Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Memilih Jurusan Berdasarkan Passion

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Memilih Jurusan Berdasarkan Passion

Assalamu’alaikum mbak Nur

Mbak Nur, saya ingin berkonsultasi nih. Saya saat ini kelas 3 SMA dan tahun depan saya berencana  akan melanjutkan kuliah. Sampai sekarang saya masih bingung untuk menentukan jurusan. Teman-teman saya mengajak saya untuk masuk jurusan yang sama di salah satu universitas favorit di kota Bandung. Apa yang harus saya lakukan ya mbak ?
Sebelumnya terima kasih atas pencerahannya.
Wassamu’alaikum wr wb.

Ika di Bogor

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb
Haloo Ika…
Masih bisa ucap syukur Alhamdulillah nih, karena bingungnya sekarang, di tahun terakhir SMAbukan pada saat masih kuliah. Bayangin aja, kalau sudah masuk kuliah terus kamu merasa salah jurusan ?? Lebih bingung bukan ?  Menentukan jurusan kuliah itu jangan berdasarkan pada alasan disuruh orang tua, banyak teman-teman yang masuk jurusan A, gengsi, yang penting kuliah, atau karena gebetan kuliah di universitas itu misalnya. Pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passionmu.

Passion itu sebuah keinginan dari dalam diri manusia yang kita dengan senang hati melakukannya, tanpa ada keterpaksaan atau kebosanan. Kamu boleh memilih untuk kuliah di universitas yang memiliki ikatan dinas atau memiliki peluang besar dalam hal lowongan pekerjaan, tetapi tetap pastikan bahwa hal itu sesuai dengan passionmu. Lima tips berikut bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan kuliah :

1. Pilih berdasarkan passion/minat dan bakat.
2. Perhatikan prestasi akademikmu, nilai apa yang menunjang untuk masuk jurusan yang diinginkan.
3. Cermati lagi hobimu, hobi bisa membantumu dalam memilih jurusan kuliahmu.
4. Sesuaikan dengan cita-citamu.
5. Berkonsultasilah dengan orang yang berpengalaman, dalam hal ini guru BK, kakak atau om. apabila kamu membutuhkan bantuan ahli, datanglah pada psikolog.

Semangat ya Ika.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun