Dilantiknya Banom Ansor Purbalingga Fokus Pada Empat Program

 
Dilantiknya Banom Ansor Purbalingga Fokus Pada Empat Program

LADUNI.ID, Purbalingga - Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah masa khidmat 2018 hingga 2022 resmi dilantik. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Jawa Tengah, Ahad (9/9/2018).

Aunulloh Aíla Al Habib dari PP GP Ansor menjelaskan, Ansor adalah gerakan perjuangan yang bergerak di semua lini dengan mekanisme yang telah diwariskan para pendahulu bangsa. “Ansor berjuang mengedepankan harmoni bangsa dengan fokus menjaga keutuhan NKRI,” kata Gus Aun, sapaan akrabnya.

Untuk mewujudkan cita-cita itu, kerukunan menjadi modal utama untuk kepengurusan baru. “Karena membangun sebuah lembaga ibarat membangun rumah, dan semua elemen harus saling dukung mendukung, saling menguatkan, baik dari fondasi, saka guru, sampai dengan atapnya," jelasnya.

Dyah Hayuning Pratiwi selaku Plt Bupati Purbalingga meminta Banom Ansor menjadi contoh dan memiliki pengaruh positif. “Juga menjadi garda terdepan menangkal segala bentuk paham radikal yang merusak ideologi dan kebinekaan bangsa,” tegasnya.

Sinergitas yang baik antara PC Ansor Purbalingga dan Pemkab Purbalingga harus terus dimantapkan untuk kemaslahatan yang lebih luas. "Khususnya dalam pembinaan umat bidang agama, sosial, dan ideologi," jelasnya,

Fokus Program Kerja

Wagino Al Manaf selaku Ketua PC GP Ansor Purbalingga menyampaikan empat program utama dalam masa kepemimpinannya, yaitu penguatan kelembagaan dari cabang hingga ranting. Juga koordinasi dan konsolidasi organisasi, penguatan Ahlussunah waljamaah, serta pemberdayaan seluruh anggota.

"Utamanya dalam mendukung terwujudnya visi Pemkab Purbalingga yaitu masyarakat yang berakhlak mulia," kata Wagiono.

Sebelum pelantikan, dilaksanakan apel Ansor Banser yang diikuti seluruh Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) dari 18 kecamatan di Purbalingga.

“Seluruh anggota Ansor Banser meneladani semangat syuhada yang berjuang dalam menegakkan NKRI,” tandas Mujiburrohman dari PP Ansor Korwil Jateng-DIY yang didaulat menjadi pembina apel.