STAI An-Nawawi Purworejo

 
STAI An-Nawawi Purworejo

PROFIL
Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi atau kemudian dikenal dengan STAI AN-­NAWAWI (STAIAN) Purworejo, adalah sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam yang didirikan oleh Yayasan Pengembangan Pondok Pesantren Roudlotut Thullab, sebagai jawaban insan pesantren terhadap tuntutan masyarakat, akan hadirnya sebuah institusi pendidikan tinggi Islam yang mengedepankan akhlaqul karimah dan keseimbangan lahiriyah dan batiniyah.

Pendirian STAI An-Nawawi disandarkan kepada cita-cita luhur al-Marhum al-Maghfurlah K.H. Nawawi beberapa tahun menjelang wafatnya. Pada sekitar tahun 1979, beliau menghendaki dibukanya Fakultas Syariah sebagai ajang pengkaderan hakim-hakim agama. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, maka dimulailah persiapan serius dengan menyiapkan sarana prasarana perkuliahan dengan dibangunnya satu unit gedung yang saat ini dipergunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Madrasah Banin. Langkah ini sempat terhenti dan kembali menguat pada tahun 1992, saat kepemimpinan pondok pesantren dilanjutkan putranya, K.H. Achmad Chalwani, dengan mempersiapkan meubelair perkuliahan.

Keinginan itu terwujud pada tahun 2001 dengan disusunnya suatu kepanitiaan yang diketuai langsung oleh putra al-Marhum dan disahkan dalam Surat Keputusan Yayasan Nomor 036/SK.Yaspendo/5/2001 tanggal 31 Mei 2001, dengan susunan lengkap kepanitiaan sebagai berikut:

Ketua/Pendiri : KH. Achmad Chalwani
Sekretaris : Sahlan, S.Ag.
Anggota : Drs. H. Mahsun Zain
    Drs. H. Nachrowi Arief
    Drs. Miswadi
    Ibnu Aqqil AK

Dengan demikian, maka tanggal 31 Mei 2001 M/8 Rabi'ul Awwal 1422 H kemudian secara resmi ditetapkan sebagai tanggal berdirinya STAI An-Nawawi Purworejo.
PRODI
1.Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
2.Manajemen Pendidikan Islam
3.Perbankan Syariah
4.Ahwal Syakhsiyah
FASILITAS
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Kampus
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Soal Madrasah
7. Laboratorium Bahasa
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Klinik Kesehatan
10. Aula
11. Lapangan
ALAMAT
Jl. Ir. H. Juanda No. 1 Berjan Gebang Purworejo 54191
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.staiannawawi.ac.id

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.