Biografi Imam At-Tirmidzi

 
Biografi Imam At-Tirmidzi
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi Profil Imam At-Tirmidzi

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Rihlah Imam at-Tirmidzi
  5. Guru-Guru
  6. Pujian Ulama terhadap Imam at-Tirmidzi
  7. Karya-Karya
  8. Chart Silsilah Sanad
  9. Referensi

1. Kelahiran

Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa bin adl Dlahhak atau yang kerap disapa dengan panggilan Imam at-Tirmidzi lahir pada tahun 209 H.

Mengenai tahun lahirnya para pakar sejarah tidak menyebutkan tahun kelahiran Imam at-Tirmidzi secara pasti, akan tetapi Adz Dzahabi berpendapat dalam kisaran tahun 210 hijriah. Ada satu berita yang mengatakan bahwa imam at-Tirmidzi dilahirkan dalam keadaan buta, padahal berita yang akurat adalah, bahwa Imam at-Tirmidzi mengalami kebutaan di masa tua, setelah mengadakan lawatan ilmiah dan penulisan Imam at-Tirmidzi terhadap ilmu yang ia miliki.

Imam at-Tirmidzi tumbuh di daerah Tirmidz, mendengar ilmu di daerah ini sebelum memulai rihlah ilmiah Imam at-Tirmidzi. Dan Imam at-Tirmidzi pernah menceritakan bahwa kakeknya adalah orang marwa, kemudian berpindah dari Marwa menuju ke tirmidz, dengan ini menunjukkan bahwa Imam at-Tirmidzi lahir di Tirmidzi.

Nasab Imam at-Tirmidzi:

1. As Sulami; yaitu nisbah kepada satu kabilah yang yang di jadikan sebagai afiliasi Imam at-Tirmidzi, dan nisbah ini merupakan nisbah kearaban

2. At-Tirmidzi; nisbah kepada negri tempat Imam at-Tirmidzi di lahirkan (Tirmidz), yaitu satu kota yang terletak di arah selatan dari sungai Jaihun, bagian selatan Iran.

2. Wafat

Di akhir kehidupannya, Imam at-Tirmidzi mengalami kebutaan, beberapa tahun Imam at-Tirmidzi hidup sebagai tuna netra, setelah itu imam atTirmidzi meninggal dunia. Imam at-Tirmidzi wafat di Tirmidz pada malam Senin 13 Rajab tahun 279 H bertepatan dengan 8 Oktober 892, dalam usia Imam at-Tirmidzi pada saat itu 70 tahun.

3. Pendidikan

Berbagai literatur-literatur yang ada tidak menyebutkan dengan pasti kapan Imam Tirmidzi memulai mencari ilmu, akan tetapi yang tersirat ketika kita memperhatikan biografi Imam at-Tirmidzi, bahwa Imam at-Tirmidzi memulai aktifitas mencari ilmunya setelah menginjak usia dua puluh tahun.Maka dengan demikian, Imam at-Tirmidzi kehilangan kesempatan untuk mendengar hadits dari sejumlah tokoh-tokoh ulama hadits yang kenamaan, meski tahun periode Imam at-Tirmidzi memungkinkan untuk mendengar hadits dari mereka, tetapi Imam at-Tirmidzi mendengar hadits mereka melalui perantara orang lain. Yang nampak adalah bahwa Imam at-Tirmidzi memulai rihlah pada tahun 234 hijriah.

Imam at-Tirmidzi memiliki kelebihan; hafalan yang begitu kuat dan otak encer yang cepat menangkap pelajaran. Sebagai permisalan yang dapat menggambarkan kecerdasan dan kekuatan hafalan Imam at-Tirmidzi adalah, satu kisah perjalan Imam at-Tirmidzi menuju Makkah, dia menuturkan;

“Pada saat aku dalam perjalanan menuju Makkah, ketika itu aku telah menulis dua jilid berisi hadits-hadits yang berasal dari seorang syaikh. Kebetulan Syaikh tersebut berpapasan dengan kami.

Maka aku bertanya kepadanya, dan saat itu aku mengira bahwa “dua jilid kitab” yang aku tulis itu bersamaku. Tetapi yang kubawa bukanlah dua jilid tersebut, melainkan dua jilid lain yang masih putih bersih belum ada tulisannya. aku memohon kepadanya untuk menperdengarkan hadits kepadaku, dan ia mengabulkan permohonanku itu.

“Kemudian ia membacakan hadits dari lafazhnya kepadaku. Di sela-sela pembacaan itu ia melihat kepadaku dan melihat bahwa kertas yang kupegang putih bersih.

