Inilah Penjelasan tentang Hukum Asuransi Jiwa

 
Inilah Penjelasan tentang Hukum Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Pertanyaan :

Bagaimana hukum asuransi?. Boleh ataukah tidak?.

Jawab :

Majelis Musyawarah memutuskan seperti yang sudah diputuskan oleh Kongres NU ke 14, yakni mengasuransikan jiwa atau lainnya di kantor asuransi itu haram hukumnya, karena termasuk judi.

Keterangan, dari kitab:

  1. Risalah Syaikh Bakhit al-Muthi’i [1]

وَأَمَّا التَّأْمِيْنُ عَلَى اْلأَمْوَالِ فَفُرُوْعُهُ كَثِيْرَةٌ جِدًّا. وَلَنَتَكَلَّمُ عَلَى فَرْعٍ وَاحِدٍ مِنْهَا وَهُوَ فَرْعُ الْبُيُوْتِ إِلَى أَنْ قَالَ وَلَكِنَّ هَذَا التَّعَاقُدَ تَعَاقُدُ قِمَارٍ وَلاَ نَزَاعَ. وَهُوَ أَشْبَهَ بِأَوْرَاقِ يَانَصِيْبٌ الَّتِيْ تَمْكُثُ الْمَرْءَ طُوْلَ حَيَاتِهِ يَشْتَرِيْ مِنْهَا دُوْنَ أَنْ يُصَادِفَ وَرَقَةَ رِبْحٍ. وَإِنَّمَا تَعَاقُدُ تِلْكَ الشَّرِكَاتِ مَعَ زَبَائِنِهِمْ أَشْبَهَ تِلْكَ اْلأَوْرَاقِ مِنْ نَاحِيَةِ الْمُتَعَاقِدِ مَوْعُوْدٌ بِضَمَانِ الْبَيْتِ اِحْتَرَقَ وَهُوَ ضَمَانٌ مَحْبُوْبٌ لَهُ رُبَّمَا مَكَثَ طُوْلَ حَيَاتِهِ بِدَفْعِ مَا فُرِضَ عَلَيْهِ فِيْ مُقَابِلِهِ وَيَمُوْتُ وَمَا حَدَثَ لِبَيْتِهِ حَرْقٌ يَأْخُذُ بِسَبَبِهِ مَبْلَغَ ذَلِكَ الضَّمَانِ إِذَنْ هُوَ قِمَارٌ خَالِصٌ لِأَنَّ الْمُتَقَامَرَيْنِ اْلأَصْلِيَيْنِ حِيْنَ الْمُقَامَرَةِ لاَ يَدْرِيْ كُلٌّ مِنْهُمَا لِمَنْ تَكُوْنُ الْغَلَبَةُ؟ حَتَّى يَكُوْنَ الْمَالُ الَّذِيْ اِتَّفَقَا يَدْفَعُهُ الْمَقْهُوْرُ وَهَكَذَا الْحَالُ هُنَا .

Adapun asuransi harta kekayaan, maka cabangnya banyak sekali, dan kita berbicara satu cabang saja yaitu asuransi rumah ... Namun akad asuransi rumah ini merupakan transaksi perjudian dan tidak diperselisihkan lagi. Ia menyerupai pembelian kupon Ya Nashib (lotre), yang membuat seseorang selalu membelinya sepanjang hidup tanpa memperoleh lotre kemenangan. Transaksi perusahaan asuransi dengan para nasabahnya menyerupai kupon Ya Nashib dari sisi nasabah dijanjikan memperoleh jaminan rumah bila terbakar. Asuransi rumah yang merupakan jaminan yang diminati itu sering membuat seseorang harus membayar premi selama hidupnya kepada perusahaan asuransi sebagai imbal balik dari jaminan, dan sampai mati tidak mengalami kebakaran rumah, yang hal itu bisa membuatnya memperoleh sejumlah uang jaminan tersebut. Dengan begitu, asuransi rumah merupakan perjudian murni. Sebab dua orang yang murni berjudi ketika melakukan perjudiannya tidak mengetahui siapa yang menang, sampai taruhan yang mereka sepakati diberikan pihak yang kalah kepada pihak yang menang. Hal seperti ini pula yang terjadi dalam akad asuransi rumah ini.

  1. Risalah Syaikh Bakhit al-Muthi’i [2]

وَأَمَّا التَّأْمِيْنُ عَلَى الْحَيَاةِ فَهُوَ أَبْعَدُ عَنِ الْعَقْلِ السَّلِيْمِ وَأَوْجَبُ لِلدَّهْشَةِ وَالاسْتِغْرَابِ فَمَا كَانَتْ الشَّرِكَةُ لِتُطِيْلَ لَهُ عُمْرًا وَمَا كَانَتْ لِتُبْعِدَ عَنْهُ قَدْرًا وَلَكِنَّهَا التَّعَلُّلاَتُ بِاْلأَمَانِيِّ وَمَا أَشْبَهَهَا بِشُؤُوْنِ الدَّجَّالِيْنَ وَاْلمُشَعْوِذِيْنَ سَيَقُوْلُ لَكَ قَائِلُهُمْ نَفْسَ اْلمَقَالَةِ اْلأُوْلَى (الْمَذْكُوْرَةُ فِيْ بَحْثِ التَّأْمِيْنِ عَلَى اْلأَمْوَالِ) أَوْ قَرِيْبًا مِنْهَا سَيَقُوْلُ أَنِّي مَتَى دَفَعْتُ وَلَوْ قِسْطًا وَاحِدًا فَإِذَا فَاجَأَتْنِيْ الْمَنِيَّةُ اسْتَحَقَّ وَرَثَتِيْ مَا أَمَنْتُ بِهِ عَلَى حَيَاتِيْ فَكَانَ لَهُمْ بِذَلِكَ عَزَاءً وَسَلْوَةً عَنْ فَقْدِيْ. وَإِذَا بَقِيَتْ الْمُدَّةُ اْلمَضْرُوْبَةُ إِلَيَّ اسْتَرْجَعْتُ كُلَّ مَا دَفَعْتُ بِأَرْبَاحِهِ فَأَنَا مُسْتَفِيْدٌ عَلَى كِلْتَا الْحَالَتَيْنِ. وَلِلشَّرِكَةِ فَائِدَتُهَا أَيْضًا وَهِيَ التَّصَرُّفُ فِيْ تِلْكَ اْلأَمْوَالِ مِمَّا يَجْتَمِعُ لَهَا مِنِّيْ وَمِنْ غَيْرِيْ فَيَتَكَوَّنُ لَهَا رَأْسُ مَالٍ عَظِيْمٍ تَسْتَغِلُّهُ فِيْمَا  تَرَى مِنَ الْمَشْرُوْعَاتِ التِّجَارِيَّةِ وَمُفَاجَأَةُ الْعُطْبِ قَلِيْلَةٌ فَعَزْمُهَا نَادِرٌ لاَ يُؤَثِّرُ فِيْهَا لِأَنَّ كُلَّ امْرِئٍ حَرِيْصٌ عَلَى حَيَاتِهِ وَمَالِهِ وَمُحَافِظٌ عَلَيْهِمَا جُهْدًا اسْتِطَاعَتَهُ فَكُلُّ وَاحِدٍ يَعْمَلُ لِمَصْلَحَتِهَا مِنْ حَيْثُ يَعْمَلُ لِمَصْلَحَةِ نَفْسِهِ فَكِلاَ الطَّرَفَيْنِ مُسْتَفِيْدٌ. وَنَقُوْلُ لَهُ لِيَكُنْ كُلُّ مَا تَقُوْلُ فَمَا خَرَجْتَ عَنْ أَنَّهَا مُعَامَلَةٌ فِيْهَا غَرْمُ أَحَدِ الطَّرَفَيْنِ حَتْمًا بِلاَ مُقَابِلٍ وَمَا كَانَتْ الْعَدَالَةُ إِلاَّ فِي الْمُعَاوَضَةِ وَأَنْ يَكُوْنَ مِنْ كُلِّ طَرَفٍ عِوَضٌ يُعَادِلُ مَا اسْتَفَادَهُ. وَأَنْ يَكُوْنَ بَيْنَ الْعِوَضَيْنِ مُنَاسَبَةٌ تُحَقِّقَ الْمُعَادَلَةَ وَلَوِ التَّقْرِيْبِيَّةَ حَتَّى تَسْتَقِيْمَ رُوْحُ الْعَدَالَةِ. فَأَمَّا وَاحِدُ الطَّرَفَيْنِ غَارِمٌ حَتْمًا بِلاَ غَنَمٍ أَوْ غَانِمٌ حَتْمًا بِلاَ غَرْمٍ فَلاَ عَدَالَةَ بَلْ هِيَ الْمُقَامَرَةُ وَالْمَيْسِرُ غَيْرَ أَنَّهُ لَيْسَ ثَوَابًا لَمَّاعًا. وَجَاءَ عَنْ قَوْمٍ أَوْلَيْنَاهُمْ ثِقَتَنَا الْعُمْيَاءَ وَأَخَذْنَا عَنْهُمْ كُلَّ مَا قَالُوْا بِالتَّقْلِيْدِ اْلأَعْمَى. وَمَا مَنْشَأُ ذَلِكَ إِلاَّ أَنَّ جَمَاعَةً مِنْهُمْ بَهَرُوْا النَّاسَ بِقُوَّةِ اسْتِخْدَامِهِمْ لِلْمَادَّةِ وَاسْتِنْبَاطِهِمْ لِقُوَى الطَّبِيْعَةِ مِمَّا لاَ تَغْمِطُهُمْ حَقُّهُمْ فِيْهِ فَكَانَ لِمَجْمُوْعِهِمْ فِي النُّفُوْسِ عِزَّةُ الْغَلَبَةِ فَأَسْلَمَ النَّاسُ الْقِيَادَ لَهُمْ شَأْنَ كُلِّ غَالِبٍ مَعَ كُلِّ مَغْلُوْبٍ وَإِلاَّ فَمَتَى وَزَنْتَ تِلْكَ التَّصَرُّفَاتِ بِمِيْزَانِ الْعَقْلِ السَّلِيْمِ وَالنَّقْدِ النَّزِيْهِ وَجَدْتَ ضَرَرَهَا أَكْبَرُ  مِنْ نَفْعِهَا وَهَكَذَا شَأْنُ أَغْلَبِ الْمَضَارِّ الْمَنْهِيِّ عَنْهَا لِمَصْلَحَةِ الْمُجْتَمِعِ ضَرَرُهَا أَكْبَرُ  مِنْ نَفْعِهَا حَتَّى أَنَّ الْخَمْرَ وَالْمَيْسِرَ وَهُمَا مَا هُمَا فِي الضَّرَرِ لَمْ يَخْلُ عَنْ نَفْعِ مَا وَلَكِنَّهُ ضَئِيْلٌ إِذَا قِيْسَ بِكِبَرِ ضَرَرِهِمَا كَمَا قَالَ جَلَّ شَأْنُهُ: ... يَسْئَلُوْنَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيْهِمَا إِثْمٌ كَبِيْرٌ وَمَنَافِعٌ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا. وَشَأْنُ التَّشْرِيْعِ الصَّحِيْحِ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى الْمُوَازَنَةِ بَيْنَ النَّفْعِ وَالضَّرَرِ فَمَا غَلَبَ نَفْعُهُ أَحَلَّهُ وَمَا غَلَبَ ضَرَرُهُ حَرَّمَهُ وَاللهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ .

Adapun Asuransi Jiwa maka ia jauh dari akal sehat, sangat membingungkan dan aneh. Maka tidak ada perusahaan asuransi yang mampu memperpanjang umur dan menjauhkan takdir. Ia hanya memberikan iming-iming keamanan dan semisalnya seperti yang dilakukan oleh para Dajjal dan tukang. Para petugas mereka akan berkata kepada Anda sama seperti pernyataan yang telah disebutkan dalam pembahasan tentang asuransi harta benda atau pernyataan yang sejenisnya. Ia akan berkata: “Sesungguhnya ketika aku membayar satu premi, jika aku mendadak meninggal, maka ahli warisku berhak mendapatkan apa yang telah aku jaminkan (di perusahaan asuransi) ketika aku masih hidup. Dan itu berarti, menadi pemasukan dan pelipur lara bagi ahli waris setelah kematianku. Dan jika aku tetap hidup tempo yang telah ditetapkan, maka aku berhak memperoleh kembali semua yang telah dibayarkan dan keuntungannya. Dengan begitu, maka aku beruntung dalam dua hal tersebut (mati atau hidup). Begitu halnya perusahaan asuransi, ia berhak mengelola keuangan yang dihimpun dariku dan dari orang lain, sehingga menjadi modal yang besar yang dikelola sebagaimana yang Anda lihat berbentuk proyek-proyek niaga. Resiko kerugian sangat sedikit, karena masing-masing orang sangat berkeinginan menjaga hidup dan hartanya, dan akan berusaha semampunya. Masing-masing akan berkarya bagi kepentingan dirinya, sehingga masing-masing pihak beruntung.” Kami katakan kepada peserta asuransi tersebut, bahwa semestinya setiap yang Anda ucapkan tidak keluar dari suatu transaksi yang mengandung klaim denda terhadap salah satu pihak secara wajib tanpa suatu pengganti yang sepadan dengan keuntungan yang mungkin diraupnya. Dan semestinya dari dua pihak terdapat pengganti yang pantas sehingga mampu mewujudkan keadilan walaupun relatif, sehingga ruh keadilan terwujud. Adapun bila salah satu pihak saja yang menanggung kerugian tanpa mendapat imbalan baliknya, atau menerima keuntungan tanpa ada tanggung jawab memberi kompensasi, maka keadilan tidak ada, bahkan itu merupakan gambling dan perjudian. Sebagian orang menyatakan: “Kami memberikan kepercayaan penuh kepada mereka dan dari mereka mengambil semua yang mereka katakan dengan taklid buta (tanpa pertimbangan apapun).” Maka, sesungguhnya sekelompok dari mereka telah membingungkan orang-orang dengan kekuatan materi dan eksplorasi psikis yang tidak bisa ditutup-tutupi. Lalu mereka berhasil menguasai jiwa orang lain, sehingga orang lain pun menjadi tunduk berpasrah diri sebagaimana kondisi pemenang terhadap orang yang dikalahkannya. Jika tidak, maka bila Anda menimbang semua asuransi itu dengan neraca akal yang sehat dan hati yang bersih, maka Anda akan mendapatkan bahayanya lebih besar dari manfaatnya. Begitu halnya semua hal yang berbahaya yang dilarang bagi kepentingan umum, maka Anda akan mendapatkan bahayanya lebih besar dari manfaatnya. Sehingga minuman keras dan judi, keduanya dalam kemudharatannya tidak lepas dari adanya manfaat. Hanya saja manfaat tersebut tidak akan berarti jika dibandingkan dengan bahayanya. Sebagaimana firman Allah SWT: “Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosa keduanya lebih besar dari pada manfaatnya.” (al-Baqarah: 219) Syari’ah Allah Swt. yang benar itu mesti berpedoman pada adanya keseimbangan antara keuntungan dan bahaya. Jika keuntungannya lebih besar, maka Allah Swt. akan menghalalkannya. Sedangkan jika lebih besar bahayanya, maka Allah Swt. akan mengharamkannya.

[1] Muhammad Bakhit al-Muthi’i, Risalah Syaikh Bakhit al-Muthi’i pada al-Nahdhah al-Islamiyah, h. 471 dan 472.

[2] Bakhit al-Muthi’i, Risalah Syaikh Bakhit pada Majalah Nur al-Islam, (Mesir: Th. Ke-6), Juz I, h. 267.

Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 300 KEPUTUSAN KONFERENSI BESAR PENGURUS BESAR SYURIAH NAHDLATUL ULAMA KE 1 Di Jakarta Pada Tanggal 21 - 25 Syawal 1379 H. / 18 - 22 April 1960 M.