Artikel Keagamaan

 

Kisah Nabi Syam'un alias "Samson" Ghozi AS dan Lailatul Qadar.

Kisah ini berasal dari cerita Nabi Muhammad SAW yang menceritakan tentang seorang Nabi yang hidup di zaman Romawi, yang bernama Sam'un Ghozi AS. Beliau adalah Nabi dari kalangan Bani Israil, yang juga merupakan hakim ketiga terakhir pada zaman Israel kuno. Kisah tentang 1000 bulan, berawal dari seorang Nabiyullah yang bernama Nabi Syam’un al-Ghazi AS.

Mengenal Perempuan Sufi: Rabi'ah Al 'Adawiyah. Bagian Kesembilan (9)

Memang ada pula kabar bahwa Rabi’ah pernah menikah dengan seorang laki-laki. Ini boleh jadi benar. Akan tetapi Rabi’ah yang manakah yang dikabarkan menikah tersebut?. Banyak tokoh perempuan yang juga bernama Rabi’ah.

Saat Buraq Menangis Karena Kerinduan Kepada Rasulullah

Suatu ketika, Allah SWT memerintahkan Jibril AS untuk pergi surga yang disebut Jannat al-Buraq--surga tempat bermukim para Buraq. Perintah Allah kepada Jibril AS, agar membawa satu Buraq untuk membawa Rasulullah Muhammad SAW dalam perjalanan Isra-Mi'raj.

Tentang Hadis Tasyabbuh (Menyerupai)

“Barangsiapa menyerupai satu kaum, maka ia bagian dari kaum itu.” Hadis ini sangat populer. Tidak sedikit muslim yang menjadikannya sebagai dalil untuk “mengkafirkan” orang lain yang menyerupai kegiatan atau tradisi orang-orang non-muslim.

Belajar Dari Imam Junaid Al- Baghdadi

Orang yang disebut sufi dan ahli makrifat itu bukan orang yang merasa dekat kepada Allah lalu malas menjalankan syariat dan kehidupan sehari-hari layaknya orang normal yang bekerja dan berusaha.

Ketika Keluarga Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki Dirindukan Rasulullah

Suatu ketika, As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki atau akrab dipanggil Abuya Sayyid Muhammad berencana pergi ke Madinah untuk berziarah ke makam Rasulullah Muhammad SAW. Rencananya juga ingin mengajak serta istri dan putra-putrinya berziarah ke leluhurnya di Madinah. Keinginan itu juga diutarakan oleh Abuya Sayyid Muhammad kepada keluarganya.

Mengenal Perempuan Sufi: Rabi'ah Al 'Adawiyah. Bagian Kedelapan (8)

Cinta kepada Tuhan adalah puncak dari seluruh perjalanan hidup para pencari Tuhan. Ia bukan hanya milik Rabi’ah, melainkan juga milik para sufi besar lain, seperti Husein Manshur al-Hallaj, Ibnu Arabi, Maulana Jalal al-Din Rumi dan lain-lain.

Gereja Kuno Tempat Bertemunya Rasulullah dengan Pendeta Buhaira yang Mengetahui Tanda Kenabian Rasul

Gereja kuno di kota Busra ini adalah tempat Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bertemu Pendeta Buhaira yang mengetahui tanda tanda Kenabian pada diri Rasulullah. Rasulullah yang saat itu masih berusia 12 tahun, dibawa pamannya, Abu Thalib berdagang ke negeri Syam.

Cerai, Ayah Harus Bertanggung Jawab Menafkahi Anaknya

Anak laki laki menjadi tanggung jawab ayahnya sampai dia baligh.(bisa mencari nafkah sendiri). Anak perempuan menjadi tanggung jawab ayahnya sampai dia menikah dan ketika menikah nafkahnya beralih ke suami, sepenuhnya. Ketika suaminya meninggal atau bercerai, nafkahnya akan dikembalikan kepada ayahnya dan keluarganya yang laki laki.

Mengenal Tradisi Idul Fitri di Berbagai Daerah dan Negara

Islam memiliki tradisi masing-masing dalam merayakan dan  mengisi hari raya Idul Fitri.  Bahkan, di setiap daerah dan Negara, umat Islam memiliki istilah sendiri untuk menyebut Idul Fitri.