Pesantren APIK Kaliwungu Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren APIK Kaliwungu Kendal

Profil

Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal didirikan pada tanggal 12 Pebruari 1919 oleh KH. Irfan bin KH. Musa bin Abdul Baqi bin Mu’arif bin Qomaruddin bin Jiwo Suto (Panembahan Demak Bintoro). Pada awal berdirinya Pondok Pesantren ini, Pendiri dan Tokoh masyarakat sekitar Kaliwungu sepakat untuk memberi nama Al Ma’hadus Salafi Al-Kaumani.

Pemberian nama Pondok Pesantren tersebut bukan tanpa alasan melainkan dilatarbelakangi oleh fakta bahwa para santri yang belajar di sana berasal dari daerah sekitar Masjid Jami’ Al-Muttaqien Kaliwungu. Dimana pada jaman dahulu masyarakat yang tinggal di sekitar masjid disebut masyarakat kauman. Sementara tujuan dari kegiatan belajar tersebut adalah agar para santri mengetahui dan meneladani para orang soleh terdahulu (salafi). 

Pesantren Apik merupakan pesantren yang mengelola pendidikan sendiri yang dikenal dengan nama Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah (MSMH). Setiap santri Pondok Pesantren Apik, harus sekolah dan belajar di sekolah tersebut. Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah telah berhasil mencetak tokoh-tokoh agama di masayarakat, serta lulusan dari madrasah ini dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi dan tidak sedikit para alumninya telah berhasil mendapatkan gelar sarjana. MSMH berdiri tidak bersamaan dengan berdirinya Pondok Pesantren Apik dan ini merupakan suatu alternatif dari sebuah proses yang panjang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya