Pesantren Uswatun Khasanah Pemalang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Uswatun Khasanah Pemalang

Profil
Pondok pesantren  “USWATUN KHASANAH” Desa Kalirandu, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang, tepatnya di Jalan Phandawa RT 05/01. Didirikan bulan Syawal 1417 H/1995 M. Pada saat itu, kegiatan belajar mengajar dilakukan di mushola Al-Fudhola. Setelah kurang lebih lima tahun para santri bergelut dengan kitab-kitab klasik di mushola tersebut, maka atas inisiatif pengasuh pondok, yaitu Al Mukaram Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz yang merupakan menantu dari Kyai Fadholi. Beliau sendiri sebenarnya bukan warga asli desa Kalirandu melainkan penduduk Desa Keboijo Petarukan.

Beliau merupakan alumnus dari pondok pesantren Al-Mubarok- Medono Pekalongan di bawah Asuhan Al-Magfurlah K.H. Anshor Abdulatif. Beserta para alumninya dan masyarakat setempat, serta beberapa santrinya yang masih sedikit, beliau (Kyai Sholeh Ahmad Al-Hafidz) dengan penuh keyakinan dan harapan dari Allah SWT serta didorong oleh kemauan dan kerja keras mulailah beliau mendirikan sebuah pondok di atas tanah wakaf seluas 20 m2 yang dulunya merupakan mushola Al-Fudhola. Pembangunan pondok pesantren tersebut tidak dilalui dengan mudah.

Beliau merasakan sendiri betapa sulitnya mendirikan sebuah pesantren tanpa adanya uang sepeserpun dikantongnya. Membangun sebuah tempat pendidikan sangatlah tidak semudah membalikan kedua telapak tangan. Bisa dibayangkan, untuk membangun sebuah gedung yang berlantai dua saja kurang lebih dibutuhkan dana ratusan juta rupiah, sedangkan pada saat itu beliau al-Mukarom Kyai Sholeh, tidak mempunyai uang sebanyak itu. Beliau selalu mewasiatkan kepada santri-santrinya agar tidak cepat putus asa dan mau berusaha. 

“Dadi wong kui ojo putus asa, seng penting usaha, mengko tinggal Allah sing nentuake, yakino karo sing gawe urep, lamon pati-pati digawe urep yo mesti gusti Allah ora bakal ngelantarake.” Demikian kurang lebih ucapan beliau ketika memberi nasehat kepada para santrinya. Dengan hanya modal keyakinan yang kuat terhadap janji Allah yang tertera dalam surat Attalaq, tentang keutamaan dan pahala bagi orang-orang yang bertakwa, maka melalui dana swadaya masyarakat berdirilah pondok pesantren pertama yang ada di desa kalirandu yang diberi nama “USWATUN KHASANAH”.

Pendidikan
1.  Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an
3. Majelis Taklim
4. Mujahadah
5. Kepesantrenan

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni Rebana (Hadroh), Seni tilawah, Bahasa Inggris, Pembacaan Maulid, Istighosah  kaligrafi, komputer, sorogan dan bandungan, dan pidato.

Alamat
Jl. Pandhawa, Rt. 05/01, Petarukan, Petarukan, Pemalang, Kabupaten Pemalang, 52362



Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.