Syekh H. Hanafiah Abbas #1: Sosok Sultanul Aulia Aceh

 
Syekh H. Hanafiah Abbas #1: Sosok Sultanul Aulia Aceh

LADUNI I ULAMA- Aceh sebagai negeri yang terkenal syariat Islam, tidak sedikit para ulamasejarah dan biografi yang diangkat ke permukaan sebagai pegangan sejarah kepada anaak cucu selanjutnya. Diantaranya salah seorang ulama besar dari Bireuen yang begitu besar jasanya dalam pengembangan ilmu pengetahuan adalah Abi Hanafiah bin Abbas atau yang dipanggil Tgk. Abi (Teungku Syiek di Samalanga-II).

Beliau merupakan salah seorang pimpinan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga sebelum kepemimpinan abon Aziz bin Muhammad Shaleh. Namun, banyak diantara masyarakat yang kurang mengenal sosok dan sejarah hidup Teungku Abi, padahal jasa dan pengabdiannya kepada umat sangatlah besar.

Teungku Abbas, orang tua dari Teungku Abi Hanafiah menurut satu riwayat merupakan keturunan Arab yang bersambung nasabnya dengan Sayyidina Abu Bakar. Namun karena kondisi masa penjajahan, nasab ini disembunyikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini menyebabkan bukti yang valid mengenai mata rantai keturunan Teungku Abi tidak dapat ditemukan. Teungku Abbas pergi ke Aceh bersama sembilan orang dari Mekkah sehingga mereka diistilahkan dengan kelompok sembilan. Teungku Abi menuntut ilmu dan belajar agama di Ie Leubeu pada Tgk. Chik di Pasi.

Setelah beberapa lama belajar pada Tgk. Chik di Pasi, Tgk. Abi melanjutkan pendidikannya untuk belajar ke Tanjongan pada Tgk. Idris. Tgk. Idris memiliki tiga orang anak yaitu Syihabuddin, Abdul Hamid dan Juwairiah. Karena tertarik dengan Teungku Abi, Tgk. Idris akhirnya menikahkan putri beliau Juwairiah dengan Teuku Abi. Dari pernikahannya dengan Juawairiah, Teugku Abi memiiki enam orang anak yaitu amanuddin, Badriah, Mahyeddin, Jalaluddin, Fatimah, dan Aisyah. Tgk. Syihabuddin bin Idris merupakan pimpinan dayah MUDI Mesra Samalanga (1927-1935).

Abdul Hamid bin Idris adalah orang tua dari Dr. Humam Hamid dan Ahmad Farhan Hamid. Dr. Humam Hamid pernah menjadi calon gubernur Aceh. Dan Farhan Hamid pernah menjabat sebagai wakil ketua MPR RI. Aisyah merupakan ibunda Tu Bulqaini Tanjongan, Sekjen HUDA sekarang.

Sumber: Tgk. Muhammad Iqbal Jalil, dkk , Ulama Bireuen Abad XX