Lestarikan Budaya, 2018 Siswa dan Warga Naik Egrang di Sumenep

 
Lestarikan Budaya, 2018 Siswa dan Warga Naik Egrang di Sumenep

LADUNI.ID, Sumenep - Ribuan siswa dan warga di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, naik Egrang atau Thenjhek (Bhs Madura, Red). Menariknya, mereka menggunakan kostum pakaian yang cukuo unik, pada Minggu (2/9/2018).

Berdasarkan pantauan wartawan LADUNI.ID di lokasi, Para peserta tidak hanya menampilkan kebolehan dan kelincahan menggunakan thenjhek, tapi juga mengenakan berbagai pakaian penuh warna warna warni dan menarik.

Bupati Sumenep, A. Busyro mengatakan, permainan egrang merupakan salah satu jenis permainan tradisional dan mulai dilupakan anak-anak jaman sekarang.

“Supaya tidak punah Pemkab Sumenep menggelar acara Naik Egran dengan Kostum Unik peserta terbanyak, sekaligus menyukseskan Visit Years 2018,” terang Busyro Karim.

Mantan Ketua DPRD Sumenep, KH A Busyro Karim itu menambahkan, selain diikuti oleh masyarakat umum, pagelaran naik Egrang ini juga diikuti oleh kantor instansi dan siswa.

“Setiap sekolah dan instansi dan sekolah itu mengirimkan sebanyak 20 orang peserta. Sedangkan untuk memecahkan rekor acara ini didatangi dan dinilai langsung oleh Lembaga Prestasi Dunia LEPRID,” paparnya.

Ketua umum dan Pendiri LEPRID Paulus Pangkah, SH menyampaikan, acara naik engrang dengan kostum  unik di Sumenep diikuti oleh peserta sebanyak 2018 orang.

“Untuk naik egrang dengan kostum unik dengan peserta terbanyak di Indonesia baru tercatat di Kabupaten Sumenep ini, ayo tepuk tangan, semangat dan Kami sangat mengapresisi. Sekali ini sangat luar biasa,” tutupnya.(*)