Meski Menjabat Ketua Ansor, Lelaki Ini Juga Bangga Jadi Petani

 
Meski Menjabat Ketua Ansor, Lelaki Ini Juga Bangga Jadi Petani

LADUNI.ID, Bondowoso - Achmad Efendi adalah Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. "Saya merasa bangga menjadi seorang petani", kata Efendi.

Profesi tersebut ia geluti sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2006. "Profesi saya memang petani, dan ini juga meneruskan sekaligus amanat dari  keluarga bapak. Karenanya saya bangga," jelas Achmad Efendi kepada NU Online, Rabu (3/10).

Menurut pandangannya, petani dapat dilakukan sebagai pekerjaan sampingan. “Karena pekerjaan utama saya adalah ASN yakni sebagai guru di SDN Jeruk Soksok 01 Kecamatan Binakal Bondowoso,” ungkap bapak dari 3 anak itu.

Terkait dua pekerjaan tersebut, dirinya tidak merasa terganggu. "Tidak menganggu karena masing-masing lahan ada yang menangani mulai dari menggarap lahan, tanam, hingga panen. Saya hanya mengarahkan,” katanya.

Saat ini Efendi tinggal di Dusun Krajan RT 02/RW 01 Desa Jeruk Soksok Kecamatan Binakal. Lahan yang ditanam yaitu ketela rambat seluas satu hektar, dan tiga hektar padi di beberapa lokasi.

Di Bondowoso sendiri, Achmad Efendi bersama petani muda sudah membentuk komunitas Agro Farm Bondowoso dan dipercaya sebagai sekretaris. “Yang menampung semua budidaya pertanian dan resmi berbadan hukum,” jelasnya.

Terkait perhatian pemerintah setempat, dirinya tidak menampik pernah mendapat bantuan. Diantaranya bantuan bibit dari Dinas Pertanian Bondowoso lewat kelompok tani.

Efendi berharap petani muda di Bondowoso lebih maju dan ramah lingkungan. “Dari petani kimia ke semi organik menuju go organik,” pungkas Efendi.