Maka dia menegurku: ‘Tidakkah engkau malu kepadaku?’ maka aku pun memberitahukan kepadanya perkaraku, dan aku berkata; “aku telah mengahafal semuanya.” Maka syaikh tersebut berkata; ‘bacalah!’. Maka aku pun membacakan kepadanya seluruhnya, tetapi dia tidak mempercayaiku, maka dia bertanya: ‘Apakah telah engkau hafalkan sebelum datang kepadaku?’ ‘Tidak,’ jawabku. Kemudian aku meminta lagi agar dia meriwayatkan hadits yang lain. Ia pun kemudian membacakan empat puluh buah hadits, lalu berkata: ‘Coba ulangi apa yang kubacakan tadi,’ Lalu aku membacakannya dari pertama sampai selesai tanpa salah satu huruf pun.”

Menurut para ulama, kitab hadits Imam at-Tirmidzi dipandang sebagai kitab keempat dari Kutubussittah setelah Shahih al-Bukhari, Shahih Muslim, dan Sunan Abu Dawud.

4. Rihlah Imam at-Tirmidzi

Imam at-Tirmidzi keluar dari negerinya menuju Khurasan, Iraq dan Haramain dalam rangka menuntut ilmu. Di sana Imam at-Tirmidzi mendengar ilmu dari kalangan ulama yang Imam at-Tirmidzi temui, sehingga dapat mengumpulkan hadits dan memahaminya. Akan tetapi sangat disayangkan Imam at-Tirmidzi tidak masuk ke daerah Syam dan Mesir, sehingga hadits-hadits yang Imam at-Tirmidzi riwayatkan dari ulama kalangan Syam dan Mesir harus melalui perantara, kalau sekiranya Imam at-Tirmidzi mengadakan perjalanan ke Syam dan Mesir, niscaya ia akan mendengar langsung dari ulama-ulama tersebut, seperti Hisyam bin ‘Ammar dan semisalnya.

Para pakar sejarah berbeda pendapat tentang masuknya Imam at-Tirmidzi ke daerah Baghdad, sehingga mereka berkata, “Kalau sekiranya dia masuk ke Baghdad, niscaya dia akan mendengar dari Ahmad bin Hanbal. Al Khathib tidak menyebutkan at-Tirmidzi (masuk ke Baghdad) di dalam tarikhnya, sedangkan Ibnu Nuqthah dan yang lainnya menyebutkan bahwa Imam at-Tirmidzi masuk ke Baghdad. Ibnu Nuqthah menyebutkan bahwasanya Imam at-Tirmidzi pernah mendengar di Baghdad dari beberapa ulama, di antaranya adalah; Al Hasan bin AshShabbah, Ahmad bin Mani’ dan Muhammad bin Ishaq Ash shaghani.

Dengan ini bisa diprediksi bahwa Imam at-Tirmidzi masuk ke Baghdad setelah meninggalnya Imam Ahmad bin Hanbal, dan ulama-ulama yang di sebutkan oleh Ibnu Nuqthah meninggal setelah imam Ahmad. Sedangkan pendapat Al Khathib yang tidak menyebutkannya, itu tidak berarti bahwa Imam at-Tirmidzi tidak pernah memasuki kota Baghdad sama sekali, sebab banyak sekali dari kalangan ulama yang tidak di sebutkan Al Khathib di dalam tarikhnya, padahal mereka memasuki Baghdad.

Setelah pengembaraannya, imam at-Tirmidzi kembali ke negerinya, kemudian Imam at-Tirmidzi masuk Bukhara dan Naisapur, dan Imam at-Tirmidzi tinggal di Bukhara beberapa saat.

Negeri-negeri yang pernah Imam at-Tirmidzi masuki adalah Khurasan, Bashrah, Kufah,Wasith, Baghdad, Makkah, Madinah, Ar Ray

5. Guru-Guru

Imam at-Tirmidzi menuntut ilmu dan meriwayatkan hadits dari ulama-ulama kenamaan. Diantara mereka adalah:

  1. Qutaibah bin Sa’id
  2. Ishaq bin Rahuyah
  3. Muhammad bin ‘Amru As Sawwaq al Balkhi
  4. Mahmud bin Ghailan
  5. Isma’il bin Musa al Fazari
  6. Ahmad bin Mani’
  7. Abu Mush’ab Az Zuhri
  8. Basyr bin Mu’adz al Aqadi
  9. Al Hasan bin Ahmad bin Abi Syu’aib
  10. Abdullah bin Zubair bin Isa Abu Bakar Al Humaidi
  11. Abi ‘Ammar Al Husain bin Harits
  12. Abdullah bin Mu’awiyyah al Jumahi
  13. ‘Abdul Jabbar bin al ‘Ala`
  14. Abu Kuraib
  15. ‘Ali bin Hujr
  16. Rabi' bin Sulaiman
  17. ‘Ali bin sa’id bin Masruq al Kindi
  18. ‘Amru bin ‘Ali al Fallas
  19. ‘Imran bin Musa al Qazzaz
  20. Muhammad bin aban al Mustamli
  21. Al Hafidh Ad Darimi
  22. Muhammad bin Humaid Ar Razi
  23. Muhammad bin ‘Abdul A’la
  24. Muhammad bin Rafi’
  25. Imam at-Tirmidzi
  26. Imam Muslim
  27. Abu Dawud
  28. Muhammad bin Yahya al ‘Adani
  29. Hannad bin as Sari
  30. Yahya bin Aktsum
  31. Yahya bun Hubaib
  32. Muhammad bin ‘Abdul Malik bin Abi Asy Syawarib
  33. Suwaid bin Nashr al Marwazi
  34. Ishaq bin Musa Al Khathami
  35. Harun al Hammal, dan lainnya.
  36. Murid-murid Imam at-Tirmidzi

Kumpulan hadits dan ilmu-ilmu yang dimiliki imam at-Tirmidzi banyak yang meriwayatkan, diantaranya adalah;

  1. Abu Bakr Ahmad bin Isma’il As Samarqandi
  2. Abu Hamid Abdullah bin Daud Al Marwazi
  3. Ahmad bin ‘Ali bin Hasnuyah al Muqri`
  4. Ahmad bin Yusuf An Nasafi
  5. Ahmad bin Hamduyah an Nasafi
  6. Al Husain bin Yusuf Al Farabri
  7. Hammad bin Syair Al Warraq
  8. Daud bin Nashr bin Suhail Al Bazdawi
  9. Ar Rabi’ bin Hayyan Al Bahili
  10. Abdullah bin Nashr saudara Al Bazdawi
  11. ‘Abd bin Muhammad bin Mahmud An Safi
  12. ‘Ali bin ‘Umar bin Kultsum as Samarqandi
  13. Al Fadhl bin ‘Ammar Ash Sharram
  14. Abu al ‘Abbas Muhammad bin Ahmad bin Mahbub
  15. Abu Ja’far Muhammad bin Ahmad An Nasafi
  16. Abu Ja’far Muhammad bin sufyan bin An Nadlr An Nasafi al Amin
  17. Muhammad bin Muhammad bin Yahya Al Harawi al Qirab
  18. Muhammad bin Mahmud bin ‘Ambar An Nasafi
  19. Muhammad bin Makki bin Nuh An Nasafai
  20. Musbih bin Abi Musa Al Kajiri
  21. Makhul bin al Fadhl An Nasafi
  22. Makki bin Nuh
  23. Nashr bin Muhammad biA Sabrah
  24. Al Haitsam bin Kulaib, dan yang lainnya.

6. Pujian Ulama terhadap Imam at-Tirmidzi

Persaksian para ulama terhadap keilmuan dan kecerdasan imam Tirmidzi sangatlah banyak, diantaranya adalah;

Imam at-Tirmidzi berkata kepada imam at-Tirmidzi; “ilmu yang aku ambil manfaatnya darimu itu lebih banyak ketimbang ilmu yang engkau ambil manfaatnya dariku.”

Al Hafiz ‘Umar bin ‘Alak menuturkan; “at-Tirmidzi meninggal, dan dia tidak meninggalkan di Khurasan orang yang seperti Abu ‘Isa dalam hal ilmu, hafalan, wara’ dan zuhud.”

Ibnu Hibban menuturkan; “Abu ‘Isa adalah sosok ulama yang mengumpulkan hadits, membukukan, menghafal dan mengadakan diskusi dalam hal hadits.”

Abu Ya’la al Khalili menuturkan; “Muhammad bin ‘Isa at-Tirmidzi adalah seorang yang tsiqah menurut kesepatan para ulama, terkenal dengan amanah dan keilmuannya.”

Abu Sa’d al Idrisi menuturkan; “Imam Tirmidzi adalah salah seorang imam yang di ikuti dalam hal ilmu hadits, Imam at-Tirmidzi telah menyusun kitab al jami’, tarikh dan ‘ilal dengan cara yang menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang alim yang kapabel. Imam at-Tirmidzi adalah seorang ulama yang menjadi contoh dalam hal hafalan.”

Al Mubarak bin al Atsram menuturkan; “Imam Tirmidzi merupakan salah seorang imam hafizh dan tokoh.”

Al Hafizh al Mizzi menuturkan; “Imam Tirmidzi adalah salah seorang imam yang menonjol, dan termasuk orang yang Allah jadikan kaum muslimin mengambil manfaat darinya.

Adz Dzahabi menuturkan; “Imam Tirmidzi adalah seorang hafizh, alim, imam yang kapabel

Ibnu Katsir menuturkan: “Imam Tirmidzi adalah salah seorang imam dalam bidangnya pada zaman Imam at-Tirmidzi.”

7. Karya-Karya

Imam Tirmizi menuliskan ilmunya di dalam hasil karya Imam at-Tirmidzi, di antara buku-buku Imam at-Tirmidzi ada yang sampai kepada kita dan ada juga yang tidak sampai. Di antara hasil karya Imam at-Tirmidzi yang sampai kepada kita adalah:

  1. Kitab Al Jami’, terkenal dengan sebutan Jami’ at-Tirmidzi.
  2. Kitab Al ‘Ilal
  3. Kitab Asy Syama’il an Nabawiyyah.
  4. Kitab Tasmiyyatu ashhabi rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  5. Kitab At-Tarikh.
  6. Kitab Az Zuhd.
  7. Kitab Al Asma’ wa al kuna.

Sekilas tentang Al-Jami’

Kitab ini adalah salah satu kitab karya Imam Tirmidzi terbesar dan paling banyak manfaatnya. Ia tergolong salah satu "Kutubus Sittah" (Enam Kitab Pokok Bidang Hadits) dan ensiklopedia hadits terkenal. Al-Jami’ ini terkenal dengan nama Jami’ Tirmidzi, dinisbatkan kepada penulisnya, yang juga terkenal dengan nama Sunan Tirmidzi. Namun nama pertamalah yang popular.

Sebagian ulama tidak berkeberatan menyandangkan gelar as-Sahih kepadanya, sehingga mereka menamakannya dengan Sahih Tirmidzi. Sebenarnya pemberian nama ini tidak tepat dan terlalu gegabah. Setelah selesai menyusun kitab ini, Tirmidzi memperlihatkan kitabnya kepada para ulama dan mereka senang dan menerimanya dengan baik. Ia menerangkan: "Setelah selesai menyusun kitab ini, aku perlihatkan kitab tersebut kepada ulama-ulama Hijaz, Irak dan Khurasan, dan mereka semuanya meridhainya, seolah-olah di rumah tersebut ada Nabi yang selalu berbicara."

Imam Tirmidzi di dalam Al-Jami’-nya tidak hanya meriwayatkan hadits sahih semata, tetapi juga meriwayatkan hadits-hadits hasan, da’if, garib dan mu’allal dengan menerangkan kelemahannya. Dalam pada itu, ia tidak meriwayatkan dalam kitabnya itu, kecuali hadits-hadits yang diamalkan atau dijadikan pegangan oleh ahli fiqh. Metode demikian ini merupakan cara atau syarat yang longgar. Oleh karenanya, ia meriwayatkan semua hadits yang memiliki nilai demikian, baik jalan periwayatannya itu sahih ataupun tidak sahih. Hanya saja ia selalu memberikan penjelasan yang sesuai dengan keadaan setiap hadits.

Diriwayatkan, bahwa ia pernah berkata: "Semua hadits yang terdapat dalam kitab ini adalah dapat diamalkan." Oleh karena itu, sebagian besar ahli ilmu menggunakannya (sebagai pegangan), kecuali dua buah hadits, yaitu:

"Sesungguhnya Rasulullah SAW menjamak salat Zuhur dengan Asar, dan Maghrib dengan Isya, tanpa adanya sebab "takut" dan "dalam perjalanan."

"Jika ia peminum khamar, minum lagi pada yang keempat kalinya, maka bunuhlah dia."

Hadits ini adalah mansukh dan ijma ulama menunjukan demikian. Sedangkan mengenai salat jamak dalam hadits di atas, para ulama berbeda pendapat atau tidak sepakat untuk meninggalkannya. Sebagian besar ulama berpendapat boleh (jawaz) hukumnya melakukan salat jamak di rumah selama tidak dijadikan kebiasaan. Pendapat ini adalah pendapat Ibnu Sirin dan Asyab serta sebagian besar ahli fiqh dan ahli hadits juga Ibnu Munzir.

Hadits-hadits dha’if dan munkar yang terdapat dalam kitab ini, pada umumnya hanya menyangkut fada’il al-a’mal (anjuran melakukan perbuatan-perbuatan kebajikan). Hal itu dapat dimengerti karena persyaratan-persyaratan bagi (meriwayatkan dan mengamalkan) hadits semacam ini lebih longgar dibandingkan dengan persyaratan bagi hadits-hadits tentang halal dan haram.

8. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Imam At-Tirmidzi dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

9. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 27 Maret 2021, dan terakhir diedit tanggal 27 Agustus 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya