Pesantren Al Hikmah 1 Brebes

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA4 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al Hikmah 1 Brebes

Profil

Pondok pesantren Al Hikmah 1 berdiri pada tahun 1911 yang didirikan oleh KH. Kholil bin Mahalli. Pondok pesantren Al Hikmah 1 ini terletak di Desa Benda Kec. Sirampog Kab. Brebes. Pondok pesantren Al Hikmah 1 telah berkembang pesat dan mengalami sistem pengajaran modern yang memiliki lembaga pendidikan formal terdiri dari:
1. TK/Raudlotul Athfal
2. SMP Islam Terpadu
3. MTs (Madrasah Tsanawiyah)
4. MA  (Madrasah Aliyah)
5. MMA/Madrasatul Banat ( 6 tahun –SLTP+SLTA)
6. STM (Sekolah Menengah Kejuruan 1)
7. SMEA (Sekolah Menengah Kejuruan 2)
8. Tahfidzul Qur’an (Santri khusus penghafal Qur’an)
9. Ma’had Salafi (Setingkat Perguruan Tinggi)
10. Akademi Kebidanan (AKBID)

Pondok pesantren Al Hikmah 1 telah memiliki sarana prasarana yang sangat lengkap yang berguna untuk mendukung dalam pengajaran ilmu di lingkungan pondok pesantren.

Karena mengalami perkembangan yang luar biasa Pondok pesantren Al Hikmah 1 kini telah memiliki ribuan santri tidak hanya dari wilayah Jawa Tengah bahkan para santrinya hingga ada dari luar Jawa Tengah bahkan hingga dari luar pulau Jawa.

Sejarah
Tahun 1911 M. merupakan periode perintisan berdirinya Pondok Pesantren Al Hikmah 1 yang dilakukan oleh KH. Kholil bin Mahalli sepulangnya dari Tholabul ilmu di beberapa Pesantren dan yang terakhir belajar di Pesantren Mangkang Semarang, beliau melihat kondisi masyarakat yang masih awam akan pengetahuan agama, dengan metode Bil Hikmah Wal Mauidhotil Hasanah (metode bijaksana dan nasehat yang baik).

Serta keikhlasan berda’wah beliau mengadakan pengajian dari rumah ke rumah penduduk di Surau–surau dan di kediaman beliau sendiri yang sekaligus menjadi pusat kegiatan da’wah dan pondok bagi para Santrinya. Menyusul kemudian pada tahun 1927 M, dibukalah secara resmi keberadaan pondok pesantren Al Hikmah oleh KH. Suhaimi bin Abdul Ghoni (putra kakak KH. Kholil) yang merupakan alumnus Ma’had al Haram, Makah Saudi Arabia, (yang kemudian menyempatkan Tabarrukan ngaji Al Qur’an kepada KH Munawwir Krapyak Yogyakarta).

Beliau bahu membahu dengan KH. Kholil berupaya merubah keadaan masyarakat desa Benda dari keterbelakangan menjadi setingkat lebih maju, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kebudayaan, terutama keagamaan. Sebagai seorang hafidz (yang hafal sebanyak 30 Juz) Al-Qur’an maka KH. Suhaimi membangun Asrama dengan 9 kamar untuk menampung Santri Hufadl (yang belajar menghafal Al Qur’an).

Dari sinilah kemudian kita kenal “PONDOK PESANTREN AL HIKMAH”. Pengasuh Ponpes Al Hikmah 1 : KH. Labib Sodiq Pondok Pesantren Al Hikmah 1 mendapat bantuan pembangunan rumah susun sederhana (Rusuna) dari Kementrian Perumahan RI. Bantuan pembangunan senilai sekitar Rp 5,5 Milyar itu, Sabtu 01 September 2012 dilakukan peletakan batu pertama.

Peletakan batu pertama secara bergantian oleh Kapolres Brebes, AKBP Kif Aminanto SIK SH, Kepala BKD Brebes, H Athoilah dan Pengasuh Ponpes Al Hikmah 1, KH. Labib Sodiq dengan disaksikan para santri dan beberapa tamu undangan. Bantuan pembangunan Rusuna itu nanti akan menjadi asrama bagi santri Ponpes. Rusuna dibangun dengan luas 70 X 15 meter persegi dan akan memiliki dua lantai.

Jumlah kamar nantinya sabanyak 22 kamar dan lengkap dengan fasilitas MCK dan listrik. “Rusuna ini nantinya sangat bermanfaat bagi pesantren untuk asrama santri,” kata Gus Akom, salah satu pengurus Ponpes Al Hikmah 1. Pembangunan Rusuna dilaksanakan oleh PT Siguragura Maju Jaya dari Cirebon. Diharapkan pembangunan Rusuna dengan anggaran dari APBN ini berjalan lancar dan sesuai harapan bisa menjadi asrama yang representatif bagi santri. “Bantuan Rusuna ini sangat besar manfaatnya dan nantinya diharapkan ada kelanjutan, mengingat jumlah santri kami ribuan dan membutuhkan asrama yang memadai,” pungkas Gus Ako.

B. Periode Pertengahan

Dalam masa Revolusi kemerdekaan Pondok Pesantren Al Hikmah  mengalami kegoncangan bahkan kehancuran atau kefakuman. Pada saat itu para santri bersama masyarakat ikut berjuang, melawan dan mengusir penjajah Belanda, membela tanah Air dan dan mempertahankan Negara Proklamasi 17 Agustus 1945, sehingga beberapa pengasuh dan Asatidz ada yang gugur sebagai syahid, dan ada pula yang ditangkap dan diasingkan, mereka yang syahid antara lain : KH. Ghozali, H. Miftah, H. Masyhudi, Amin bin H. Aminah, Syukri, Daad, Wahyu, Siraj dll.

