Ziarah di Makam Sunan Giri, Waliyullah dari Gresik

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sunan Giri, Waliyullah dari Gresik

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Jawa, yang pengaruhnya bahkan sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Sunan Giri.

Profil
Sunan Giri berkedudukan di Desa Giri, Kebomas, Gresik, Jawa Timur. Beliau lahir di Blambangan (Banyuwangi) pada tahun 1365 Saka yang ditandai candrasengkala “Jalmo Orek Werdaning Ratu”.
Orang tua dari Sunan Giri adalah Maulana Ishaq/ Syaikh Wali Lanang dan Dewi Sekardadu/ Dewi Sekar Dhadu ( Putri Raja Blambangan Menak Sembuyu/ Mina’ Sembayu).

Beliau dikenal dengan nama Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudra adalah nama salah seorang Wali Songo yang berkedudukan di desa Giri, Kebomas, Gresik, Jawa Timur. Beliau lahir di Blambangan (Banyuwangi) pada tahun Saka Candra Sengkala “Jalmo orek werdaning ratu” (1365 Saka).

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. Sunan Ampel
  2. Maulana Ishak

Murid-murid beliau di antaranya:

  1. Datuk Ribandang
  2. Syekh Zainal Abidin

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Sunan Giri

Lokasi Makam
Makam Sunan Giri terletak di Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, berjarak 4 Km dari pusat Kabupaten Gresik. Komplek makamnya terletak di tengah puncak bukit Giri.  

Haul
Peringatan Haul Sunan Giri setiap tahunnya selalu dilaksanakan pada hari Jum’at terakhir di bulan Maulid (penanggalan Hijriyah) dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya khotmil Qur’an, pengajian umum, tahlil bersama, dan pagelaran seni hadrah dari Ishari se Jawa Timur.

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Sunan Giri banyak dikunjungi para peziarah. Tidak hanya datang dari wilayah Gresik saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek makam Sunan Giri terletak di Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, berjarak 4 Km dari pusat Kota Gresik.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Sunan Giri, maka segala keinginan pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Sunan Giri bisa meningkatkan derajat, dan kedudukan. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di kota di antaranya: 
Otak-otak Bandeng, Pudak, Bonggolan, Jubung, Kaos Gresik, Kopi Gresik, Martabak Usus, Petis, Bandeng Asap, Krupuk Ikan.

 

 

 


 

 

.