Menjelang Hari Santri, Wabup Jombang: Santri adalah Pilar Penjaga Keutuhan NKRI

 
Menjelang Hari Santri, Wabup Jombang: Santri adalah Pilar Penjaga Keutuhan NKRI

LADUNI.ID, Jombang – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tiap tanggal 22 Oktober, setidaknya perlu melakukan introspeksi dan pengembangan kapasitas diri santri. Pernyataan ini diungkapkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Jombang Jawa Timur, Sumrambah, pada Senin (8/10) kemarin.

"Perhelatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap 22 Oktober, setiap tahunnya menjadi ajang yang tepat untuk semakin meningkatkan kapasitas serta kualitas diri seorang santri", kata Sumrambah.

Sudah semestinya seorang santri memiliki kemampuan yang komplit seiring kemajuan zaman. Hingga peran santri teteplah vital dari masa ke masa. "Tentu hal ini dibuktikan dengan karya-karya positif para santri untuk agama, bangsa, dan negeri", imbuh pria yang tak lama dilantik menjadi Wabup Kota Santri ini.

Sumrambah juga berharap agar santri terus maju dan berkarya sebagai santri Indonesia.

Semakin memiliki kapasitas yang mumpuni di berbagai aspek, santri akan semakin punya peran strategis untuk ikut andil dalam memajukan negeri ke depan. Terlebih pembangunan negeri tersebut sejak awal memang tak bisa lepas dari peran santri, kiai, ulama, dan pesantren.

"Untuk itu terus tingkatkan daya saing  ikut berpartisipasi dalam pembangunan negeri," ucapnya.

Sumrambah menilai, peran penting yang sangat dirasakan oleh bangsa dan negara sampai saat ini adalah komitmen santri akan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berbagai rintangan dan tantangan yang mengancam perpecahan di tengah bangsa, santri dan seluruh komponennya selalu ada untuk menghalaunya. 

Sumrambah juga menegaskan, Santri adalah pilar penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).