Pesantren Mursyidul Falaah Majalengka

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Mursyidul Falaah Majalengka

Profil
Pondok Pesantren Mursyidul Falaah adalah pondok pesantren salaf yang telah terakreditasi pada Departemen Agama. Didirikan pada tahun 1991 Masehi / 1411 Hijriyah oleh Nyai Siti Khodijah dan puteranya Kiyai Jaja Jamaluddin yang menjadi pengasuh sampai sekarang. Dalam kegiatan pengajian sehari-hari Pengasuh dibantu oleh para ustadz dan ustadzah dari kalangan keluarga, alumni dan santri senior. Pondok Pesantren Mursyidul Falaah beralamat di Jalan Raya Timur Rajagaluh – Sumber Km. 01 Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Pendidikan
KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN
Pondok Pesantren Mursyidul Falaah menyelenggarakan pengajian klasikal dengan literatur kutub as salaf al mu’tabaroh dengan kurikulum sebagai berikut: Tahun Pertama (Kelas I): Al Qur’an al Karim Juz ‘Amma, Adzkar as Sholat, Risalah al Bajuri/ Matan Tijan ad Darori (Tauhid), Safinah an Naja (Fiqh), al Ajurumiyah (Nahw), dan Qowa’id at Tashrif (Shorf). Tahun Kedua (Kelas II): Al Qur’an al Karim, as Sanusiyah (Tauhid), Riyadh al Badi’ah dan Sullam at Taufiq (Fiqh), Nazhm al ‘Imrithi (Nahw), dan Tashrif al ‘Izzi/ Matan al Kailani (Shorf). Tahun Ketiga (Kelas III): Al Qur’an al Karim/ Lanjutan, Kifayah al ‘Awwam (Tauhid), Fath al Qorib (Fiqh), Mutammimah al Ajurumiyah (Nahw), dan Nazhm al Maqshud (Shorf).

Tahun Keempat (Kelas IV) dan selanjutnya: Al Qur’an al Karim/ Lanjutan, Tafsir al Jalalain (Tafsir al Qur’an), Riyadh ash Sholihin (Hadits) Umm al Barohin (Tauhid), Fath al Mu’in (Fiqh), al Waroqot, Jam’ al Jawami’ (Ushul Fiqh), Alfiyah Ibn Malik (Nahw dan Shorf), Nazhm Nasta’in, Risalah as Samarqondiyah, Jauhar al Maknun, ‘Uqud al Juman (Balaghoh), Sullam al Munawwaroq, Isa Ghoji, Risalah asy Syamsiyah (Manthiq). Selain kitab-kitab tersebut, dipelajari juga kitab-kitab tambahan sebagai pelengkap pada waktu-waktu tertentu, terutama pada pasaran bulan Romadhon. Kitab-kitab tambahan ini disesuaikan dengan jenjang di atas. Pengajian dilakukan secara sorogan, bandungan, hapalan, dan musyawaroh pada setiap ba’da sholat fardhu dan pukul sembilan pagi selama enam hari dalam seminggu dengan libur malam dan hari jum’at. Pada setiap malam jum’at diadakan kegiatan Qiro’at Qishshoh Maulid an Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam dan Tamrin al Khithobah.

Pendidikan Formal: 
1. SMP
2. SMK

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an
3. Majelis Taklim
4. Mujahadah
5. Kepesantrenan

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
-IPNU/IPPNU
-OSIS

Alamat
Jalan Raya Timur Rajagaluh – Sumber Km. 01 Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Kode Pos: 45472
Telepon: 0233-512051

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.