Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bolehkah Menanyakan Masa Lalu Calon Pasangan?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bolehkah Menanyakan Masa Lalu Calon Pasangan?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya Nayla, 24 tahun. Lima bulan lagi saya akan menikah. Saat ini ada hal yang mengganggu pikiran saya. Saya ingin menanyakan masa lalu calon suami saya, namun saya takut kalau dia marah dan tidak berkenan. Sebenarnya bolehkah menanyakan masa lalu calon pasangan? Saya hanya ingin tahu saja, tanpa ada maksud lain. Terima kasih sebelumnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Nayla di Lampung.

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Nayla, pertama coba tempatkan dirimu di posisi calon suamimu. Bagaimana tanggapanmu jika calon suamimu menanyakan tentang masa lalumu ? Setiap orang tentunya mempunyai masa lalu, yang mungkin indah sekaligus menyakitkan. Tidak semua orang suka jika masa lalunya diungkit. Hal itu bisa menimbulkan kecemburuan dan membuka luka lama, karena hal ini sangat sensitif. Kedua, coba pikirkan kembali, apakah ada manfaatnya mengetahui masa lalu calon suami selain memuaskan rasa kepo. Ketiga, apabila kamu memiliki alasan yang kuat, kamu bisa menanyakannya dengan hati-hati dan perhatikan bagaimana ekspresinya.

Nayla harus siap dengan segala risiko, baik dan buruknya. Keempat, apabila setelah ditanyakan calon suami memiliki masa lalu yang buruk, maka kamu bisa melihat perubahan dan pandangan masa depannya yang baik, tugasmu adalah melupakan masa lalunya dan mendampinginya untuk meraih kehidupan yang lebih baik pula.

Sebaliknya, apabila kamu keberatan dengan masa lalu suami, dan menimbulkan bayang-bayang buruk, kesedihan yang berlarut, hilang kepercayaan, maka kamu perlu mempertimbangkan kembali keputusanmu untuk menikahinya. Ada hal yang perlu Nayla ketahui, dalam Islam tidak pernah mengajarkan tradisi membuka masa lalu pasangan.

Islam juga tidak menganjurkan agar calon pasangan suami istri untuk saling menceritakan masa lalunya, karena yang akan menghisab amal istri bukan suami, demikian pula istri tidak bisa menghisab amal yang pernah dikerjakan suaminya. Semoga memberi pencerahan bagi Nayla ya. Salam Semangat.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun