Biografi Habib Salim bin Abdullah As Syatiri

 
Biografi Habib Salim bin Abdullah As Syatiri
Sumber Gambar: Habib Salim bin Abdullah As Syatiri (foto istimewa)

Daftar Isi Profil Habib Salim bin Abdullah As Syatiri

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Nasab
  5. Rajanya Ilmu
  6. Chart Silsilah Sanad
  7. Referensi

1. Kelahiran

Habib Salim bin Abdullah As Syatiri lahir di Kota Tarim, pada tahun 1357 H, atau sekitar tahun 80-an. ayah beliau bernama Al-Habib Abdullah bin Umardari seorang  yang alim.  Nama asli beliau adalah "Umar" namun karena sakit-sakitan, kemudian al-Habib Abdullah bin Umar berziarah ke Makam Al Imam Abdullah Bin Alawy Al-Haddad. Di sana beliau tertidur dan bermimpi bertemu Imam Al-Haddad yang menyuruhnya untuk mengubah namanya menjadi “Salim” agar selamat dari segala musibah. Itu terbukti karena kelak Habib Salim memang seringkali selamat dari percobaan pembunuhan dan penculikan yang menimpanya.

2. Wafat

Sebelumnya sempat terdengar kabar bahwa beliau sedang sakit, dan pada Sabtu, 17 Februari 2018, Habib Salim bin Abdullah As- Syatiri Wafat dalam usia 80 tahun.

3. Pendidikan

Beliau mengawali pendidikannya dari sang ayah, yakni Habib Abdullah bin Umar As-Syatiri. Selanjutnya ke beberapa ulama besar lainnya, antara lain Habib Alwi Bin Shihab, Habib Muhammad Bin Hafidz (ayah Habib Umar), Habib Ahmad Bin Jakfar Alyadrus.

Habib Salim dikenal sangat cinta terhadap ilmu, hal ini terbukti pada tahun 1376 H. beliau pergi ke Mekkah dan menuntut ilmu dari para ulama disana, antara lain ialah Sayyid Alwi Bin Abbas Al-maliki (ayah Abuya Assayid Muhammad), Syaikh Hasan Massyath, Syaikh Hasan Said Yamani, Syaikh Zaini Boyan Al-Jawi, Syaikh Abdullah Dardum Al-Jawi, Syaikh Yasin Al-Fadani.

Pada tahun 1381 H beliau kembali dari tanah harom lalu mulai mengajar dan berdakwah di kota Aden sampai tahun 1396 H. Di Aden inilah beliau berjuang menghadapi “Al hizb Alisytiraki” partai komunis Yaman yang berkuasa dikala itu. Karena masih saja menyuarakan kebenaran, berkali-kali beliau mengalami percobaan pembunuhan,

Beliau bahkan pernah dengan sengaja ditabrak mobil hingga tulang-tulang kakinya patah. Beliau juga pernah dipenjara selama 9 bulan lebih, di waktu itu beliau berpindah-pindah dari penjara Seiwun, Mukalla dan terakhir di Aden. Semua itu beliau tulis dalam bukunya “Kisah Rencana Pembunuhan Dan Penangkapanku”.

4. Nasab

Habib Abdullah bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Ali bin Husin bin Muhammad bin Ahmad bin Umar bin Alwi Asy-Syathiry bin Al-Fagih Ali bin Al-Qodhi Ahmad bin Muhammad Asaadulloh bin Hasan At-Turobi bin Ali bin Sayyidina Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam muhammad bin Sayyidina Ali bin Sayyidina Al-Imam Muhammad Shohib Marbat bin Sayyidina Al-Imam Kholi Qosam bin Sayyidina Alwi bin Sayyidina Al-Imam Muhammad Shohib As-Shouma’ah bin Sayyidina Al-Imam Alwi Shohib Saml bin Sayyidina Al-Imam Ubaidillah Shohibul Aradh bin Sayyidina Al-Imam Muhajir Ahmad bin Sayyidina Al-Imam Isa Ar-Rumi bin Sayyidina Al- Imam Muhammad An-Naqib bin Sayyidina Al-Imam Ali Al-Uraydhi bin Sayyidina Al-Imam Ja’far As-Shodiq bin Sayyidina Al-Imam Muhammad Al-Baqir bin Sayyidina Al-Imam Ali Zainal Abidin bin Sayyidina Al-Imam As-Syahid Syababul Jannah Sayyidina Al-Husein, bin Fatimah Zahra binti Rasulullah saw.

5. Rajanya Ilmu

Gelar tersebut berawal dari sebuah kisah, bahwa ayah Habib Salim, Habib Abdullah Bin Umar Assyatiri pernah berkata (ketika itu Habib Salim masih Anak-anak), “Anakku Salim, Allah akan memanjangkan umurnya dan ia akan menjadi Sultan dalam urusan ilmu.”

Sang ayah, Habib Abdullah in Umar Assyatiri juga pernah berkata, “Semua anakku adalah wali-wali yang diberkahi, tapi anakku Salim akan mengungguli yang lain baik dalam hal dhohir ataupun batin, Allah akan panjangkan umurnya dan ia akan menjadi seorang ‘Sultan’ (ilmu), beruntunglah orang yang sezaman dengannya”.

Ketika mondok di Sayyid Alwi Almaliki. kala itu Habib Salim membaca Syarah Aljauharull Maknun dihadapan gurunya. Sayyid Alwi lantas berkata kepada Habib Salim, “Engkau akan menjadi ‘Syaikhul Islam’ di negaramu.”

6. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid Habib Salim bin Abdullah As Syatiri dapat dilihat DI SINI.

7. Referensi

https://www.galerikitabkuning.com/2021/01/biografi-habib-salim-bin-abdullah-assyatiri.html


Artikel ini sebelumnya diedit pada tanggal 01 April 2021, dan terakhir diedit pada 24 Agustus2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya