Biografi Syekh Muhammad asy-Syinwani

 
Biografi Syekh Muhammad asy-Syinwani

Isi Biografi Syekh Muhammad asy-Syinwani

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan dan Sanad Keilmuan
  4. Kepribadian
  5. Kiprah
  6. Karya

Kelahiran
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin 'Ali bin Manshur asy-Syinwani asy-Syafi'. Beliau berasal dari Syinwan-Mesir dan tahun kelahirannya tidak diketahui secara pasti.

Wafat
Muhammad asy-Syinwani wafat tahun 1233H. dan disolatkan di Al-Azhar oleh umat Islam yang banyak. Imam Syanwani adalah seorang Ulama’ Syafi’i yang besar dalam abad ke XIII.

Pendidikan dan Sanad Keilmuan

Muhammad Syanwani belajar (dengan metode talaqqi) kepada banyak ulama besar di zamannya. Berikut ini adalah guru-guru Muhammad Syanwani:

  • Syaikh Faris.
  • Syaikh ash-Sha'idi.
  • Syaikh ad-Dardiri.
  • Syaikh al-Farmawi.
  • Syaikh Isa al-Barawi.

Kepribadian

Muhammad Syanwani merupakan ulama yang sangat moderat dan toleran, sebagaimana ulama-ulama al-Azhar pada umumnya. Dia juga merupakan imam besar yang tawaduk, wira'i, zuhud dan tidak tergila-gila pada status sosial atau jabatan duniawi. Jabatan sebagai Syaihul Azhar/Grand Syaikh al-Azhar (pimpinan tertinggi al-Azhar), baginya, merupakan amanah para ulama dan umat, dan bukan jabatan yang megah.

Kiprah
Muhammad asy-Syinwani dikenal sebagai ahli fiqih dari kalangan Mazhab Syafi'i, ahli Hadits, pakar Nahwu, dan menguasai berbagai disiplin ilmu. Sehingga tak heran Muhammad asy-Syinwani sampai menduduki jabatan Grand Syaikh Al-Azhar.

Karya Kitab

Kitab karya Muhammad asy-Syinwani adalah :

  1. Kitab Hasyiyah 'ala Syarh al-Laqani 'ala aj-Jauharah.
  2. Kitab Hasyiyah 'ala Mukhtasar al-Bukhari li Abi Jumrah.
  3. Kitab Hasyiyah 'ala Syarh al-'Adludiyah.
 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya