Pesantren al-Hidayah Panembong Garut

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren al-Hidayah Panembong Garut

Profil

Pesantren yang sudah eksis di Garut sejak abad ke-19 adalah Pesantren al-Hidayah. Pesantren ini berlokasi di Panembong, Bayongbong, Garut. Pesantren al-Hidayah didirikan pada 1835 oleh Raden Kyai Mohammad Hasan. Kyai Mohammad Hasan mendirikan Pesantren al-Hidayah setelah ia melihat perkembangan Islam yang sangat menggembirakan di daerah tersebut. Kyai Mohammad Hasan adalah anak Kyai Kasim; salah seorang penyebar Islam di daerah Panembong yang wafat pada 1710 M. Menurut informasi, setelah Sultan Agung, Raja Kerajaan Mataram mengadakan penyerbuan pada bad ke-17, terdapat salah seorang di antara prajuritnya yang tidak ikut kembali. Prajurit itu bernama Mohammad Kasim.

Ia berhenti di sebuah hutan yang masih termasuk wilayah Garut dalam perjalanan kembali ke Mataram. Di tengah hutan tersebut, Mohammad Kasim membuat rumah sederhana dan tempat beribadah (Mas’udi, 1986: 28-29 dalam Kusdiana, 2014: 126). Ternyata, tempat yang dihuni oleh Muhammad Kasim, seiring dengan berjalannya waktu, semakin ramai hingga akhirnya ia berkembang menjadi sebuah perkampungan yang ramai. Karena ramainya itu, kampung itu diberi nama Panembong, kira-kira 9 km sebelah barat Kota Garut. Di tempat ini, Kyai Mohammad Kasim menyampaikan dakwah Islam dan memberikan bimbingan tentang cara bertani kepada penduduk setempat.

Kepemimpinan Raden Kyai Muhammad Hasan dalam mengelola dan memimpin Pesantren al-Hidayah tidak berlangsung lama karena ia meniggal pada 1835. Sepeninggal Kyai Muhammad Hasan, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh puteranya, Raden Mohammad Kosasih. Estafeta kepemimpinan di Pesantren al-Hidayah terus berlanjut sampai kemudian pada dekade ke delapan dari abad ke-20 dipimpin oleh KH. Abdussalam Maqshudi. Pada masa kepemimpinan Kyai Abdul Salam, Pesantren al-Hidayah memiliki areal tanah seluas 0,14 ha. Bangunannya meliputi 4 lokal sarana pendidikan, dan 37 kamar untuk 182 santri mukim. Sejak 1946, pesantren ini telah menerapkan sistem klasikal. 
 

Pendiri
Kyai Mohammad Hasan

Pengasuh
Kyai Mohammad Hasan

Pendidikan

Pendidikan Formal:
SMP IT Maqsudiyah
Pendidikan Nonformal:
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an
3. Majelis Taklim
4. Mujahadah
5. Pesantren Kilat

Ekstrakurikuler

Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Gedung Asrama
  3. Gedung Sekolah
  4. Laboratorium Komputer
  5. Laboratorium IPA
  6. Laboratorium Bahasa
  7. Koperasi pesantren
  8. Kantin
  9. Aula
  10. Kantor
  11. Kantor Kepala Madrasah
  12. Poskestren
  13. Sanitasi/MCK

Alamat

Panembong, Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Kode Pos: 44162

Telepon: 0852-2322-6662

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.