Setelah keadaan menjadi aman para pengasuh dan Kyai terutama KH. Kholil dan KH. Suhaemi membenahi dan membangun kembali pondok dan Madrasah yang hancur.Parasantri mulai kembali ke pondok melanjutkan belajar. Dalam menangani pendidikan tersebut beliau dibantu oleh KH. Ali Asy’ari (menantu KH. Kholil). Ustadz Abdul Jamil, K. Sanusi, KH. Aminudin, KH. Mas’ud dll. Pada tahun 1955, KH. Kholil pulang ke Rahmatullah dan beberapa tahun kemudian (1964) KH. Suhaemipun Wafat.

C.   Periode Pengembangan

Sepeninggal KH. Kholil dan KH. Suhaemi tampillah tunas muda sebagai penerus perjuangan yaitu KH. Shodiq Suhaemi dan KH. M. Masruri Mughni (cucu KH. Kholil). Di bawah asuhan ke dua beliau ini Pondok Pesantren Al Hikmah berkembang pesat, dengan didirikan lembaga lembaga pendidikan seperti MTs I (Th 1964), Madrasah Diniyyah Awaliyyah Dan Wustho (1965). Madrasah Mu’allimin/ Mu’allimat (1978). Madrasah Aliyah I (1967), TK Radhatul Athfal (1978), SMP (1978) MTs II+III (1986), SMA (1987), Perguruan Takhasus Qiroatul Kutub (1988), MTs IV+V (1989), Madrasah Aliyah II (1990), STM (1993) SMEA (1996) Akper (2003) dan Ma’had Salafi (2005).

Pendiri
KH. Kholil bin Mahalli

Pengasuh
1. KH. Kholil bin Mahalli
2. KH. Shodiq Suhaemi
3. KH. M. Masruri Mughni (cucu KH. Kholil).
4. KH. Labib Sodiq

Pendidikan

Unit Pendidikan
Lembaga-lembaga Pendidikan formal dan non formal yang merupakan kegiatan rutin berbentuk klasikal yang berada di lingkungan Al Hikmah 1 adalah:
1. TK/Raudlotul Athfal
2. SMP Islam Terpadu
3. MTs (Madrasah Tsanawiyah)
4. MA  (Madrasah Aliyah)
5. MMA/Madrasatul Banat ( 6 tahun –SLTP+SLTA)
6. STM (Sekolah Menengah Kejuruan 1)
7. SMEA (Sekolah Menengah Kejuruan 2)
8. Tahfidzul Qur’an (Santri khusus penghafal Qur’an)
9. Ma’had Salafi (Setingkat Perguruan Tinggi)
10. Akademi Kebidanan (AKBID)

Ekstrakurikuler

Pondok Pesantren Al Hikmah 1 menampung para santri-santri dari berbagai daerah, baik dari Jawa maupun luar Jawa. Dalam transformasi ilmu keagamaan, Pondok Pesantren Al Hikmah 1 menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti :
1. Pengajian weton/Sorogan/bandungan yang diikuti oleh semua santri dan penduduk sekitar.
2. Pengajian, baik berkala maupun mingguan untuk umum.
3. Pesantren Kilat/Pesantren liburan untuk menampung siswa dan mahasiswa yang sedang libur
4. Tahfidzul Qur’an untuk santri putra dan putri
5. Pengiriman mubaligh/mubalighah ke daerah daerah yang membutuhkan
6. Mujahadah sebuah ajang kegiatan do’a bersama yang diikuti oleh puluhan ribu muslimin dan muslimat secara rutin setiap malam jum’at kliwon.
7. Penyelenggaraan halaqoh atau seminar secara berkala.
8. Dan lain sebagainya. Unit unit keterampilan dan kursus yang diajarkan kepada para santri sebagai bekal skill dihari depan mereka pasca belajar di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah 1 meliputi :
1. Pertukangan
2. Pengelasan
3. Modiste
4. Jurnalistik
5. Mengetik
6. Perikanan
7. Komputer
8. Bahasa Arab
9. Bahasa Inggris
11. Pramuka
12. Silat
13. Hadrah
14. Nasyid
Fasilitas
Berbagai fasilitas yang berada pada lingkungan Pesantren Al Hikmah 1 adalah sebagai berikut :
1. Masjid Jami’ berlantai dua
2. Masjid di komplek Ibnu Mas’ud
3. Asrama santri
4. Asrama Mahasiswa
5. Asrama khusus Tahfidzul Qur’an
6. Ruang belajar
7. Mushola
8. Aula (Auditorium)
9. Perkantoran dan Pelayanan
10. Bengkel kerja
11. Laboratorium IPA
12. Laboratorium IPS
13. Laboratorium Komputer
14. Ruang Praktek Busana
15. Ruang Praktek Mengetik
16. Ruang Praktek Elektronika
17. Ruang Pembelajaran Multimedia
18. Pertokoan/Koperasi
19. Perpustakaan
20. Radio Suara Al Hikmah Satu (SASfm)

 

Alamat

Desa Benda Kec. Sirampog Kab. Brebes Prov. Jawa Tengah
Telepon : (0289) 432566/ 08154296632
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : Pesantren Al Hikmah 1

 

   

KUNJUNGI JUGA

 

 



   Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya