Pesantren Al-Huda Jetis Kebumen

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Huda Jetis Kebumen

PROFIL

Pesantren Al-Huda adalah perpaduan antara salaf (tradisional) dan kalaf (modern) maka dibangunlah beberapa sekolah formal, di antaranya SMP VIP Al-Huda, SMK VIP Al-Huda dan SMA VIP Al-Huda. Hingga saat ini terdapat ribuan santri baik putra maupun putri yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Pesantren Al-Huda saat ini diasuh oleh KH. Wahib Mahcfudz dan KH. Yazid Machfudz. Pesantren Al-Huda terletak di Dukuh Jetis, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasinya sangat setrategis karena terletak di jantung kota Kebumen, pondok pesantren ini juga berdekatan dengan beberapa tempat pendidikan formal, seperti SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi, masjid Agung dan pusat pemerintahan kabupaten Kebumen.

Sejarah

Sebelum mempunyai nama Al-Huda, Pondok Pesantren di Jetis Kutosari ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Jetis. Didirikan kurang lebih tahun 1880 Masehi oleh K.H. Abdurrahman. Semasa kecil beliau bernama Solihin, berasal dari desa Gebrek Ambal Kebumen. Beliau diberi tugas menggembala kerbau oleh pamannya selama bertahun-tahun.

Pada suatu hari salah satu kerbau gembalaannya ada yang hilang, beliau dimarahi oleh pamannya dan dituntut harus mencari sampai ketemu. Akhirnya beliau mencari sampai ke pesisir laut. Karena kerbaunya tidak ketemu, beliau kebingungan, tidak berani pulang dan menangis sambil berjalan terus ke arah timur. Orang tuanya sangat sedih dan menganggap putranya yang bernama Solihin itu telah meninggal dunia dimangsa binatang buas. Selama berhari-hari beliau berjalan kaki ke arah timur dan akhirnya beliau sampai di Pondok Pesantren Wringin Agung Jawa Timur. Beliau mengaji di sana hingga dewasa dan menjadi Al-‘Alim Al-‘Alamah.

Suatu hari beliau sowan kepada Kyainya untuk melanjutkan mengajinya di Makkah. Pak Kyainya memperbolehkannya dengan syarat harus ziarah terlebih dahulu ke Pamijahan Jawa Barat dan pamitan dengan Orang tuanya. Akhirnya beliau pulang ke rumah untuk pamitan dengan Orang tua dan ziarah ke Pamijahan Jawa Barat. Pada saat beliau pamitan dengan Orang tuanya beliau mengaku sebagai musafir yang ingin beristirahat dan bermalam. Sambil beristirahat beliau berdialog dengan orang tuanya itu dan menanyakan berapa jumlah anaknya dan di mana saja.

Orang tuanya menjawab mempunyai beberapa anak, yang pertama bekerja di sana, yang kedua bekerja di sana dan seterusnya serta yang bernama Solihin hilang entah di makan harimau atau ke mana. Beliau menanyakan lagi tentang ciri-ciri anak bernama Solihin yang hilang itu. Orang tuanya menjawab bahwa ciri-cirinya adalah di punggungnya ada “toh”nya.

Akhirnya pada saat beliau akan melanjutkan perjalanan, beliau mengaku merasa masuk angin dan minta orang tuanya untuk mengerikinya. Begitu akan dikeriki orang tuanya melihat bahwa di punggung beliau ada “toh”nya dan orang tuanya yakin bahwa beliau adalah Solihin putranya. orang tuanya menangis terharu dan bahagia sambil meneriakkan “Solihin hidup kembali” berulang-ulang. Setelah itu, mereka melanjutkan dialognya tentang kisah perjalanan hidupnya dan beliau minta ijin untuk meneruskan perjalanan ziarah ke Pamijahan Jawa Barat dan melanjutkan mencari ilmu di Makkah. Orang tuanya pun merestui dan memberikan ijin kepadanya.

Setelah ziarah dari Pamijahan Jawa Barat, beliau sowan lagi kepada Pak Kyainya di Wringin Agung Jawa Timur untuk melaksanakan keinginannya belajar di Makkah. Akhirnya beliau berangkat ke Makkah dan menuntut Ilmu Thariqoh di Jabal Qubbais kepada Syekh Abdur Rauf dan dilanjutkan kepada Syekh Sulaiman Zuhdi. Setelah beberapa tahun akhirnya beliau mempunyai ilmu yang tinggi dan menjadi Mursyid serta diberi nama baru yaitu “K.H. Abdurrahman”. Selanjutnya beliau pulang ke Tanah Air Indonesia.

Di Tanah Air Indonesia beliau mengajarkan Ilmu Thariqah di Desa Kelahirannya yakni Ambal Kebumen. Karena pengajiannya sambil memutar tasbih akhirnya ajaran beliau difitnah dan dilaporkan ke Penjajah Belanda bahwa Mbah Abdurrahman sedang mengajarkan membuat bom untuk memberontak. Akhirnya beliau ditangkap Pasukan Belanda dan dibawa ke Pusat Pemerintahan Belanda di Kebumen. Setelah ditanyakan kepada para Kyai kepercayaan pimpinan penjajah penguasa Kebumen saat itu, ajaran beliau dinyatakan aman dan tidak berpotensi memberontak.

Namun pimpinan Penjajah masih khawatir dengan ajaran Mbah Abdurrahman, dan untuk mempermudah dalam mengawasinya pimpinan penjajah meminta agar Mbah Machfudz ditempatkan di sekitar perkotaan. Pimpinan penjajah menanyakan kepada para Kepala Desa bahwa siapa diantara mereka yang desanya mau ditempati seorang Kyai. Kepala Desa Kutosari mengacungkan telunjuk pertama kali bahwa Desanya membutuhkan seorang Kyai.

Akhirnya Mbah Abdurrahman dibuatkan rumah dan Musholla tempat mengaji di dukuh Jetis dekat sungai Lukulo yang saat itu masih berupa perbukitan yang lebat dan angker. Beliau mengajarkan ilmu agama Islam dan Thariqah Naqsyabandiyah Kholidiyah di Jetis hingga beberapa tahun dan dikaruniai beberapa anak sebagai berikut :

1. Mbah Husain
2. Mbah Hasbullah
3. Mbah Suhaemi
4. Mbah Kaelani

Mbah Husain mendampingi Bapaknya Mbah Abdurrahman dalam perjuangan dakwahnya di Jetis. Mbah Hasbullah dijadikan Mursyid oleh Mbah Abdurrahman tapi disuruh menyebarkan di Kota Kajoran Mranggen Magelang, Mbah Suhaemi bermukim di Tepakyang Temanggal, sedangkan Mbah Kaelani belajar di Makkah.

Mbah Abdurrahman meninggal dunia pada Hari Jum’at saat melakukan sujud tilawah dalam Shalat Shubuh. Sepeninggal Beliau Kemursyidan diserahkan kepada Mbah Husain anak pertamanya, tetapi beliau hanya bisa mengasuh kurang lebih selama tiga tahun. Karena mbah Husain tidak mempunyai anak laki-laki, akhirnya masyarakat, jama’ah thariqoh, dan para badal menghendaki agar Mbah Hasbullah segera pulang dari Magelang untuk meneruskan Kemursyidan Mbah Abdurrahman di Jetis. Awalnya Mbah Hasbullah keberatan karena sudah mapan dan mempunyai banyak jama’ah di Magelang. Karena di desak oleh masyarakat Kebumen kemudian beliau melakukan istikharah. Dalam istikharahnya Mbah Hasbullah berkata bahwa beliau mimpi dikejar-kejar oleh Mbah Abdurrahman dengan dibawakan upet (pejut berapi) untuk segara pulang ke Jetis.
Akhirnya beliau pulang ke Jetis dan menjadi Mursyid selama beberapa tahun. Mbah Hasbullah dikaruniai 5 anak, yaitu :

1. KH. Machfudz
2. Nyai Syekh ‘umar
3. Nyai Maemunah
4. Nyai Khoiriyah
5. Hasyim

Mbah Hasbullah meninggal saat melaksanakan Tawajuhan. Sepeninggal wafat Kemursyidan diserahkan kepada putra pertamanya yakni K.H. Machfudz. Sejak diasuh beliau Pondok Pesantren Jetis diberi nama Al-Huda. Semasa mudanya beliau pernah mengenyam pendidikan diberbagai pondok, antara lain pondok Termas selama kurang lebih 2 tahun, kemudian dilanjutkan ke pondok Bendo, Kediri, yang saat itu diasuh oleh Syekh Ghozin, yang kemudian beliau dinikahkan dengan salah satu putri beliau yang bernama Nyai Maimunah. Atas pernikahannya beliau dikaruniai 17 putra dan putri, namun yang hidup hanya 6 putra dan 6 putri, yaitu :

1. Kyai Abdul Kholiq
2. Kyai Juwaini
3. Nyai Umi Kulsum
4. Nyai Khasanah
5. Nyai Masruroh
6. Kyai Makhrus
7. Nyai Hayati
8. Kyai Muahaimin
9. Nyai Siti Ma’rifah
10. Nyai Siti Muhayaroh
11. Kyai Wahib Machfudz
12. Kyai Yazid Macfufudz

Semasa sugeng Syekh Machfudz wasiat kepada para pendamping dan badal-badalnya yang isinya : “Sak pungkurku sing nerusaken Kholiq, sak pungkure Kholiq sing nerusaken Wahib”, Adapun yang diwasiati adalah :

a) KH. Machfudz Iskandar
b) KH. Khamid - Kajoran
c) KH. Husin - Tamanwinangun
d) Bu Nyai Machfudz
e) Bu Nyai Romlah

Setelah beliau wafat sesuai wasiat Syekh Machfudz Kemursyidan dipegang oleh putranya yang sulung KH. Abdul Kholiq. Beliau wafat setelah memimpin Pondok Pesantren hanya selama 11 bulan. Setelah beliau wafat sesuai wasiat Syekh Machfudz juga Kemursyidan diteruskan oleh adiknya yaitu syaikhina wamurabbiruhina K.H. Wahib Machfudz.

Semasa mudanya K.H. Wahib Machfudz menempuh pendidikan umum sampai tingkat tsanawiyah, kemudian beliau mondok di Lirap asuhan K.\H. Durmuji Ibrohim, pada tahun 1974-1978. setelah itu beliau melanjutkan di pondok Al-Barokah, Kawunganten Cilacap, setelah merasa cukup kemudian beliau melanjutkan mondoknya di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso pada tahun 1980-1983 yang diasuh oleh KH. A. Djazuli Usman, bersama putranya K.H. Zainuddin Djazuli yang mengasuh Pondok Putra dan KH. Nurul Huda yang mengasuh Pondok putri. Setelah dianggap cukup kemudian beliau pulang untuk meneruskan perjuangan kepemimpinan pondok pesantren Al-Huda Jetis sampai sekarang.
Beliau menikah dengan salah seorang putri keturunan Raden Kolopaking yang bernama Nyai Hj. Nur Hasanah dan telah dikaruniai 3 putra dan 3 putri, yaitu :

1. H. Muhammad Fatihunnada
2. H. Zidni Rohman
3. Hj. Asnal Mala
4. H. Ziaul Haq
5. Hj. Nayli Syifa
6. Fittamami

Beliau juga sudah mempunyai seorang menantu yang menikah dengan putrinya Ning Asnal Mala yaitu H. Ulin Nuha Shodiq Suhaemi putra Bapak K.H. Shodiq Suhaemi Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes dan telah dikaruaniai seorang anak bernama Kevin Billah yang menjadi cucu pertamanya K.H. Wahib Machfudz. Kepengurusan Pondok Pesantren Al-Huda mulai ditata sejak diasuh oleh Mbah Kholiq. Adapun nama-nama Ketua Pondok Pesantren Al-Huda adalah sebagai berikut :

1. K. M. Mahmudi (Thowil)
2. K. Sugeng Ulil Wafie (Almarhum)
3. K. Suhud
4. K. Fakhruddin
5. Farkhanudin
6. H. Akhmad Komarudin
7. Nasihin
8. Fajar Shodiq
9. H. Zaenal Arifin
9. Zaenal Arifin

Pendiri
KH. Abdurrohman

Pengasuh

  1. KH. Abdurrahman
  2. KH.  Husein
  3. KH. Chasbullah
  4. KH. Wahib Machfudz
  5. KH. Yazid Machfudz

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal

  1. SMP VIP Al-Huda
  2. SMK VIP Al-Huda
  3. SMA VIP Al-Huda

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah (MD)
  3. Majelis Taklim 

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Basket
  5. Sepakbola
  6. Voli
  7. Futsal
  8. Sains Club
  9. English Club
  10. Arabic Club
  11. Seni Musik Islami (Seni Hadroh)
  12. Pencak Silat
  13. Badminton
  14. Tenis Meja
  15. Kaligrafi
  16. Marching Band
  17. Ketrampilan hidup: Farmasi, Keperawatan, Kimia Industri, Otronik.


Muthola'ah kitab kuning di pesantren Al-Huda


Hadrah di pesantren Al-Huda

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

1. Masjid
2. Gedung yang baru dan luas, milik sendiri ( bersih, indah, dan nyaman)
3. Ruang belajar yang representatif
4. Laboratorium Produktif (IPA dan Komputer)
5. Laboratorium dengan fasilitas internet
6. Kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pendukung pembelajaran lainnya
7. Asrama/Pondok Pesantren bernuansa religius
8. Busines Plan/Edu Plan
9. Hotspot Area
10. Beasiswa
11. BKK


Gedung pesantren di pesantren  Al-Huda 


Gedung pesantren di pesantren Al-Huda

ALAMAT

 Dukuh Jetis, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.
Kode Pos       :   54317
Telepon          :  (0287) 384964
Email               : alhudamedia01@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi https://www.alhudajetis.com

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.