Tips Sederhana, Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Paling Efektif

 
Tips Sederhana, Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Paling Efektif

LADUNI.ID, Jakarta - Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, tentu bukan hal yang mudah. Rasa percaya diri akan memberikan bekal kepada anak untuk menghadapi masa depannya kelak. Anak yang memiliki rasa percaya diri yang rendah cenderung pendiam, pemalu dan kurang aktif dalam berkomunikasi dan pergaulan. Rasa percaya diri tidak bisa muncul dengan sendirinya.

Terdapat dua lingkungan penting yang dapat membantu timbulnya rasa percaya diri pada anak yaitu lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Dalam lingkungan keluarga tentu orang tua memegang peranan sangat dominan dalam membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Bagaimanapun anak yang aktif, interaktif san komunikatif tentunya menjadi dambaan bagi semua orang tua.

Percaya diri bukan bagian dari gen atau bawaan dari keturunan. Rasa percaya diri timbul karena interaksi dengan lingkungan sekitar
Percaya diri merupakan salah satu hal penting dalam diri anak. Bayangkan jika anak selalu malu, rendah diri dan merasa tak punya kelebihan. Tentu akan sangat berdampak buruk pada perkembangan psikologisnya.

Ada aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama untuk membangun rasa percaya diri Si Kecil.
Yaitu membuat daftar kekurangan dan kelebihan.
Cara ini pas untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD). Di usia tersebut level kepercayaan diri anak sangat penting untuk menghadapi tekanan dari teman sebayanya seperti dilansir laman Mom Junction, Selasa (14/8/2018).

Siapkan kertas, pulpen, pensil warna, gunting, majalah/ koran bekas dan lem. Gunting kata-kata sifat dari majalah, seperti 'perhatian', 'baik', 'pendengar', 'tepat waktu', 'telat', 'tak disiplin', 'pemarah' dan masih banyak lagi.
Gunting kata sifat yang beragam baik yang positif maupun negatif sebanyak mungkin. Lalu mintalah buah hati untuk mendeskripsikan dirinya dalam secara kertas, baik dari hal positif maupun negatif.

Setelah itu mintalah ia fokus pada gambaran positif dari dirinya. Lalu cari kata-kata yang sesuai dengan dirinya dalam guntingan bekas koran/majalah. Tempel kata sifat yang positif tersebut pada kertas dan juga tempel foto buah hati.

Taruh foto anak di tengah dan tempel sifat positifnya di sekitar foto. Buatlah dalam karton besar dan tempel di kamarnya. Cara ini bisa membangkitkan kepercayaan diri dan memotivasinya untuk selalu mengembangkan kelebihan yang dimiliki.