Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Memilih Gap Year, Salahkah ?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Memilih Gap Year, Salahkah ?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, mau curhat nih sekaligus konsultasi. Mbak, tahun ini setelah lulus SMA saya memilih untuk mengambil gap year atau menunda satu tahun untuk kuliah. Keputusan saya ini sering disalahkan oleh kakak-kakak dan teman-teman saya. Mereka  bilang  saya membuang-buang waktu saja. Saya diterima di salah satu perguruan tinggi negeri, tetapi jurusannya tidak sesuai dengan minat saya. Oleh karena itu saya akhirnya memilih untuk mengambil gap year terlebih dahulu. Salahkah saya mengambil gap year mba ? Bagaimana caranya agar gap year saya ini tidak sia-sia ?
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Donny di Bandung

Tanggapan


Wassalamu’alaikum wr wb.
Halo Donny….
Gap Year atau keputusan menunda kuliah selama satu tahun, fenomena ini bukanlah satu hal yang baru. Gap Year sering menjadi pilihan, karena beberapa alasan. Mulai dari alasan jurusan yang tidak sesuai sampai dengan masalah finansial. Donny bisa menjelaskan kepada kakak dan teman-teman, alasan Donny mengambil gap year. Gap year bisa banyak memiliki manfaat positif dan memberikan pengalaman hidup apabila waktu digunakan untuk hal-hal yang positif juga, misalnya bekerja, belajar berbisnis, kursus ketrampilan, mengikuti bimbingan belajar agar bisa diterima di jurusan/kampus yang diinginkan. Donny juga bisa belajar untuk mandiri dan  tidak bergantung pada orang lain.

Gap year juga akan membuatmu mengenal dirimu sendiri, dengan cara keluar dari zona nyamanmu. Namun, gap year juga memiliki sisi negatif seperti yang dikhawatirkan kakak dan teman-temanmu, karena kamu menunda satu tahun, maka perkiraan umur lulusnya pun akan menjadi mundur juga. Gap year membuat kita harus beradaptasi lagi dengan dunia belajar formal, selain itu saat ini gap year masih dipandang negatif di lingkungan masyarakat kita, jadi kamu harus pandai-pandai memberikan alasan yang tepat dan membuktikan bahwa gap year yang kamu ambil itu bukanlah hal yang sia-sia.
Jangan berkecil hati dan tetap semangat ya, banyak kok tokoh-tokoh dunia yang mengambil gap year dan memanfaatkannya untuk kegiatan yang positif.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun