Perkuat Ukhuwah Wathaniyah, Ansor Mangunjaya Gelar Festival Sholawat Nusantara

 
Perkuat Ukhuwah Wathaniyah, Ansor Mangunjaya Gelar Festival Sholawat Nusantara

LADUNI.ID, Pengandaran - Ketenteraman akan tercipta jika satu sama lain saling menjaga persaudaraan. Oleh sebab itu, ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan kebangsaan, merupakan semangat NKRI yang harus selalu dipupuk dan dijaga.

Ini disampaikan oleh Rohmat Nurhidayat, Ketua PAC Ansor Mangunjaya, seusai kegiatan Festival Sholawat Nusantara tingkat kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Ahad (23/8) kemarin.

Rohmat menjelaskan bahwa setiap kegiatan yang melibatkan banyak pihak harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjalin silaturahim. Perkembangan zaman yang sangat dinamis, jika tidak diimbangi dengan kegiatan yang positif bisa mengikis nilai-nilai persatuan.

"Tema kegiatannya adalah Cinta Sang Nabi. Semoga dengan shalawat kita bisa makin merekat," jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kiai Salimin, ketua MWCNU Mangunjaya saat membuka kegiatan tersebut. "Kegiatan ini adalah kesempatan yang baik untuk menjalin silaturahmi masyarakat di wilayah Kecamatan Mangunjaya, memperkuat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah insaniah dan ukhuwah wathaniyah," terangnya.

Adapun kegiatan tersebut adalah rangkaian Festival Shalawat Nusantara Piala Presiden 2018 yang dimulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Pada kesempatan ini, kegiatan diikuti oleh sembilan peserta dari lima desa yang ada di kecamatan Mangunjaya. Kelompok yang berhak atas juara pertama adalah grup hadrah El Hadits dari Desa Sukamaju.

"Nantinya juara pertama akan mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten Pangandaran," jelas Ade, ketua panitia kegiatan.