Bupati Jombang: Berbagai Elemen Turut Dorong Semarakkan Hari Santri Nasional

 
Bupati Jombang: Berbagai Elemen Turut Dorong Semarakkan Hari Santri Nasional

LADUNI.ID, Jombang - Setiap tanggal 22 Oktober, Hari Santri peringati. Pada momentum ini, Bupati Jombang, Jawa Timur Hj Mundjidah Wahab mendorong agar sejumlah elemen masyarakat Jombang turut semarakkan perhelatan Hari Santri Nasional (HSN). Hari santri menurutnya sudah harus bisa lebih dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat koordinator program HSN dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) melakukan rapat koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Rabu (26/9).

"Jadi kita bisa menunjukkan bahwa ini lah santri, tidak hanya terpusat pada pesantren saja. Namun bagaimana berbagai elemen khususnya di Jombang merasa memiliki," ujarnya.

Dan untuk menjembataninya, ia mengimbau agar dalam hal menyukseskan program-program yang telah disusun panitia hingga pada puncak acara melibatkan warga di luar NU dan pesantren.

"Misalnya melibatkan sekolah-sekolah di bawah Dinas Pendidikan, dan Kemenag. Serta bisa juga melibatkan perguruan tinggi dan berbagai Ormas," ujarnya.

Selain itu, Hj Mundjidah yang juga ketua PC Muslimat NU Jombang ini menambahkan, pemaknaan santri hedaknya tidak dipersempit hanya pada unsur-unsur yang berkaitan dengan NU dan pesantren. Namun lebih pada konteks nilai-nilai kesantrian yang dimiliki oleh setiap warga.

"Kami sepakat bahwa santri adalah semua muslim yang menjalankan nilai-nilai kesantrian," jelasnya.

Dengan demikian, imbuhnya, semarak Hari Santri kian dirasakan oleh masyarakat Jombang secara keseluruhan. Masyarakat sangat antusias dengan Hari Santri.