Universitas Ma'arif NU (UMNU) Kebumen

 
Universitas Ma'arif NU (UMNU) Kebumen

PROFIL
Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen merupakan sebuah perguruan tinggi yang secara kelembagaan berada di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama memiliki komitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang rahmatan lil’alamin dan unggul dalam keilmuan dan keislaman. UMNU Kebumen mengusung ’’Kridatama’’ sebagai salah satu lembaga yang akan mengedepankan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Kridatama memiliki empat unsur nilai dasar Pancasila yang saling terkait sekaligus merupakan akronim.

Yakni kritis dalam berpikir, damai dalam pergaulan, taat terhadap hukum dan manusia dalam tindakan yang berdasarkan dan dalam rangka menegakkan nilai nilai Pancasila. UMNU Kebumen membuka sepuluh program studi antara lain : Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Anak Usia Dini, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Pertanian/Agroteknologi, Peternakan, Biologi dan Fisika. Salah satu tujuan didirikannya UMNU ini adalah untuk mencerdaskan warga NU khususnya di kabupaten Kebumen guna membangun bangsa. UMNU akan terus berjuang dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan universitas sehingga para lulusan UMNU nantinya siap bersaing dalam menyongsong masa depan.
Visi Misi dan Tujuan UMNU KEBUMEN
VISI UMNU KEBUMEN
Visi Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen adalah Terwujudnya Universitas yang Rahmatan Lil 'Alamin pada 2040 di Asia Tenggara.
MISI UMNU KEBUMEN
1. Menegakkan empat pilar KRIDATAMA :
a. KRItis dalam pemikiran
b. DAmai dalam pergaulan
c. TAat terhadap hukum
d. MAnusiawi dalam perbuatan
2. Mewujudkan nilai-nilai toleransi, moderat dan keadilan
3. Membina dan mengembangkan ilmu, teknologi dan seni yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan
4. Membina dan mengembangkan tenaga akademik, profesi atau vokasi yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri dibidang pendidikan dan non kependidikan
5. Membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi dan seni
6. Membina dan mengembangkan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan yang optimal dan terintegrasi secara berkesinambungan
7. Membina dan mengembangkan budaya kewirausahaan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
8. Mewujudkan nilai-nilai Islam Nusantara menurut aqidah Ahlussunnaha wal jama’ah yang dikembangkan oleh Nahldatul Ulama
TUJUAN UMNU KEBUMEN
1. Menghasilkan lulusan berkarakter Kridatama
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap toleran, moderat dan adil
3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu, teknologi dan seni
4. Menghasilkan tenaga akademik, profesi atau vokasi yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri dibidang pendidikan dan non kependidikan
5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi dan seni
6. Mewujudkan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan yang optimal dan terintergrasi secara berkesinambungan
7. Mewujudkan budaya kewirausahaan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
8. Mewujudkan nilai-nilai Islam Nusantara menurut aqidah Ahlussunnaha wal jama’ah   yang dikembangkan oleh Nahldatul Ulama. Membentuk peradaban Islam di Indonesia melalui integrasi dengan nilai-nilai Islam Nusantara menurut aqidah Ahlussunnaha wal jama’ah yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama.
PRODI
1. FKIP (PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, PENDIDIKAN OLAH RAGA, PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
2. Teknik (TEKNIK INFORMATIKA, TEKNIK SIPIL)
3. Pertanian/Peternakan (AGROTEKNOLOGI / PERTANIAN, PETERNAKAN)
4. MIPA (BIOLOGI, FISIKA)
Fasilitas
1. Gedung Gedung UMNU Kebumen terdiri dari 3 lantai sebagai tempat perkuliahan maupun kegiatan kampus lainnya yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti lapangan parkir, musholla dan sebagainya.
2. Laboratorium Laboratorium merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan di lingkungan fakultas. Semua program studi di UMNU Kebumen menggunakan fasilitas laboratorium yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dikembangkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Laboratorium yang dimiliki UMNU dapat digunakan oleh semua prodi yang membutuhkannya. Berikut ini adalah macam-macam laboratorium yang akan dikembangkan oleh UMNU:
a. Laboratorium Fakultas Teknik
b. Laboratorium Fakultas MIPA
c. Laboratorium Fakultas Pertanian dan Peternakan
d. Laboratorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari laboratorium micro teaching, pengembangan media pendidikan, dan lembaga pendidikan dari tingkat pra sekolah, tingkat dasar dan tingkat menengah.
e. Laboratorium Bahasa terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras.
3. Perpustakaan Pusat Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, pembinaan dan pengembangan kepustakaan, mengadakan kerjasama antar perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi, dan menyusun laporan kepustakaan. Pusat Perpustakaan dipimpin oleh seorang kepala yang diangkat oleh rektor, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Pusat Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas akademik yang menyediakan sumber-sumber informasi dalam mendukung proses belajar mengajar. Layanan-layanan yang dimiliki Perpustakaan adalah:
a. Menegakkan empat pilar KRIDATAMA : Layanan peminjaman dari pengembalian koleksi secara mandiri.
b. Layanan Perpustakaan Digital Layanan Perpustakaan Digital UMNU Kebumen berisi simpanan kelembagaan (institusional repository) seperti skripsi, tesis, disertasi, makalah dosen, laporan penelitian, pidato rektor, dll.
c. Layanan Bebas Pustaka Bebas pustaka diperlukan bagi mahasiswa yang akan melakukan cuti atau wisuda.
4. Koneksi Internet UMNU Kebumen menyediakan hak akses internet gratis untuk mahasiswa. Wifi Mahasiswa diaktifkan 24 jam penuh non-stop di kampus.
ALAMAT
Jl. Kusuma, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54316 Telp: (0287) 383744
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi  Web: https://umnukebumen.ac.id

   

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.