kariha kaafiruun.

Habib Ali Al-Jufri Ungkapkan Kekagumannya pada Islam Indonesia

Habib Ali Al-Jufri mengatakan bahwa Islam Indonesia mirip dengan Islam Madinah di masa Rasulullah SAW.

Berapa Kecepatan Internet Indonesia? Berikut Ini Keterangannya!

Beberapa waktu yang lalu, sebuah lembaga penelitian merilis laporan koneksi 4G secara Global. Penelitian tersebut membandingkan kecepatan internet antara satu negara dengan negara yang lain secara umum.

Gus Baha: Indonesia Tertinggi Kelasnya di Dunia

Kita mendapati satu sejarah bagaimana Abu Hasan berbeda dengan tokoh-tokoh NU, bagaimana pula bedanya Gus Dur dengan Kiai As’ad Syamsul Arifin tentang asas tunggal Pancasila.

Polytron, Produk Indonesia yang Terlupakan

 Semester ini saya mengambil kelas pilihan "Bisnis dan Budaya China" dari kelas ini saya mendapatkan kenapa produk China banyak dikenal. Setiap orang pasti tahu istilah "Made in China".

Perencanaan 5G di Indonesia Masih Banyak Tahapan

Adopsi 5G di Indonesia diperkirakan masih banyak yang harus dipersiapkan seperti kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G itu sendiri, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah

Tiga Mahasiswa UNHAS Ciptakan Alat Mengubah Karbondioksida jadi Oksigen

Dengan emisi karbon yang demikian besar artinya Indonesia memiliki peran yang besar dalam meningkatkan temperatur global yang selanjutnya akan menyebabkan kenaikan muka air laut, cuaca ekstrem, dan mengancam berbagai ekosistem

Kemajuan Indonesia dan Industri 4.0, Tema Temu Diaspora Indonesia 2019 Berlin

LADUNI.ID | Berlin - Dalam rangka mengapresiasi pengorbanan para petugas penyelenggara Pemilu 2019 sehingga dapat terselenggara dengan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, Diaspora Indonesia se-Eropa mengadakan syukuran dengan mengundang perwakilan Diaspora Indonesia dari 15 negara di gedung Gloria Event Berlin, Minggu (23/6)

Kini, Produksi Mobil Listrik Menjadi Target Indonesia

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Kini, mobil listrik semakin digemari di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang akan melirik pasar mobil listrik,

Erdogan akan Kunjungi Indonesia Memperingati 70 Tahun Hubungan Bilateral

Sementara itu, dalam pertemuan itu Erdogan sekali lagi menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Indonesia untuk lima tahun ke depan

Ustaz Ma'ruf Khozin : Kejayaan Islam Bukan Karena Khilafah

Hizbut Tahrir adalah organisasi politik yang sudah dilarang di banyak negara, termasuk Indonesia. Beberapa hari ini mulai menampakkan diri lagi di medsos dengan menggaungkan kembali ide mereka, Khilafah.

7 Pesan KH. Mahrus Aly Agar Sukses Dunia Akhirat

KH. Mahrus Aly mempunyai andil besar dalam perkembangan Jamiyyah Nahdlatul Ulama, bahkan beliau diangkat menjadi Rois Syuriyah Jawa timur selama hampir 27 Tahun, hingga akhirnya diangkat menjadi anggota Mustasyar PBNU pada tahun 1985 M

Inilah Waktu Gerhana Matahari Cincin Bakal Terjadi di Indonesia

Gerhana Matahari Cincin terjadi adalah ketika kondisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam posisi segaris. Dan, ketika itu juga, Bulan sedang berada di titik terjauh dari Bumi.

WhatsApp Down di Beberapa Negara, Termasuk Indonesia?

Situs down detector pada pukul 21.00 WIB, terlihat heatmap atau potensi down atau gangguan di Indonesia

Universitas Muslim Indonesia

Yayasan ini didirikan oleh tokoh masyarakat, alim ulama dan para raja (pemerintah) di Sulawesi pada tanggal 08 Februari 1953, dan diberi nama “Yayasan Wakaf Pembangunan Universitas Muslim Indonesia”

Amerika Serikat-Indonesia Menyatakan Satu Visi dan Misi Soal Indo-Pasifik

Donovan melanjutkan, selama tiga tahun berada di Indonesia, dia mengaku telah melihat banyak contoh tentang bagaimana prinsip bersama mengarah pada kemajuan bersama, yang sebagian besar melalui kerja beberapa individu yang luar biasa

Olahraga Ringan Menunda Kepikunan pada Lansia dan Mungurangi Resiko Berbagai Penyakit

Ahli geriatri, dr Siti Setiati menyebut, sejumlah olahraga baik untuk lansia. Siti menjelaskan, olahraga baik untuk kesehatan dan fungsi kognisi lansia.  "Aktivitas fisik atau olahraga bagus untuk mencegah dan memperlambat kepikunan, sudah banyak penelitian membuktikan,"

Madrasah Aliyah Raih Posisi Ke-2 Tingkat Nasional dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019

dilansir dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia (kemenag RI), sebanyak 34 siswa Madrasah Aliyah berhasil memboyong medali dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Manado, Sulawesi Utara.

Viral, Santri NU Ini Kenakan Atribut Santri Saat ‘Jalan-Jalan’ di Jerman

Santri NU ini menjadi viral karena mengenakan atribut lengkap santri saat berjalan-jalan di Kota Koln Jerman.

Jemaah Haji Diimbau Tidak Langsung Pulang Usai Shalat di Haram

Jemaah haji Indonesia di Makkah semakin banyak. Selain dari Madinah, mulai hari ini, jemaah haji Indonesia juga sudah datang dari Tanah Air melalui King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

Jamaah Haji Indonesia yang Berumur Lebih dari 95 Tahun Sudah Tiba di Tanah Suci

Jemaah haji dari Indonesia yang berusia di atas 95 tahun yang berjumlah 69 orang telah tiba di Tanah Suci dan mereka akan mendapatkan perhatian khusus agar pelaksanaan ibadah hajinya berjalan dengan lancar.

Tak Terima Keputusan Pemerintah Indonesia, Nelayan Malaysia Demo di KBRI Kuala Lumpur

Sejumlah nelayan dan pemilik kapal itu protes karena aparat Indonesia menangkap kapal mereka di perairan Malaysia, atau wilayah yang masih sengketa di Selat Malaka, Rabu (24/7),

Sejarah Minyak Tawon yang Penjualannya Sejajar dengan Brand Levi’s

Tahukah Anda bahwa penjualan minyak tawon sudah sejajar dengan brand Levi's, Starbucks dan Pizza Hut. Ini sejarahnya.

Militer AS dan Indonesia Selesaikan Latihan Siber ISTX

Militer Indonesia yang mencakup Angkatan Darat dan Militer Amerika Serikat (AS), Angkatan Udara, dan Angkatan Laut menyelesaikan latihan keamanan siber Information System and Technology Exchange (ISTX) atau Pertukaran Sistem Informasi dan Teknologi.

Inilah Waktu Indonesia NU

Ini adalah cerita menarik ketika Prof Machasin menghadiri undangan PBNU. Bagaimana ceritanya?

Menristekdikti: Rektor Asing untuk Menstimulus SDM Indonesia

Menristekdikti M Nasir mengungkapkan bahwa rektor asing yang diwacanakannya adalah untuk menstimulus SDM Indonesia.

Mbah Maimun Zubair Sungguh Sangat Cinta Tanah Air

Sosok Kiai Maimun Zubair adalah sosok kiai sekaligus ulama NU yang benar-benar mencintai Tanah Air, Indonesia Raya.

Ilmuan Indonesia Inilah yang Mampu Pecahkan Rumus Tersulit di Dunia

Selama puluhan tahun, ilmuan dari berbagai belahan dunia belum mampu memecahkan rumus Halmholtz ini.

Berkat Shalawat Burdah, Pangeran Diponegoro Lolos dari Kejaran Belanda

Pasukan kanjeng Gusti Pangeran Diponegoro sudah amat terdesak, Secara matematis tidak ada teori peperangan manapun yang akan mampu mengeluarkannya dari keadaan tersebut.

Alam Semesta Marah Ketika Belanda Menahan Kiai Abdul Adzim Sidogiri

Ulama besar ini terus diingat oleh para santri di Pasuruan, karena kisah mengenai keistimewaan sang kiai ini terus diceritakan. 

Kiai Sholeh Darat Ubah Bongkahan Batu Menjadi Emas di Hadapan Belanda

Darah perjuangan KH Sholeh Darat tak lepas dari orang tuanya, yakni Kiai Umar. Dalam sejarahnya, Kiai Umar termasuk panglima perang dari pasukan Pangeran Diponegoro untuk wilayah Semarang dan sekitarnya.

Syair Habib Idrus bin Salim al-Jufri Sambut Proklamasi Kemerdekaan RI

Saking cintanya kepada Indonesia, Guru Tua menciptakan sebuah syair menyambut proklamasi kemerdekaan Indonesia. Berikut syair lengkap karya Guru Tua menyambut kabar gembira proklamasi kemerdekaan

Syarif Abdul Hamid Alkadrie, Pencipta Lambang Negara yang Terlupakan

Lambang Garuda Pancasila adalah lambang resmi NKRI. Keberadaannya tentu sangat penting untuk Indonesia. Akan tetapi apakah kalian tahu siapa penciptanya?. Beliau adalah Syarif Abdul Hamid Alkadrie (1913-1978) seorang keturunan Arab.

Cinta Indonesia, Pemuda Palestina Ini Menulis Persembahan HUT RI 74

Sungguh unik apa yang dilakukan pemuda Indonesia ini. Dia melukis untuk HUT Kemerdekaan RI.

Kisah Mbah Dalhar Bikin Bambu Runcing Terbang Layaknya Senapan

Ini adalah kisah mbah Kiai Dalhar yang meng-hizb bambu runcing hingga bisa terbang bak senapan.

Kisah Seorang Guru di Papua Rela Berpisah dengan Ayahnya demi Indonesia

Saya asli orang Timor Leste, tapi saya cinta Merah Putih. Ayah saya kembali memilih Timor leste, tetapi saya dan ibu memilih Indonesia pada saat jejak pendapat.

Kontribusi Wakaf Nasional Menuju Indonesia Maju

Kontribusi Wakaf Nasional Menuju Indonesia Maju

Sebut Indonesia Negara Miskin, Bos Taksi Big Blue Malaysia Diamuk Netizen

Shamsubahrin berkelakar, Gojek hanya untuk orang miskin seperti di Jakarta, Thailand, India, Kamboja.

Bentuk Cinta Indonesia, Tokoh Papua Sepakat Deklarasi Damai

Para tokoh adat Papua, tokoh agama Papua dan pemuda Papua  sepakat Deklarasi Damai untuk tanah Papua.

Belajar dari Nur Afdhaliah, Gadis Hafal Qur’an yang Bisa Kuliah Gratis

Nur Afdhaliah adalah gadis yang dapat beasiswa kuliah di UMI karena hafal Qur'an 30 jus. Simak kisahnya di sini...

TNI Gelar Latma Garuda Kooburra dengan Australia Sebagai Persiapan Military Observer

Latgab Garuda Kooburra merupakan latihan bersama dalam bidang Peacekeeping Operations yang diinisiasi Indonesia dan Australia.

Puluhan Kiai Sepuh NU se Indonesia Bahas Situasi Kebangsaan

“Seperti Gus Dur juga melakukan pendekatan terhadap Papua dengan pendekatan Budaya. Maka warga Papua sangat simpatik, menghormati Gus Dur dan NU. Karena itu, kami Mustasyar PBNU juga meminta Rais Amm dan Ketua Umum PBNU untuk turut melakukan langkah-langkah solutif bagi persoalan ini,” imbuhnya.

KH Ma’ruf Amin: Ansor Harus Jadi Dinamo, Bergerak Menggerakan Semua Pihak

Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menegaskan PKN dilakukan untuk mempersiapkan pemimpin masa depan,

Terkait Pakta Nuklir, Menlu Iran Minta Bantuan Indonesia Desak Semua Pihak

Agar mematuhi kesepakatan nuklir, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yang sudah diteken pada 2015 lalu, Iran meminta bantuan Indonesia untuk mendesak semua pihak.

Pemerintah Malaysia Akan Kirimkan Surat Protes Atas Kabut Asap dari Indonesia

Pemerintah Malaysia melaporkan akan mengirimkan surat protes atas kabut asap yang mengepul di beberapa bagian Serawak karena kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Keterangan Habib Umar bin Hafidz tentang Indonesia yang Diberkahi Allah

Habib Umar bin Hafidz pernah menerangkan bahwa Indonesia sangat diberkahi Allah.

Siti Nurbaya Bantah Indonesia Jadi Penyebab Tunggal Munculnya Asap Kebakaran di Malaysia

Siti Nurbaya Bantah Indonesia Jadi Penyebab Tunggal Munculnya Asap Kebakaran di Malaysia

Dilirik Negara Lain, Potensi Ekonomi Syariah Indonesia Sangat Besar

Perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS), Stern Resources (SR) Group, tertarik menggarap ekonomi syariah Indonesia. Sebab, peluangnya sangat tinggi.

Perjalanan Singkat Sang Bapak Teknologi Indonesia

BJ Habibie meninggal akibat penyakit yang dideritanya. Sebelum meninggal, keluarga dekat pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu, sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto

Belajar dari Vietnam, Membuka Diri untuk Maju

Belajar dari Vietnam, Membuka Diri untuk Maju

Tausyiah Kiai Maimun Zubair: Indonesia Akan Jadi Imam Bagi Seluruh Dunia

Mbah Kiai Maimun Zubair memberikan tausyiah tentang Indonesia yang akan menjadi imam seluruh dunia.

KH Mustofa Bisri: Indonesia Adalah Potongan Surga

“Indonesia adalah potongan surga,” kata Pengurus GowaisGus Hamdan In'am

Jurnalis Asal Indonesia Tertembak Peluru Karet Polisi Hong Kong

Saat aksi demonstrasi di kawasan Wan Chai, Hong Kong, pada hari Minggu (29/9), Seorang warga negara Indonesia yang juga jurnalis di Hong Kong, Veby Mega tertembak peluru karet di dekat matanya.

Veby Pertanyakan Alasan Polisi Hong Kong Tembak Dirinya

Veby Mega Indah, Jurnalis asal Indonesia mempertanyakan alasan kepolisian Hong Kong tetap melepaskan tembakan peluru karet.

Bentuk Penghargaan pada Indonesia, Meksiko Resmikan Patung Soekarno

Patung Soekarno sudah diresmikan di Mexico City. Bagaimana peresmiannya?

Para Prompak yang Culik Nelayan Indonesia Minta Tebusan

Kelompok penculik dikabarkan telah menghubungi Salah satu keluarga dari tiga nelayan Indonesia yang baru-baru ini diculik di perairan Sabah, Malaysia.

Universitas Al-Azhar Kairo Kini Resmi Mengajarkan Bahasa Indonesia

Kini, bahasa Indonesia telah resmi diajarkan di Fakultas Bahasa dan Terjemah, Universitas Al-Azhar Kairo.

Habib Umar: Rasulullah Sudah Mengabarkan Bahwa Indonesia Diberkahi Allah

Tempat itu ditandai oleh pusaka merah dan putih, di mana penduduk di dalamnya dianggap Rasulullah sebagai umatnya.

Mau Dibawa Kemana Negeriku?

Bagaimana nasib Papua kedepan? Ketika para guru, tenaga medis termasuk para dokter, juga para pedagang, lari dan meninggalkan Papua, maka ini akan menjadi persoalan serius terkait masa depan pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat Papua.

Gus Aun: NU Adalah Masa Depan Indonesia

Gus Aun menyampaikan bahwa NU adalah masa depan bagi Indonesia. Kenapa demikian? Simak di sini...

Rakernas MUI 2019 Putuskan KH. Ma'ruf Amin Tetap Ketua MUI

Diputuskan dalam rapat pleno yang disetujui forum Rakernas merekomendasikan ketua umum MUI Periode 2015 -2020 tetap dijabat Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin walaupun nantinya telah menjabat Wakil Presiden RI

Kasus Kekerasan di Sudan Harus Jadi Pelajaran Bagi Indonesia

Kasus konflik dan kekerasan yang terjadi di Sudan harus jadi pelajaran bagi Indonesia. Kenapa?

Kisah Sukses Hendry Satriago, CEO General Electric Indonesia

Ini adalah kisah inspirasi dan motivasi dari CEO General Electric Indonesia, Hendry Satriago, yang patut untuk dibaca dan diketahui oleh semua orang yang ingin sukses.

Tim IT Indonesia Mampu Bersaing dengan Luar Negeri

Chief Data Officer OVO, menyebutkan bahwa sudah saatnya kita tidak ragu dengan keahlian tim IT Indonesia.

Jelang Hari Santri 2019, PBNU Napak Tilas Spiritual NU

Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) , Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengenang dengan melakukan napak tilas spiritual ala NU jejak ulama kiai dan pendiri NU di Jawa Timur.

Amanat Ketum PBNU pada Peringatan Hari Santri Nasional 2019

Diharapkan melalui UU ini, santri dan pendidikan pesantren dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam pembangunan bangsa dan negara melalui fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Gus Yahya: Santri adalah Pejuang Peradaban Seluruh Manusia

Memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober, banyak pesan petuah, tausiyah, dan amanat dari para sesepuh NU. Tidak terkecuali Gus Yahya, kyai Yahya Cholil Staquf yang merupakan Katib Aam PBNU memberikan pesan

The Santri: Mengangkat Kultur NU di Etalase Budaya Dunia

Mengapa the Santri bakal memiliki nilai tinggi? Tak lain karena untuk pertama kalinya produk sinema yang mengangkat kultur santri itu dibuat atas inisiasi, produksi dan serta para pemerannya dari internal NU sendiri

Negara Ini Hancur Bukan Karena Komunis, Indonesia Harus Belajar

Negara-negara ini hancur bukan karena komunisme, dan Indonesia harus belajar dari negara-negara hancur ini.

Memanah dalam Konteks Indonesia, Pentingkah?

Cuma konsiderannya kita di Indonesia tiba-tiba pada belajar memanah. Untuk apa?

Kuasa Allah, Inilah Rahasia di Balik Panamaan Indonesia

Jumlah huruf Indonesia 9 sesuai dengan jumlah Wali/Alim Ulama dikala itu = WaliSongo atau 9 Wali.

LDNU Gelar Seminar Nasional Da’i Entrepreneur

Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini dalam sambutannya berpesan agar mencontoh Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang sukses di dunia entrepreneurship

Kisah Perempuan Indonesia di Suriah: Anakku Digagahi di Depan Mataku

Wanita Suriah menjawab, "Korban ndasmu! Dasar bodoh tolol! Kalian itu pelaku, jangan sok jadi korban.!"

Kemiripan Indonesia dengan Negara Rasulullah SAW Menurut Mbah Maimun

Dan yang paling penting, bahwa Negara yang dibangun oleh Rasululah Saw itu adalah Negara yang gemah ripah loh jinawe, baldatun toyyibatun warobul ghafur.

Terungkap, Kostum Anna di Film Frozen 2 Adalah Karya Desainer Indonesia

Film 'Frozen II' sudah dirilis di bioskop Indonesia dan dibanjiri oleh para penonton pecinta Disney. Dalam film 'Frozen II' ini, Disney menampilkan beberapa karakter baru dan cerita yang lebih seru dibandingkan dengan film sebelumnya.

Sejarah Deterjen dan Tumbuhan Asli Indonesia yang Bisa Selamatkan Bumi

Pada zaman dahulu ketika teknologi belum berkembang, masyarakat Indonesia menggunakan apa sebagai pengganti deterjen saat mencuci pakaian ataupun peralatan rumah tangga?

Karateka Asal Tapanuli Ini Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih di Rusia

Pemegang sabuk hitam Dan III Karatedo Aliran Kyokushin, Parulian Simanjuntak, kini sukses mengibarkan Bendera Nasional Indonesia Merah Putih di ajang bergengsi kejuaraan internasional di Moskow Rusia.

Biografi Prof. Dr. KH. Muhammad Tholhah Hasan

Prof. Dr. KH. Muhammad Tholhah Hasan lahir pada 10 Oktober 1936, di Tuban, Jawa Timur. Beliau merupakan putra pertama dari dua bersaudara, dari pasangan KH. Tholhah dan Nyai Anis Fatma.

Terungkap, Suku Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur

Siapa sangka, desa ini ternyata menyimpan sejuta misteri, khususnya mengenai penghuninya yang pernah mendiami kawasan tersebut sekitar 500 ribu sampai satu juta tahun lalu.

Gus Dur: 10 Tahun Lagi Anak Muda NU akan Bangkit dan Mengalahkan Gerakan Radikal

Anak muda NU akan bangkit 10 tahun lagi. Kita akan panen. Mereka akan kalah dengan anak muda kita

Lukisan Gua dari Sulawesi Terpilih Jadi Karya Figuratif Tertua di Dunia

Ditemukan dua tahun lalu di pulau Sulawesi Indonesia, lukisan selebar 4,5 meter ini menampilkan binatang buas yang dikejar oleh pemburu setengah manusia yang menggunakan tombak dan tali.

Penuhi Kebutuhan Jamaah, Indonesia Akan Ekspor Beras ke Arab Saudi

Pemerintah Indonesia saat ini tengah mendorong melakukan ekspor beras ke Arab Saudi. Melali ekspor tersebut, Arab Saudi bisa menggunakan salah satunya untuk kebutuhan makan para jamaah haji dan umrah yang ada di sana.

Jihad Birahi Kaum Teroris

Dalam sejarah Islam terorisme pertama kali muncul pada akhir masa khalifah Utsman bin affan. Sebagai korban pertama kali adalah sang khalifah Sendiri

GP ANSOR Setia Mengawal Politik Indonesia

Gerakan pemuda (GP) Ansor adalah organisasi pemuda  Islam tradisional yang di bentuk beberapa saat setelah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU)

Ustadz Ma'ruf Khozin: Ulama Sebagai Pemberi Petunjuk

Seorang ulama ahli Fikih adalah orang yang mengerti terhadap aturan dalam politik dan jalan tengah antara masyarakat ketika mereka bersengketa dengan hukum syahwat

Inilah 23 Nama Kopi Indonesia yang Menang Penghargaan di Paris

Berikut merupakan daftar produsen, roastery dan petani dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan Gourmet Product Paris 2018

Indonesia Patut Bangga, Dua Planet Ini Diberi Nama dalam Bahasa Nias

Dalam pemberian nama dari Bintang HD 117618 beserta planet yang mengitarinya yaitu HD 117618b, menggunakan bahasa milik suku Nias digunakan untuk nama dua benda luar angkasa tersebut.

Tingkatkan SDM, Kemenhub Bagikan 200 Bus Sekolah ke Pesantren se-Indonesia

"Menhub menyarankan bantuan ini sampai pada mereka, karena ponpes pun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam peningkatan SDM kita," terangnya.

Santri Goes To Papua: Senyum Membesarkan Hati

Sebuah senyum yang tentu saja sangat membesarkan hati saya sebagai pihak yang memberikannya

Mufti Syiria Puji Habib Luthfi dan Indonesia Sebagai Pemersatu Dunia

Maulana Habib Luthfi bin Yahya dan negeri Indonesia adalah pemersatu masyarakat dunia. Pernyataan ini diungkapkan oleh Mufti asal Syiria, Syech Adnan Al-Afyauni pada acara Konferensi Sufl Internasional di Pekalongan.

Badan Antariksa Rusia Akan Kirim Astronot Indonesia ke Luar Angkasa

Direktur Jenderal Roscosmos (badan antariksa Rusia), Dmitry Rogozin dalam wawancara dengan televisi Rossiya, menjelaskan bahwa Rusia dan Indonesia sedang berunding tentang pengiriman astronot pertama Indonesia ke luar angkasa.

PT Dirgantara Indonesia Pamerkan Drone Berkecepatan 235 km Per Jam

Kini, Indonesia sudsah memiliki prototype drone yang rencananya akan diterbangkan tahun ini. Drone ini dibuat langsung oleh PT Dirgantara Indonesia yang disebut Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE).

Tolak Nine Dash Line, Menlu RI: China Langgar ZEE

Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia menegaskan tidak akan pernah mengakui nine dash line atau sembilan garis putus-putus yang diklaim oleh China. Nine-dash line adalah klaim China atas sebagian besar wilayah di Laut China Selatan.

PBNU: Pemerintah RRT tidak Boleh Main-main dengan Kedaulatan NKRI

Pemerintah RRT secara sepihak mengklaim berhak atas Kepulauan Nansha atau Spratly yang masuk dalam nine dash line (sembilan garis putus-putus) pertama kali pada peta 1947.

Gus Yahya: Pemerintah Indonesia Harus Tegas terhadap China

Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menegaskan bila Indonesia diam saja, maka akan berbahaya bagi keseluruhan tata dunia. Pernyataan tersebut diungkapkan Kiai Yahya merespons sikap pemerintah Indonesia atas China.

Islam Nusantara Merambah Timur Tengah

Ketika Islam Nusantara menjadi perbincangan di media berbahasa Arab, maka hal tersebut akan menjadi dentuman yang dahsyat. Pasalnya, dunai Arab saat ini sedang menghadapi tantangan yang cukup serius perihal maraknya ekstremisme dan terorisme.

Meski Berada di Alam Kubur, Para Wali Tetap Doakan Indonesia

Para wali di alam kubur melakukan aktifitasnya seperti di alam dunia. Wali yang biasanya berdzikir akan selalu melakukan dzikir di alam kubur. Wali yang biasanya melakukan tahfidz Alquran akan memperbaiki tahfidz Alquran di alam kuburnya. Begitupun wali yang biasa baca sholawat pun sama.

Membrantas Budaya Suap Menyuap

Korupsi dalam bentuk menerima hadiah bagi para pejabat telah lama terjadi sejak masa Nabi s.a.w. Perbuatan ini dilarang keras oleh Rasulullah s.a.w., bahkan dianggap sebagai penyalahgunaan kedudukan yang sangat bertolak-belakang dengan nilai-nilai agama Islam.

Gambar Ibu Berkebaya di Monumen Australia Ini Ternyata Asal Indonesia

Gambar tersebut tampak seorang ibu menggendong anak. Siapakah sosok ibu ini?

Putra Mahkota UEA Terkesan dengan Indonesia dan Menirunya

Selama kunjungannya di Indonesia beberapa waktu lalu, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed merasa terkesan dengan penyambutan di Indonesia. Hal itu disampaikan Mohamed bin Zayed saat menerima kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Wajah Islam Indonesia Kontemporer: Surplus Penceramah, Paceklik Pemikir

Indonesia beberapa tahun terakhir ini mengalami paceklik pemikiran Islam yang cemerlang akibat merosotnya kualitas para sarjana dan pemikir muslim brilian. Simak ulasan Sumanto al Qurtuby sebagai berikut.

Dunia Timur Tengah Akui Islam Nusantara Adalah Gerbang Indonesia Menuju Masyarakat Toleran

Dunia Timur Tengah Akui Islam Nusantara Adalah Gerbang Indonesia Menuju Masyarakat Toleran

Inilah Kepala Madin Al-Ibriz Iru Nigeiyah Masa Khidmah 2020-2022

Masa khidmah kepengurusan Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah berlangsung selama dua tahun. Di periode pertama lalu, bapak Supriyadi Biowa terpilih menjadi kepala Madin. Dalam pidatonya ketika melaporkan pertanggungjawabannya selama kepemimpinannya

Penonton Indonesia Membeludak, Robert Downey Ucapkan Terima Kasih

Penonton Indonesia Antusias, Robert Downey Jr Ucapkan Terima Kasih

Dubes China Akui Perairan Natuna Milik Indonesia

Usai bertemu Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan, Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Xiao Qian menegaskan perairan Natuna adalah milik Indonesia. Menurut Xiao Qian, pemerintah China tidak akan mempermasalahkan fakta itu.

Pemberian Hadiah pada Siswa Berprestasi di Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah

Dalam pertemuan rutin ini, inti acaranya adalah pemberian hadiah kepada santri yang terajin selama sebulan.

Ulama Indonesia Selalu Mampu Cegah Konflik karena Cinta Tanah Air

Pada pelaksanaan kegiatan Simposium Nasional Islam Nusantara, Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengungkapkan bahwa sekalipun ulama di Indonesia tidak lebih pintar dari ulama-ulama di negara Timur Tengah, tapi keberadaanya mampu menyatukan elemen masyarakat.

Mengapa di Indonesia Mayoritas Madzhab Syafi'i?

Para pendakwah yang menyebarkan ajaran Islam ke Tanah Jawa ini memang lebih dahulu juru dakwah bermadzab Syafi'i.

Tulisan Mbah Hasyim Tahun 1943: 'Prajurit Pembela Tanah Air'

Majalah Islam Soeara Moeslimin Indonesia edisi 2 Dzulhijjah 1362 atau 30 November 1943 halaman 4 memuat tulisan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadlratussyekh KH. M. Hasyim Asy’ari.

Mimpi Muslim Indonesia di London

Silaturahmi bersama sedulur-sedulur PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom. Kami berkunjung ke rumahnya Pak Djamal, sesepuh Nahdliyyin Inggris dan pegawai senior KBRI London. Beliau saksi sejarah orang-orang Indonesia yang belajar dan meniti karir di Inggris.

Surga Bukan Cerita di Indonesia

Musim dingin, ketika salju turun, di Eropa atau Amerika Utara, suhu bisa mencapai minus 40 derajat celsius. Artinya, kulkasmu masih lebih hangat.

AS Tempatkan Indonesia dan Cina sebagai Negara Maju

Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) mencoret China dan Indonesia sebagai negara berkembang. Mereka mencoret nama Cina dan Indonesia karena kedua negara tersebut sudah masuk negara maju dalam perdagangan internasional.

NU Peduli Korban Banjir Jabodetabek

Mari bantu saudara kita yang terdampak banjir dengan ikut peduli

Nusantara adalah Melting Pot

Kebuntuan metodologi, adalah salah satu penyebab hilangnya benang merah antara siapa yang disebut Islam Kejawen dan apa yang disebut dengan Aswaja di Indonesia baik NU dan Muhammadiyah.

Jadi Pembicara di UK, Alissa Wahid: Islam Indonesia Menginspirasi Perdamaian Dunia

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid diundang oleh Mantan Duta Besar United Kingdom (UK), Moazzam Malik, untuk menjadi pembicara dalam sesi panel British Islam Conference, Ahad sore (23/02), di London, UK.

Liga Islam Dunia: Indonesia Negara Moderat yang Pantas Dicontoh Negara Lain

Saat melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/2), Sekretaris Jenderal Delegasi Rabithah Al-Alam Al-Islami/World Moslem League (WML) atau Liga Islam Dunia, Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Essa, menyampaikan keinginan untuk belajar toleransi kepada Indonesia.

Doa Agar Terhindar dari Penyakit Menular

Indonesia dengan jumlah mayoritas penduduknya beragama Islam, selain menjaga imunitas tubuh juga sepatutnya berdoa mengharapkan keselamatan dan terhindar dari Virus tersebut dari Allah SWT.

Update Virus Corona di Indonesia, Ini Himbauan Ketua PBNU Bidang Kesehatan

Dalam rilis yang diterima oleh redaksi Laduni.id, Senin (2/2), Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Bidang Kesehatan, dr. Syahrizal Syarif menyampaikan beberapa fakta terkait penyebaran virus corona yang terjadi di Indonesia.

Wamenag RI: Guru Harus Melek Teknologi, Siswa Aman dari Gempuran Ideologi Radikal dari Medsos

Tidak hanya lembaga pendidikan yang berafiliasi ke NU saja, tetapi juga lembaga pendidikan negeri melalui guru-guru PAI yang menjadi anggota Pergunu.

5 Langkah Tepat Mencegah Infeksi Virus Corona

ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Santri Goes To Papua: Surat Putih dari Siswa Untuk Guru

Sebagai akibat, saya pun menghukum mereka supaya menulis istighfar 25 kali serta menyuruh masing-masing mereka untuk meminta tanda tangan pada orang tua mereka masing-masing.

NU dan Muhammadiyah, Benteng Pertahanan Indonesia dari Paham Radikalisme Wahabi dan Arabisme

Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Ia adalah kekuatan bagi peradaban umat Islam yang hingga kini telah banyak berkontribusi untuk perkembangan di dunia.

Kajian Tentang Bangsa Indonesia Keturunan Nabi Ibrahim As dari Istri Nomor Tiga

Dalam beberapa kesempatan, kita sering mendengar kisah antara Nabi Ibrahim AS dan anak-istrinya, termasuk Nabi Ismail AS dan Nabi Ishaq AS, juga beserta ibu keduanya, yakni Hajar dan Sarah.

Resiko Tinggi Terinfeksi Covid-19 Segera Cek di Sini

Berikut ini rentang-rentang skor dan maknanya. Makna selengkapnya ada di bagian akhir setelah Anda menjawab semua pertanyaan dengan jujur.

PC GP Ansor Magetan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Serentak Cegah COVID-19

“Kami dari jajaran Pimpinan GP Ansor Kabupaten Magetan, telah menginstruksikan kepada seluruh Anggota di semua PAC seluruh Kabupaten Magetan untuk melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri, khususnya di tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum

Lock Down “Corona” dan Resiliensi Indonesia

Coronavirus Disease (COVID-19) membuat berbagai negara mengalami sakit bukan saja masyarakatnya namun jauh dari itu ekonomi negara yang terkena dampaknya pun mengalami sakit, tidak terlepas Indonesia sebagai satu dari sekian negara yang mengalami jalur pandemi corona.

NU Peduli: Mari Peduli Bersama Cegah Penularan COVID-19 di Indonesia

Mari, NU Care-LAZISNU mengajak semua sahabat peduli agar turut serta dalam gerakan NU Cegah Corona

Doa Meminta Ganti Kepada Allah

Tidak ada seorang hamba yang tertimpa musibah kemudian dia berdoa: "Kami adalah milik Allah dan kepada Allah kami kembali. Ya Allah berilah pahala atas musibah saya dan berilah ganti yang lebih baik daripada musibah ini", kecuali Allah akan memberi pahala dalam musibahnya dan memberi ganti yang lebih baik daripada musibah tersebut"

KH. Said Aqil Siroj: Perlakukan Jenazah COVID-19 dengan Penuh Penghormatan

Syariat Islam telah mewajibkan kepada kita, umat Islam harus menghormati jenazah, apalagi sesama umat Islam. Oleh karena itu siapa pun jenazah yang beragama Islam harus kita perlakukan dengan baik,

Damai dalam Keberagaman

Hidup di dunia ini tentu semuanya menginginkan kedamaian, Tuhan pun telah menciptakan segala halnya dengan berangam dan berwarna.

Kriteria dan Syarat Shalat Jumat di Tengah Wabah Corona

Pelaksanaan shalat Jum'at memiliki kriteria dan syarat tertentu. Ketika tidak terpenuhi maka kembali wajib untuk menjalankan shalat Dzuhur.

Budaya Gengsi Bagi Generasi Milenial

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa adaptasi untuk mempopuler gaya hidup westernisasi dan arabisasi kian terasa kontrasnya bagi generasi milenial. Budaya yang masuk dari Barat dan Timur tidak bisa ditelaah secara selektif oleh generasi hari ini

Manajerial Keuangan Keluarga di Tengah COVID-19

Wabah Covid-19 belum juga berakhir sehingga perlu untuk mengatur kembali pengeluaran, karena tidak sedikit yang mengeluh atas ketidakstabilan keuangan keluarga.

Pembalap Liar, Corona, dan Literasi

Ada yang balapan liar, ada yang getol belajar, yang lain asyik pacaran sampai lupa jalan pulang, ada pula bersenang-senang dengan rebahannya. Bahkan menjelang adzan subuh pun, masih terdapat kendaraan yang ditunggangi para pemuda melintas di jalan dalam jumlah besar.

Renungan di Tengah Corona

Aku adalah Covid-19 yang akrab kau sapa sebagai Corona. Aku datang mengejutkanmu tanpa peringatan untuk mengingatkanmu para manusia bahwa kau tidak berdaya

Kenapa dulu Dirahasiakan, dan Kenapa dulu Lockdown Jakarta Ditolak?

banyak data yang ditutupi oleh Pemerintah, dan sekarang ini malah justru dibuka. Ditutupi bukan berarti diam, karena dengan kemampuan negara yang serba terbatas, fasilitas perawatan dan alat uji terus ditingkatkan

COVID -19: Momentum Instropeksi Diri

Pandemi Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona, menjadi momok yang menakutkan untuk semua orang. Namun, di sisi lain, kita dapat memetik beberapa hikmah yg bisa kita jadikan renungan untk instropeksi diri

Urgensi Filantropi Islam di Tengah Pandemi COVID-19

Seperti kita pahami bahwa dalam masa pandemi ini, ekonomi menjadi kacau balau dan diperkirakan mengalami resesi. Dampak yang dirasakan bukan pada masyarakat, akan tetapi juga pada ekonomi negara

Tips Tetap Semangat Work From Home di Tengah COVID-19

Akibat dari sering munculnya godaan berimbas pada produktifitas dalam bekerja sehingga banyak pekerjaan yang tertunda dan menumpuk. Berikut bebeapa tips yang bisa dilakukanagar tetap semangat saat work from home

Subsidi, Apakah Solusi di Tengah Pandemi COVID-19

Wabah Covid-19 ini merupakan masalah yang tidak terduga. Dan negara Indonesia belum memiliki kesiapan penuh untuk menanggulangi masalah ini. Akan tetapi banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah, dan masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam penanggulangan masalah ini.

Anggaran COVID-19, Jangan Disalahgunakan

Pemerintah membuat anggaran dengan total Rp 104,5 triliun yang disediakan untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan meningkatkan daya beli masyarakat lapisan bawah.

COVID-19 di Ruang Kuliah Online

Teknologi informasi akan lebih cepat jika dibuat berjejaring, yaitu dengan mengkolaborasikan antar media online. Selain lebih cepat, jangkauannya juga lebih luas.

LITHIUM, Racikan Jokowi Buat Indonesia & Pengaruhnya di Mata Dunia

LITHIUM, Racikan Jokowi Buat Indonesia & Pengaruhnya di Mata Dunia

Kiai Daring, Wahabi Pening

Kiai rame-rame ngisi pengajian daring membawa arus dan gelombang baru di media sosial. Arus dan gelombang wasathiyah yang menggantikan dominasi arus dan gelombang ekstrim dan radikal. Kiai daring, Wahabi jadi pening.

Harapan di Ujung Ketidakpastian

Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat mengakibatkan kesulitan deteksi untuk mendapatkan jawaban, membuat kita semua setiap hari merasa waspada.

Pentingnya Mendokumentasikan Peninggalan Kitab-kitab Ulama Indonesia

Belum genap 1 bulan dari sekarang Gus Nanal Ainal Fauz meminta saya untuk sekedar menulis kata-kata atas terbitnya kitab beliau, Tsabat Al-Indonisiyi.

Dampak COVID-19, Mahasiswa dan Kampus

Kurangnya efektifitas pengajaran sistem daring yang diberlakukan, teknologi dan jaringan adalah pendukung utama yang perlu diperhatikan

Kuliah Online Upaya Memutus Mata Rantai Penularan COVID-19

Kuliah Online Adalah metode yang dianjurkan oleh pemerintah kepada Perguruan Tinggi (PT) dan instansi pendidikan lainnya. Sebagai upaya untuk memutus mata rantai pencegahan Covid-19

Muslimat NU DKI Jakarta Salurkan Bantuan Presiden RI

PW Muslimat NU DKI Jakarta menyalurkan bantuan bahan pangan sebanyak 1.000 paket kepada pimpinan majlis taklim dan guru agama yang terdampak covid-19

Krisis Eropa Sebabkan 1.500 Benda Budaya di Belanda Kembali ke Indonesia

Repatriasi benda budaya yang selama ini tersimpan di Museum Nusantara di Delft itu harus dilakukan, mengingat sejak tahun 2013 museum yang dibuka sejak 1911 itu terpaksa ditutup karena krisis ekonomi yang melanda di Benua Biru.

Kolaborasi Penanggulangan COVID-19 di Ruang Kuliah

Seperti diketahui bahwa dampak pandemi Covid-19 luar biasa. Hampir memperngaruhi seluruh sektor yang ada, ekonomi apalagi.

Strategi Berlangsungnya Pembelajaran Anak Usia Dini di Tengah Pendemi COVID-19

Di tengah pandemi pelaksanaan pembelajaran harus tetap dilakukan meski di rumah. Karena guru memiliki kurikulum yang harus dicapai. Masa belajar dirumah untuk anak usia dini adalah ketika anak sedang bermain dan menghabiskan waktu dengan orang tuanya.

Melesatkan Ruhani di Tengah Pandemi

Kesempitan dan kefakiran akibat pandemi COVID-19 bisa menjadi jalan untuk melesatkan ruhani kita kepada Allah swt, yang tidak didapatkan kala lain dalam kehidupan kita. Insya Allah, asal ma’rifat, segala sesuatu akan membawa manfaat.

Taat untuk Menjemput Harapan

mari menanamkan tanggung jawab untuk tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga kesehatan orang lain, serta bersatu bahu-membahu untuk memutus mata rantai Covid-19 tersebut, agar pandemi ini berakhir secepat mungkin.

Heroisme KH Mahrus Ali Merampas Kembali Kemerdekaan Indonesia

Al-Maghfurlahu KH. Mahrus Ali Lirboyo Kediri dikenal sebagai ulama pejuang yang pemberani, beliau juga ikut serta Pada Pertempuran 10 Nopember 1945 melawan tentara sekutu di Surabaya.

Muslim Indonesia Pengikut Syafiiyah, Bukan Syafi’i?

Saya perlu segera menyelesaikan tulisan ini sebelum hari raya, nanti tinggal bermaafan. Sebab ceramah ustadz Salafi ini menyalahkan banyak amalan kita meski dalam durasi singkat. Biasanya saya cukup menjawab pakai hp, kali ini saya menulis di senjata kedua yang lebih besar, laptop.

Lebaran Kupat: Budaya Teologis Muslim Indonesia

Tradisi lebaran di beberapa daerah Indonesia masing-masing mempunyai ciri khas sendiri dan bermacam-macam cara untuk menyambut kemenangan Hari Raya Idul Fitri,

Arus Gelisah Masyarakat Terhadap Rencana Pelonggaran PSBB

Setelah dua bulan lebih menjalankan segala aktifitas di rumah, kemudian diadakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai Covid-19. Sekarang sudah mulai ada pembahasan perencanaan pelonggaran PSBB

Perekonomian, Menusuk Rakyat Kecil?

Perekonomian saat ini dititik paling lemah khususnya yang dirasakan masyarakat level rendah.

Telkom Bagikan Robot Disinfeksi pada Gugus Tugas Covid-19

Dalam rangka meminimalisir risiko penularan virus pada tenaga medis, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyerahkan bantuan Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (28/5).

Peran Milenial Menjaga Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara dimana di dalamnya mengandung arti yang begitu luas, sehingga pancasila  dijadikan pedoman serta landasan hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ngawur dalam Memetik Hikmah dari Wabah Virus Corona

Mengambil hikmah di balik bencana, menjadi tabiat orang-orang yang berakal. Karena setiap bencana adalah ayat (sign/code) bagi masing-masing individu. Hikmah apa yang didapat, tergantung kondisi ruhani seseorang dengan Allah swt.

Tips Mempermudah Bekerja dari Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar membuat aktivitas sehari-hari harus dilakukan dari rumah, baik belajar, beribadah dan bekerja semua dilakukan dari Rumah atau work from home ( WFH),

Pemilik Perusahaan Film Pertama di Indonesia adalah Orang NU, H Djamaluddin Malik

Tanggal 8 Juni, 30 tahun lalu, Djamaluddin Malik wafat di Jerman, karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

Khutbah Jumat: Corona sebagai Sarana untuk Mengistirahatkan dari Urusan Dunia

Hidup memang sebuah pengorbanan dan perjuangan. Berjuang dan berkorban adalah sesuatu yang melelahkan dan memberatkan, dan ketika lelah tentu butuh ketenangan dan istirahat. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan ini semua.

Biografi KH. Mahfudz Ridwan

KH. Mahfudz Ridwan Ulama Nahdlatul Ulama Gedangan Kab. Semarang Jawa Tengah

Tips Menghadapi New Normal, Supaya Tubuh Lebih Prima

Dibutuhkan stamina yang prima dan sehat untuk menerapkan kebijakan ini, agar aktivitas tidak terganggu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan

Tragedi Utsman: Dari Hoax ke People Power

Ide anti pemerintah, anti otoritas yang sah dan anti konstitusi, ide kuno yang dalam sejarah Islam pertama kali muncul ketika Dzul Khuwaisirah ketika protes atas pembagian harta emas yang dikirim Ali bin Abi Thalib dari Yaman yang dilakukan Rasulullah Saw.

Humor Gus Dur: Presiden Amerika tidak Baca Buku

Mana mungkin Presiden Amerika baca buku. Kalau dia baca buku berarti kelihatan dia nggak punya kerjaan.

Pesantren Tebuireng Keluarkan Maklumat Terkait Perkembangan Penanganan COVID-19

Maklumat yang berisi tujuh butir pandangan pesantren yang didirikan Hadlratus Syaikh KHM Hasyim Asy’ari itu ditandatangani oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin

Tanggapi Pidato Jokowi tentang Kinerja Menteri, GP Ansor Jawa Timur: Reshuffle Menag!

Presiden Jokowi terlihat sangat tidak puas dengan kinerja Kementrian dan Lembaga Negara dalam 3 bulan masa pandemik Covid-19. Hal itu disampaikan pada rapat kabinet

Gus Mus: Kita Bukan Orang Islam yang Kebetulan Ada di Indonesia

Kita adalah orang Indonesia yang beragama Islam, bukan orang Islam yang kebetulan ada di Indonesia. (Kiai Mustofa Bisri)

Satgas NU Peduli Covid-19 Bersama Unicef Galakkan Car of Covid-19 di Pasar

Koordinator Satgas NU Peduli Covid-19 Jakarta Timur, Ahda Zikri Robbanie mengatakan bahwa sebelumnya juga sudah dilakukan pada beberapa pasar tradisional di wilayah Jakarta Timur, seperti di pasar Cibubur, Ciracas, Impres Kramat Jati

Bersyukur karena Banyaknya Ulama dan Dokter di Negeri Ini

Kita patut bersyukur alhamdulillah karena negara Indonesia terdapat banyak ulama dan kiai yang memiliki keahlian di bidang agama dan dokter yang memiliki keahlian di bidang medis.

Khutbah Jumat: Surat Yasin di Tengah Pandemi COVID-19

Dampaknya ketakutan, kepanikan, kecemasan, dan kegelisahan terjadi terhadap fenomena tersebut. Surah Yasin merupakan salah satu jawaban untuk menghilangkan implikasi dari kejadian global tersebut.

Majelis Dzikir Tasbih Indonesia Semarang

Majelis Dzikir Tasbih Indonesia Semarang Jawa Tengah

Santri Goes To Papua: Rangkaian Perayaan HUT RI yang ke 75 di Kurwato

Tanggal 17 bulan Agustus adalah tanggal dimana seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya.

PCNU Malang Gelar Diskusi Penguatan Peran Tokoh Agama

Di samping fokus pada program yang sudah disusun oleh lembaga masing-masing, peran stakeholder kunci yang ditugaskan di lembaga tersebut juga penting untuk koordinasi, komunikasi, dan sinergi dengan pemberi amanah tugas, yaitu PCNU kota Malang.

Konbes NU 2020, Wapres RI Sampaikan 3 Tantangan NU ke Depan

Dalam pidato amanah pada Konbes NU 2020 tersebut, KH Ma’ruf Amin memaparkan bahwa di satu sisi NU perlu bangga karena telah menjadi organisasi pioner yang mampu meletakkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan menjadi satu tarikan nafas dalam dakwah dan perjuangan.

Indonesia Berhak Bangga Berkat 2 Ulama Ahli Tafsir Ini

Berkat 2 kiai muda ini, Indonesia berhak untuk berbangga dan bersyukur, karena jarang orang tahu prestasi dan karya-karya kedua orang ini banyak dilirik oleh Dunia Internasional.

KH. Yahya Cholil Staquf: Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Telah Disepakati Dalam Resolusi Internasional

Komite Eksekutif CDI menyepakati dan menerima secara aklamsi semboyan Negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika sebagai resolusi Internasional.

Gus Baha: Kadang Masalah Itu Hanya Perlu Dibiarkan

Gus Baha menegaskan bahwa terkadang masalah itu sebaiknya hanya perlu dibiarkan saja, karena nanti akan berpotensi menimbulkan masalah baru. Sebab, masalah yang ada tersebut terkadang hanya bagian dari sunnatullah sehingga tidak perlu semua masalah harus diselesaikan yang kemudian hanya menimbulkan permasalahan baru.

Khutbah Jumat: Memahami Kontroversi Vaksin Corona dengan Pendekatan Literasi Islam

MUI sudah memberikan fatwa dalam hal ini. Fatwa MUI tersebut diketahui mendapat banyak pertanyaan mengenai argumentasi fatwa yang membolehkan vaksin berasal dari kandungan babi tersebut karena darurat.

Kisah Gus Miek Saat Ditanya Gus Dur Tentang Kondisi Indonesia

Suatu hari, disela pengumpulan informasi dan penggalangan menjelang satu keputusan politik penting, Gus Dur menyempatkan diri mendatangi Gus Miek yang sedang maraton sema'an MANTAB. Gus Dur menanyakan kondisi Indonesia.

Biografi KH. ‘Athourrohman Hisyam

KH. ‘Athourrohman Hisyam adalah pengasuh Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy. Beliau juga merupakan Ulama NU.

Kisah Lucu dari Papua = Kisah Kita Sendiri

Ada sebuah desa di pelosok Papua yang penghasilan utamanya adalah pisang. Banyak sekali pisang enak yang dihasilkan dari tanah subur di desa itu. Selain manis, besar-besar, dan konon khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan.

Habib Abdullah bin Muhammad Baharun: Tanpa NU, Indonesia Mungkin Sudah Hancur

NU bukan hal baru lagi bagi saya. Sudah sejak lama saya berhubungan dengan NU. NU menjadi benteng utama dalam merawat dan menguatkan paham Ahlussunnah wal Jamaah. Sudah sejak lama, bahkan mulai masa penjajahan, NU sudah ada untuk menyebarkan paham tersebut. Keberadaan negara Indonesia yang penuh dengan keberagaman mampu dipertahankan oleh NU.

Biografi KH. Fu'ad Mun'im Djazuli, Pendiri Pondok Pesantren Nurul Falah Ploso

KH. Fuad Mun’im Dzajuli adalah pendiri Pondok Pesantren Nurul Falah Ploso. Beliau juga merupakan Ulama NU.

Khutbah Jum’at: Menjadi Pemimpin Ideal dalam Prespektif Sifat Wajib Rasul

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah

Khutbah Jum’at: Peran Akhlak dan Etika dalam Berbangsa dan Bernegara

Secara bahasa Akhlak atau budi pekerti disamakan dengan kata “Moral” atau “Ethic”, yang sama-sama berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Mores” dan “Ethicos”, yang bermakna adat kebiasaan

Mengenal Kredit Sindikasi

Kredit sindikasi atau “Syndicated Loan” merupakan suatu pinjaman yang diberikan oleh beberapa kreditur sindikasi, yang biasanya terdiri dari bank-bank dan/ atau lembaga–lembaga keuangan lainnya kepada seorang debitur, yang biasanya berbentuk badan hukum untuk membiayai satu atau beberapa proyek (pembangunan gedung atau pabrik) milik debitur.

Laksanakan Pengabdian Masyarakat, UMI Gagas Program Masjid Pintar

Diadakannya kegiatan tersebut adalah sebagai upaya Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) membantu masyarakat dalam mengembangkan, membina masyarakat melalui program Masjid pintar.

Dampak Turunnya Suku Bunga terhadap Kredit Perbankan

Pada tahun 2020, tepatnya di bulan Januari lalu, suku bunga mengalami kenaikan sebesar 5,00%. Namun, pada bulan November, suku bungaya turun menjadi 3,75%. Dengan ini, suku bunga yang dicanangkan Bank Indonesia (BI) mengalami penurunan.

Khutbah Jum’at: Optimisme dan Berbaik Sangka Kepada Allah dan Orang lain di tengah Musibah

Kemajuan IPTEK dengan segala ragamnya ternyata tidak berhasil mengangkat harkat dan martabat manusia secara hakiki, yang terjadi justru sebaliknya, banyak terjadi kegelisahan-kegelisahan dan tidak bermaknanya kehidupan serta hampanya nilai spiritual.

Memahami Fungsi dan Penentuan BI Rate

Seringkali kita mendengar kata-kata seperti ini: “Mumpung BI Rate turun, ini waktu yang pas untuk kredit rumah karena KPR-nya pasti murah”.

Kisah Saat Gus Dur Mengutus Tim Ekonomi Indonesia Temui Bill Clinton

Ketika Gus Dur menjadi Presiden RI, beliau mengirim tim ekonominya ke AS untuk bertemu dan meminta pandangan Presiden Bill Clinton tentang ekonomi Indonesia yang saat itu sedang didera krisis.

Manhaj Penetapan Fatwa Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia

Menurut KH. Ma’ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (2015-2020), salah satu syarat untuk berijtihad atau menetapkan fatwa adalah harus memenuhi metodologi atau manhaj. Menetapkan fatwa tanpa manhaj, dilarang oleh agama.

Geliat Bank Syariah Mendongkrak Asuransi di Indonesia

Industri asuransi Syariah di Indonesia diminta lebih aktif dan inovatif dalam kemajuan asuransi di Indonesia guna mengembangkan ekonomi di masyarakat. Sektor keuangan syariah diklaim memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan konvensional selama pandemi Covid-19.

Sayyid Ini Memilih NU dan Indonesia Meski Ayahnya Warga Negara Arab

Adalah Mahmud Al-Ahdal, seorang sayyid yang lebih memilih menjadi NU dan tinggal di Indonesia meskipun ayahnya, Habib Muhammad bin Ibrahim Al-Ahdal, memiliki kewarganegaraan Arab.

4 Alasan Mengapa Bank Syariah Didirikan di Indonesia

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan landasan alquran dan adis nabi SAW.

Peran Bank Syari’ah dalam Kemajuan Ekonomi Indonesia

Peranan perbankan sangat mempengaruhi kegiatan ekonomi suatu negara. Bank dapat dikatakan sebagai darahnya perekonomian suatu negara. Oleh karena itu kemajuan suatu bank di suatu negara dapat pula dijadikan ukuran kemajuan negara yang bersangkutan.

Hasil Riset IPK Indonesia: Pemerintah Diminta Tunda Pembelajaran Tatap Muka

Ikatan Psikologi Klinis Indonesia atau IPK Indonesia menyelenggarakan penelitian tentang Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19.

Memahami Nilai Tukar Valuta Asing Indonesia

Indonesia adalah negeri yang kaya, namun pada umumnya memerlukan bantuan dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan akan suatu jenis barang.

Penulis Terkenal Asal AS Ini Melihat Keindahan Islam Usai Bertemu Muslimah di Indonesia

Seorang penulis terkenal asal Amerika Serikat (AS), Elizabeth Gilbert mengungkapkan pengamalan yang tidak akan pernah terlupakan dalam hidupnya ketika berada di Indonesia.

Desa Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Jawa Tengah

Indonesia adalah negara dengan ribuan desa. Menurut data wilayah administrasi, disebutkan bahwa jumlah desa yang ada di Indonesia tercatat kurang lebih sebanyak 74.910 desa.

KH. Ma’ruf Amin: Babak Baru Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia

Artikel ini adalah tulisan KH. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI) tentang babak baru ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Selamat membaca.

Rawat Toleransi Agama, Jaringan Alumni Belanda Gelar Program Orange Talk

Jaringan Alumni Belanda di Indonesia (NL Alumni Network Indonesia) menggelar program Series #3 Orange Talk dengan tema ‘Religious-Based Populism: A Challenge to Maintain Religious-Pluralism And Peace Security In Indonesia’

Undangan Webinar For Youngsters Sesi: 2/10

Readiness of Young Generation for Industry 4.0, Sesi: 2/10 Silakan registrasi di: https://www.laduni.id/pelatihan.html

Cara Benar Mencintai Produk Dalam Negeri Menurut Sosiolog

Nah, himbauan untuk cinta produk dalam negeri (mendorong tumbuhnya pilihan emosional?) agaknya akan berhadapan dengan perilaku pembeli yang didasarkan pada pilihan rasional.

Dosen PMII Gelar Muktamar Pemikiran Menyongsong Indonesia Emas 2045

Bangsa Indonesia menyambut bonus demografi berupa generasi emas (golden generation) pada 2045 mendatang.

Peradaban Berkembang Cepat, Sarjana Indonesia Bisa Apa?

Tidak diragukan lagi, tugas sarjanawan muda dan berkualitas, mau membawa Indonesia ke mana? Tradisi akan diracik seperti apa?

Bimbang di Antara Dua Pilihan: Dia Atau Orang Tua

Saya punya pacar, tetapi orang tua saya gak setuju. Memang sebelumnya saya gak pernah bilang sama orang tua, kalau saya punya pacar dia

Khutbah Jumat: Makna Hakiki Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

Konteks pandemi COVID-19 puasa bisa menahan diri dan mengendalikan nafsu dari segala perbuatan yang selama ini diperbolehkan untuk dilaksanakan/dilakukan

Khutbah Jumat: Perempuan dan Hakikat Emansipasinya

Hakikat perempuan pada dasarnya sebagai pelengkap dan penghias tidak menjadikan dia berada di posisi yang rendah.

Penguatan Literasi Moderasi Islam Melalui Khotib Jum’at

Wadah Silaturrahim Khotib Indonesia (WASATHI) mengadakan Workshop Khotib Moderat 2021 dengan tema, “Penguatan Literasi Moderasi Islam Melalui Khotib Jum’at”.

Generasi Sandwich: Apa dan Bagaimana Menyikapinya?

Saya penasaran, sebenarnya itu fenomena apa sih Pak? dengan adanya generasi sandwich

Indonesia dan Sejumlah Negara Mengutuk Aksi Polisi Israel Terhadap Warga Palestina

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengutuk aksi polisi Israel dalam proses penggusuran paksa warga Palestina dari lingkungan Syekh Jarrah, di Yerusalem Timur.

Perangko Indonesia Tahun 1978 Bernilai 100 Rupiah, Bergambar Qubbatus Sakhra'

Perangko Indonesia tahun 1978 bernilai 100 Rupiah, bergambar Qubbatus Sakhra' sebagai ikon Masjid Al-Aqsha dan bertuliskan kalimat dukungan untuk Palestina, "Untuk kesejahteraan keluarga para syuhada' dan pejuang kemerdekaan Palestina".

Khutbah Jumat: Faedah Silaturrahim

Siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturrahim

Menlu RI, Minta PBB Lakukan Tiga Langkah Hentikan Kekerasan di Palestina

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi meminta kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera bertindak menghentikan agresi Israel terhadap Palestina. 

Wajah Idul Fitri di Indonesia

Selain itu dalam hari raya Idul Fitri juga terdapat makanan khas yakni kupat dan lepet yang terbungkus dari janur berwarna kuning. Makanan ini biasa disajikan di saat-saat berkumpul bersama keluarga. Namun di balik itu terdapat filosofi menarik dari kuliner khas tersebut.

Menyikapi Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia

Laduni.ID Jakarta - Setelah Pemerintah Indonesia resmi mengumumkan tahun ini tidak memberangkatkan jamaah haji seperti tahun lalu, berbagai reaksi bermunculan.

Habib Luthfi bin Yahya: Sikap Cinta Tanah Air Harus Dibangun di Semua Lini

Dalam berbagai kesempatan Maulana Habib Luthfi bin Yahya tak henti-hentinya menitipkan pesan yang sangat penting bagi penerus bangsa Indonesia perihal Pancasila, Nasionalisme, Merah-Putih, Cinta Tanah Air, dan NKRI. Berikut adalah diantara pesan-pesan beliau:

Dubes Mesir Beri Undangan KH Miftachul Akhyar Menjadi Pembicara di Darul Ifta'

Ashraf Sultan berharap Kyai Miftachul Akhyar dapat menjadi satu diantara pembicara dalam kegiatan Konferensi Internasional di Kairo, Mesir yang rencananya akan dilangsungkan pada 2-3 Agustus 2021 mendatang.

Tips Kyai Cholil Nafis Jalani Isolasi Mandiri

Apa yang dikatakan Ibnu Sina saya merasakan. Bahwa: Cemas itu menimbulkan penyakit. Tenang itu merupakan obat. Kesabaran adalah awal dari kesembuhan. Makanya optimis dan harapan baik akan segera berlalunya penyakit akan lebih membantu cepat menyembuhkan

Potongan Rambut dan Potongan Pikiran

Menjadi berdikari dalam bersikap atau bahkan menjadi “adil sejak dalam pikiran” seperti ujaran terkenal dari Pramoedya Ananta Toer itu, terkadang bisa dilihat dan dimulai dari hal yang sangat sederhana. Ya, bisa dimulai dari hal yang sangat sepele sekali seperti pemilihan gaya rambut.

Gus Nadir: Tak Lagikah Kita Mengingat bahwa Kita Adalah Indonesia

Dimana Bhineka Tunggal Ika? Dimana Rambate Rata Hayo? Di mana hilangnya pribahasa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Sudah bergeser jauhkah sistem budaya kerja sama dan saling menolong, dan sekarang saling melolong.

Di Konferensi Fatwa Internasional Kairo, Ketum MUI Ingatkan Peran Penting Ulama

Semua manusia dalam keadaan mabuk, kecuali para ulama. Dan para ulama pun dalam keadaan bingung, kecuali mereka yang mengamalkan ilmunya

Kesaksian Tentara Belanda Kala Menghadapi Prajurit Indonesia

Banyak prajurit dari negara sekutu memberikan kesaksian terhadap perjuangan prajurit dalam merebut dan mempertahankan Indonesia. Mereka bersaksi bahwa pejuang Indonesia adalah musuh yang sangat sulit untuk dihadapi, para pejuang Indonesia lebih baik mati terhormat dari pada hidup dalam penghianatan.

Nusantara, Ibu Kandung Bangsa Indonesia

Ibu kandung bernama tanah air Nusantara ini, baginya harga diri, baginya keistimewaan, baginya kemuliaan dan baginya jiwa raga kita.

Khutbah Jumat: Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan

Nikmat dan karunia Allah yang diberikan kepada manusia amat luas, seperti nikmat iman, kesehatan, rizki dan berbagai nikmat lain yang tidak mungkin dapat dihitung secara matematis

Apa yang Sudah Kita Berikan untuk Indonesia?

Pertanyaan sekaligus judul tulisan ini hendak menanyakan kembali pada diri kita, tentang sikap dan komitmen kebangsaan kita? Sehubungan dengan momentum perayaan dan peringatan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia kali ini. Menjadi tanda tanya besar ketika sikap kecintaan, sikap kebanggaan, dan sikap menjaganya hanya sekedar simbolik

Singgung Pihak yang Tercuci Otaknya, Ustadz Arrazy Hasyim: Bersyukur Hidup Di Negeri Kita ini

Dalam salah satu tausiyahnya, Ustadz Arrazy Hasyim mengajak para jamaah untuk mensyukuri hidup di Indonesia. “Dan Negeri kita termasuk negeri paling bebas untuk berbicara, meskipun beberapa orang memframing negeri kita ini sudah komunis, enggak,” ujar Ustadz Arrazy Hasyim

Cukup Indonesia, untuk Apa Ada Negara Idaman Lain

Menginginkan hidup dalam suatu negara yang adil, makmur dan sejahtera merupakan naluri setiap warga negara. Suatu negara dibentuk memang untuk tujuan tersebut

Radikalisme dengan Terorisme Ibarat Software dan Hardware

Radikalisme dalam konteks politik bertolak belakang dengan berpikir radikal dalam filsafat dan sains. Radikalisme adalah ideologi tertutup yang kebenarannya dianggap final sehingga tidak boleh diuji, dikonfirmasi, dievaluasi dan direvisi. Radikalisme tidak berkomitmen terhadap kebenaran

Indonesia adalah Bhineka dan Bhineka adalah Indonesia

Indonesia adalah Negara dengan "sejuta" keragaman yang menyebar di lebih dari 17.000 pulau. Di dalamnya ada lebih dari 1.300 suku bangsa yang berkomunikasi dengan ratusan bahasa dan dialek, ada puluhan agama, ratusan keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sebutan yang berbeda-beda

Ma’rifat Sosial dan Perwujudan Keadilan

Menyimak diskusi kawan-kawan aktivis, terutama terkait isu-isu sosial dan politik. Ada yang saya pahami bahwa negara yang bersistem demokrasi ini, dengan tujuan utamanya adalah keadilan sosial dan kemakmuran rakyat

Membangun Citra Baik Perbankan Syariah

Diketahui bahwa masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, sehingga kemungkinan banyak masyarakat Indonesia menabung di bank syariah. Tapi kenyataannya, masyarakat Indonesia lebih banyak menabung di bank konvensional

Hubbul Wathon Minal Iman adalah Hadis? Berikut Penjelasan Ustaz Ma’ruf Khozin

Nahdlatul Ulama (NU) selalu mengkampanyekan slogan “Hubbul Wathon minal Iman”, slogan yang sejak tahun 1914 telah dijadikan komitmen oleh seluruh ulama Nusantara.

Bank Indonesia Sebagai Instrumen Kebangkitan Ekonomi Nasional

Seperti yang kita ketahui Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam sektor keuangan, dalam artian bank juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional

Tertarik dengan Islam Nusantara, 2 Mahasiswa Asal Tunisia Gabung di Fakultas Islam Nusantara UNUSIA

Hari ini, Jumat (17/12/2021), Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) kehadiran tamu istimewa, yaitu dua mahasiswa asal Universitas Zaitunnah, Tunisia

Moderasi Beragama, Jalan Besar Kemajuan Bangsa

Ingin sekali, menjalin persahabatan dan persaudaraan dengan berbagai kalangan, suku dan agama yang berbeda-beda, yang sudah lama hidup di bumi negeri ini

Khutbah Jumat: Meneguhkan kembali Tali di Lambang NU yang Longgar

Kelahiran NU tidak dapat dilepaskan dari konteks perjuangan umat Islam. Kelahiran NU sebagai organisasi kemasyarakat sarat dengan perjuangan baik dalam skala global maupun nasional.

Merangkul Kaum Marhaen

Kita terlalu sibuk dengan urusan politik, soal ekonomi dalam negeri, persoalan radikalisme, intoleransi bahkan sibuk memperhatikan ujaran kebencian antar satu dengan lainnya

Mentradisikan Budaya, Melanggengkan Indonesia

Pemerintah Indonesia sudah harus tegas melumpuhkan pontensi intoleransi dan radikalisme, juga potensi perusak budaya Nusantara.

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh Agama: Gus Dur dan Keberagaman

Pada pertemuan tokoh lintas agama, saya bercerita tentang satu fragmen hidup Gus Dur ketika masih kecil dan masih bersama kakeknya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari di Pesantren Tebuireng Jombang

Ini Alasan Tidak Ada Hukum Rajam di Mayoritas Negara Islam

Pernahkah kalian menyadari, bahwa di mayoritas negara Islam jarang sekali didapati hukum rajam bagi pelaku zina. Di Indonesia sendiri, tepatnya Aceh, hukum rajam tidak diberlakukan

Biography of Sheikh Imam Nawawi al-Bantani

Sheikh Imam Nawawi al-Bantani is Ulama from Banten

Moto GP Mandalika dan Brand Indonesia

Hari Minggu lalu, pandangan mata publik dunia tertuju pada Mandalika, tempat berlangsungnya perhelatan balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP

Fenomena Beragama Masyarakat Indonesia

Apakah kondisi kehidupan umat beragama di Indonesia saat ini sedang baik-baik saja? Jawabannya tentu tidak mudah, saya akan menggambarkan dalam cerita seperti ini

Biografi Syaikh Ismail Az-Zain Al-Yamani Al-Makky

Syaikh Ismail Az-Zain Al-Yamani Al-Makky beliau adalah ulama dari Yaman dan menjadi pengajar di Madrasah as-Solatiyyah al-Hindiyyah, Mekkah.

Khutbah Jumat: Jangan Kendor, Syawal Bulan Peningkatan

Syawal ini agar amalan ibadah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan lalu menjadikan umat Islam sebagai pribadi yang lebih meningkat takwanya,

Biografi Abuya Ahmad Widara Cidodol

Abuya Ahmad Widara Cidodol beliau adalah ulama kharismatik dari Lebak Banten, pendiri pesantren Riyadhul Mubarakah

Pesantren Daarul Amni Indonesia, Kulon Progo

Pesantren Daarul Amni Indonesia merupakan pesantren semi modern yang memadukan  pesantren diniyah salafiyah wirausaha pariwisata dan perhotelan syari'ah, kurikulum mandiri dan berbasis pelatihan. Bangunan Pondok pesantren sangat artistik memadukan konsep alam dan interior yang modern untuk menunjang kegiatan para santri.

Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 32: Optimisme dan Berbaik Sangka Kepada Allah di Tengah Musibah

Optimistis adalah suatu sikap yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal. Optimis adalah lawan kata dari putus asa

Khutbah Jumat: Kejujuran dan Kesabaran Ulama Tempo Dulu

Di antara akhlak mulia yang bisa kita contoh dari ulama salaf adalah kesungguhan mereka dalam menjaga konsumsi makanan

Toleransi Umat Beragama: Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

Untuk menyongsong Indonesia emas 2045, salah satu kunci agar tujuan itu bisa tercapai yaitu dengan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Sejarah Wayang di Indonesia

Wayang  yang  kita  lihat  sekarang ini berbeda dengan wayang pada masa lalu, begitu pula wayang di masa depan akan berubah sesuai zamannya. Tidak ada sesuatu seni budaya yang mandeg atau berhenti. Seni budaya akan selalu berubah dan berkembang, namun perubahan seni budaya wayang ini tidak berpengaruh terhadap jati dirinya. karena wayang telah memiliki landasan yang kokoh.

Sejarah Bendera Merah Putih Indonesia

Dari dahulu kala kita sudah sering melihat bendera merah putih dikibarkan saat upacara di sekolah, upacara peringatan kemerdekaan, peringatan hari besar negara, hingga event olahraga. Meski begitu, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sejarah bendera merah putih yang sebenarnya, apa arti dibalik warnanya dan bagaimana kedudukannya.

Serial Suku Nusantara: Suku Dayak Abal

Salah satu Sub Suku Dayak yang sudah dianggap punah adalah Dayak Abal. Suku Dayak ini berada di wilayah Kalimantan Selatan, kebanyakan kelompok orang Dayak Abal ini berdiam di desa Halong Dalam, desa Agong, dan desa Suput.

Serial Suku Nusantara : Suku Abui Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara, adalah salah satu dari beberapa provinsi di Indonesia yang masih menyimpan kekayaan budaya dari suku-sukunya. Salah satunya, yakni Suku Abui. Suku Abui merupakan suku yang mendiami wilayah Pulau Alor di Nusa Tenggara Timur. Tepatnya desa Takpala, Alor.

Serial Suku Nusantara: Suku Abung (Abung Bunga Mayang), Sumatera Selatan

Suku Abung merupakan bagian asli dari suku Lampung. Suku Abung tersebar di Sebelah utara berbatasan dengan Sungkai dan Way Kanan, sebelah barat berbatasan dengan daerah Lampung Barat, sebelah selatannya berbatasan dengan Lampung Selatan, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Jawa. Mayoritas masyarakat Abung memeluk agama Islam. Suku Abung sering disebut juga Abung Bunga Mayang.

Biografi Imam Wajihuddin Abdur Rahman Ad-Diba’i, Pengarang Maulid Ad-Diba’i

"Wahai orang Yaman, masuklah ke Surga Allah" dan orang-orang bertanya: "Mengapa orang Yaman masuk Surga?" kemudian dijawab: karena mereka sering membaca Surat Al-Fatihah.

Biografi Teungku Fakinah: Ulama Perempuan Pendiri Dayah (Pesantren) dan Panglima Perang Aceh

Teungku Fakinah meninggal pada tanggal 8 Ramadhan 1359 H atau tahun 1938 M di Kampung Beuha Mukim Lam Krak pada usia 75 tahun.

Biografi Hj. Rangkayo Rasuna Said

Dalam sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia, selalu ada peran wanita di dalamnya. Salah satu wanita tersebut adalah Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau biasa disingkat H.R Rasuna Said. Seorang perempuan pemberani yang tak hanya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, tetapi juga berjuang demi pemberdayaan perempuan.

Biografi Nyai Hj. Siti Suryani Thahir, Pendiri Majelis Ta’lim Khusus Kaum Ibu di Jakarta

Nyai Hj. Siti Suryani Thahir merupakan seorang Ulama perempuan asal Betawi yang mendirikan sebuah majelis taklim khusus ibu-ibu, di Jakarta. Yakni Majelis Taklim Kaum Ibu Attahiriyah (MTKIA). Beliau melakukan pemberdayaan perempuan, khususnya kaum ibu, untuk mengembangkan pengetahuan keagamaan. 

Info Harian Laduni: 2 November 2023

Bertepatan dengan tanggal 1 November ini menjadi momentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian Hj. Rangkayo Rasuna Said. H.R. Rasuna Said meninggal di Jakarta pada 2 November 1965. Jenazah beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Biografi KH. Ma'shum Blora, Pendiri Cabang NU Pertama di Indonesia

KH. Ma'shum bin Syamsuddin mungkin tidak begitu familiar di masyarakat luas. Namun Mbah Ma'shum bukan orang sembarangan, beliau merupakan sosok Kyai pertama yang mendirikan cabang Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia.

Mau Dibawa Kemanakah Indonesia di Masa Depan?

Para sesepuh bangsa, para founding fathers bangsa ini sudah tidak ada semua, mereka sudah dipanggil Yang Maha Kuasa dan kini mereka mungkin sedang khawatir dengan nasib kita semua ini, para ahli warisnya.

Biografi Sayyid Jalaluddin Al-Aidid, Penyebar Islam di Indonesia Timur

Setelah Kedatangan Datuk ri Bandang dan Datuk ri Tiro sebagai penyebar agama Islam pertama di Makassar, kemudian dilanjutkan oleh Sayyid Jalaluddin Al-‘Aidid dan Sayyid Ba’alawi. Kedatangan beliau ini cukup memberi pengaruh pada perkembangan Islam di Makassar, Banjarmasin, dan Bima.

Menampilkan 1 - 10 dari 657