Pesantren Cipari Garut

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Cipari Garut

Profil
Pesantren Cipari didirikan oleh KH. Zaenal Abidin yang dikenal dengan sebutan Eyang Bungsu pada abad 19, yang lebih menitikberatkan pada pendidikan non formal berupa majelis ta’lim untuk masyarakat, pengajian kitab kuning dan Al-Qur’an untuk para santri. Pada awal abad 20, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh KH. Harmaen. Pada masa inilah peran serta pesantren Cipari dalam kancah perjuangan bangsa menjadi salah satu bidang garapannya, terutama ketika meletusnya peristiwa Afdelling Affairs B Cimareme, dimana para tokoh pesantren banyak yang ditangkap dan dipenjarakan Belanda.

Menjelang kemerdekaan dan awal kemerdekaan, kepemimpinan Pesantren dilanjutkan oleh anak-anak KH. Harmaen, diantaranya H. Abdul Kudus, KH. Yusuf Tauziri dan Hj. Siti Quraisyin. Pada masa kemerdekaan, PP. Cipari sudah berbentuk Yayasan, dengan bidang kegiatan Majelis Ta’lim, pendidikan Formal dan non-formal. Pendidikan formal baru dibuka di pesantren ini sekitar tahun 1970-an dengan mendirikan Madrasah Tsanawiyah dan SPIAIN. Sekita pertengahan tahun 1980-an SPIAIN diubah namanya menjadi Madrasah Aliyah. Dua jenis pendidikan formal ini masih berjalan hingga saat ini.

Mejelis ta’lim yang diselenggarakan di PP. Cipari rutin diadakan setiap hari selasa khusus untuk kaum perempuan sedangkan hari Sabtu untuk para ustadz dari berbagai wilayah di Garut Timur. Pengajian insidental sering diadakan berkenaan dengan hari-hari besar umat Islam seperti peringatan Tahun baru Islam (Muharaman), Maulid Nabi dll. Pengajian bagi santri rutin diadakan setiap hari yaitu ba’da ashar, maghrib, isya dan subuh. Kitab yang dikaji diantaranya kitab fiqh, alat (bahasa), Hadits, dan tafsir qur’an.

Santri yang mesantren di PP. Cipari datang dari berbagai daerah diantaranya Bandung, Jakarta, Sumedang, Tasik, Jawa, Palembang, Medan, Aceh, Maluku, Papua, dll. Santri disini terbagi atas dua kelompok, yaitu santri Takhosus Al-Qur’an dimana mereka hanya memfokuskan pada pengajian Al-Qur’an, hadits, dan kitab kuning, dan santri yang mengaji sambil bersekolah di MTs dan MA. Para alumnus pesantren ini sudah tersebar diberbagai daerah bahkan diantaranya sudah banyak yang memimpin pesantren. Santri yang dari jalur pendidikan formal sudah banyak yang meneruskan ke PT baik di Indonesia maupun luar negeri, diantaranya Al-Azhar (Mesir), Madinah, ITB, UNPAD, UPI, UGM, UI, IAIN, dll.

Fasilitas dan gedung kegiatan yang dimiliki pesantren ini terdiri atas tiga gedung asrama yang menampung santri putra-putri dari luar daerah, dua gedung sekolah MTs dan MA, 1 gedung Aula tertutup, 1 gedung aula terbuka, disini pun memiliki ruang laboratorium IPA, dua buah perpustakaan, koperasi sekolah, lapangan bola volly dan tenis meja. Sementara itu ditengah-tengah pesantren berdiri megah bangunan Mesjid Al-Syura yang sudah berdiri sejak tahun 1930 dengan arsitektur yang mirip benteng pertahanan militer dan memiliki menara setinggi 26 m dengan diameter sekitar 2 m.

Pendidikan
Pendidikan Formal: 
1.Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cipari
2. Madrasah Aliyah (MA) Cipari

Pendidikan Informal:
1. Madrasah Diniyah
2. Takhosus Al-Qur’an
3. Majelis Taklim
4. Mujahadah
5. Pesantren Kilat

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Kampung Cipari desa Sukarasa Kecamatan Pangatikan Garut, Kabupaten Garut

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.