KH Imam Taufiq : Santri Harus Memiliki Kepedulian pada Problematika Sekitar

 
KH Imam Taufiq : Santri Harus Memiliki Kepedulian pada Problematika Sekitar

LADUNI.ID, Semarang – KH Imam Taufiq meminta para santri, apalagi yang mengabdi di masyarakat memiliki semangat dalam mencari ilmu. Selain itu, harus mempunyai kepedulian kepada problematika sekitar, khususnya yang melanda para remaja.

Pengasuh Pesantren Darul Falah Besongo, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, KH Imam Taufiq itu, menekankan kepada santri untuk lebih serius dalam thalabul ilmi dengan cara disiplin waktu. “Santri juga harus mawas diri karena telah dihadapkan ramainya problem remaja, termasuk narkoba,” katanya, Selasa (2/10).

“Problem kecanduan dan ketergantungan dalam masalah narkoba ini merupakan masalah karena tidak adanya kepedulian dalam masyarakat,” ungkapnya. Karenanya perlu peran santri untuk peduli terhadap sosial dan masyarakat, lanjutnya.

Pesan tersebut disampaikan KH Imam Taufiq pada pelantikan pengurus baru Pondok Pesantren Darul Falah Besongo di mushalla Raudlatul Jannah, di perumahan  bank di kawasan setempat.

Selanjutnya dirinya berharap kiprah pengurus baru. Menurutnya, peran kepengurusan perlu diperjelas agar dapat menyosialisasikan dan komunikasi antar satu dengan lain. Hal ini menjadi suatu jembatan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Bagi santri yang belum dilantik menjadi pengurus harus berusaha menaati dan menghormati peraturan yang telah ditetapkan dengan baik,” katanya.

Kemudian bagi santri yang sudah dilantik menjadi pengurus perlu adanya jiwa tanggung jawab dan amanah pada tugas yang telah diberikan. “Serta mempunyai progam yang menjadi prioritas,” tambah alumni Pesantren Mabaul Ma’arif Denanyar Jombang ini, sebagaimana dilansir dari NU Online.

Hadir Kusmanto, sesepuh perumahan menegaskan agar kepengurusan baru ini lebih maksimal dan bersinergi dengan masyarakat. Sehingga harapannya menciptakan kesejahteraan dalam bermasyarakat.

“Saya harap bisa mengoptimalkan progam kemasyarakatan yang berada di perumahan seperti halnya, konservasi lingkungan dan pembasmi jentik nyamuk,” pungkasnya penuh harap. (*)