Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman

Profil
Pesantren Diponegoro terletak di dusun sembego, sebuah dusun yang terletak di arah timur laut dari pusat pemerintahan desa maguwoharjo. Jarak antara dusun Sembego dengan pusat pemerintahan desa maguwoharjo kurang lebih 4,5 km. Dusun sembego sebelah utara perbatasan dengan dusun grogol, selatan dengan dusun pasekan, sebelah barat dengan persawahan sedangkan sebelah timur sudah masuk wilayah kecamatan kalasan. Pondok pesantren diponegoro dididrikan pada tahun 1997, atas inisiatif Drs. K.H.M. Syakir Ali, M.Si.

Seorang ulama yang berasal dari Blitar yang berdomisili di Yogyakarta tepatnya didusun sembego,Desa maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman. Beliau merupakan seorang dosen pada Universitas Islam Negeri yogyakarta ( dahulu IAIN, sunan kalijaga ) setelah memperhatikan kondisi pendidikan islam di wilayah maguwoharjo, hatinya tergerak untuk mencoba mengupayakan sebuah sistim pendidikan pesantren sehingga pendidikan islam dapat lebih berkembang.

Pendidikan
Play Grup, TK, MI, SMP dan SMK,  disamping itu masih ada Madrasah Diniyah serta  PKBM.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, Praktek bengkel, lab tata busana, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. 

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha

Alamat
Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.