Hikmah

 

Sejarah di Balik Nama Alawi dalam Kisah Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki

Konon sejarah di balik penamaan “Alawi” merupakan bisyarah (kabar gembira) dari Al-Quthb Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Atthas, seorang habib agung dan wali besar dari Hadramaut yang pernah bermukim di Haramain.

Kebesaran Hati Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki

Demikianlah, Abuya Sayyid Muhammad Al-Maliki bagi As-Sindi adalah orang yang memiliki kebesaran hati yang sepadan dengan ketinggian ilmunya.

Tanggal 11 Ramadhan, Mengenang Wafatnya Sayyidah Khadijah Al-Kubro

Sayyidah Khadijah binti Khuwailid atau yang juga dikenal dengan Sayyidah Khadijah Al-Kubra r.ha (sekitar 555 - 619 M), merupakan istri pertama Nabi Muhammad SAW.

Memori Indah Rasulullah SAW Bersama Sayyidah Khadijah

Sayyidah Khadijah merupakan istri pertama dari Rasulullah SAW yang sangatlah beliau cintai. Kecintaan Rasulullah SAW sangat dalam kepadanya, hingga kepergian Sayyidah Khadijah pun membuat Rasulullah SAW bersedih, dan bahkan saat itu disebut sebagai “'Amul Huzn” (Tahun Kesedihan)

Allah Memuji Seorang Sahabat yang Menyiapkan Hidangan Buka Puasa untuk Orang Lain

Kisah sahabat yang dipuji oleh Allah SWT di atas menyiratkan makna penting tentang menghormati dan memuliakan tamu. Selain itu, juga mengandung keutamaan dalam memberi makan berbuka bagi orang lain.

Imam Malik bin Anas Menangis saat Berbuka Puasa karena Teringat Rasulullah SAW

Dalam sebuah riwayat disebutkan, bahwa  Al- Imam Malik bin Anas pernah menangis ketika berbuka puasa. Tangisan itu membuatnya tidak sanggup membendung cucuran air matanya yang mengalir membasahi janggutnya. 

Dunia Bukan Tujuan Akhir

Seringkali kita terlalu sibuk mengejar dunia, tanpa memikirkan akhirat yang sebenarnya merupakan tujuan utama kita. Kita lupa bahwa akhirat adalah tempat yang kekal, sedangkan dunia hanyalah tempat sementara yang akan kita tinggalkan suatu hari nanti.

Nasehat Syekh Ramadhan Al-Buthi: Ibadah Bukanlah Segalanya

Syekh Ramadhan Al-Buthi memberikan nasihat yang sangat berharga bagi umat Islam. Salah satu nasehat beliau yang sangat berkesan adalah ketika beliau mengingatkan bahwa ibadah bukanlah segalanya.

Bau Mulut Orang Puasa: Secara Medis dan Spiritual

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau kasturi.

Terlalu Sibuk dengan Dunia

Pernahkah kita membayangkan bagaimana rasanya jika kita sampai meninggal dunia tanpa sempat menunaikan shalat?

Menampilkan 1 - 10 dari 1.986 Hikmah