FIA UI Kerjasama dengan Tiga Universitas Ternama di Jerman 

 
FIA UI Kerjasama dengan Tiga Universitas Ternama di Jerman 

LADUNI.ID,Depok - Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) minggu ini mengunjungi tiga universitas ternama di Jerman, yaitu Universitas Erfurt, Universitas Speyer, dan Berlin School Economic & Law (BSEL). Rombongan yang langsung dipimpin Dekan FIA UI, Prof. Eko Prasojo ini menjajaki kolaborasi dalam bidang penelitian dan akademik keilmuan administrasi.

Selain Prof. Eko, rombongan FIA juga terdiri dari Wakil Dekan II Retno Kusumastuti, Kerjasama Internasional Reza Fathurrahman, dan Kepala Pusat Kajian Governansi, Kebijakan Publik dan Bisnis Novita Ikasari.

Dalam kunjungannya ke Universitas Speyer, terdapat beberapa kesepakatan yang tercapai antara kedua belah pihak.Pertama, Direktur German Research Institute for Public Administration Universitas Speyer, Prof. Jan Ziekow, bersedia hadir dalam konferensi internasional FIA UI pada tahun depan dan memberikan kuliah umum.

Kedua, Prof. Jan mendukung mahasiswa bimbingan atau asisten risetnya inbound di FIA UI. Ketiga, menerima mahasiswa Ph.D atau dosen FIA UI outbond di Speyer dengan pembiayaan lembaga Alexander von Humbolt.

Selain itu, kesepakatan lainnya adalah FIA UI dapat mengirimkan pengabdi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan di Speyer. Terakhir, adanya riset kolaborasi dengan topik “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Sedangkan kerja sama dengan Universitas Erfurt berpusat pada kolaborasi riset, dengan tema social innovation. Junior professor dari Universitas Erfurt juga dapat bertindak sebagai visiting scholar di FIA UI tahun depan. Kerja sama lainnya adalah mahasiswa S3/Dosen FIA UI dapat melakukan kunjungan kolaborasi riset di Universitas Erfurt.

Dalam kunjungannya ke Berlin School Economic & Law (BSEL), kedua fakultas melihat potensi kerjasama. Di antaranya potensi kerja sama yang akan dibangun adalah student mobility dan magang untuk mahasiswa kedua universitas, kerja sama penelitian di bidang entrepreneurship, green economy, financial technology dan berbagai topik lainnya.

Selain itu, potensi kerjasama lainnya adalah pendidikan dan pelatihan bersertifikasi dalam bidang-bidang tertentu, seperti manajemen finansial untuk lembaga riset dan pendidikan.Terakhir, diharapkan kerjasama melalui student qolloquium untuk mahasiswa doktoral melalui visiting fellowship. Dalam dua hari kedepan, FIA UI juga akan menjajaki kerja sama dengan dua universitas lainnya, yaitu Hertie School of Governance, Berlin dan Universitat Potsdam.
 

 

 

Tags