Gus Shoffa: Cegah Radikalisme dengan Menjaga Komunikasi dalam Keluarga

 
Gus Shoffa: Cegah Radikalisme dengan Menjaga Komunikasi dalam Keluarga

LADUNI.ID, Madiun - KH Agus Mushoffa Izzuddin, Pengasuh Ponpes Al-Mujaddadiyyah, Demangan, Kota Madiun, mengingatkan pentingnya menjaga komunikasi dalam keluarga untuk mencegah terpaparnya generasi muda atau milenial dengan aliran radikal bahkan terorisme.

Pengasuh yang akrab disapa Gus Shoffa ini juga berpendapat, komunikasi yang baik dalam keluarga, keteladanan orang tua, adalah titik pangkal perilaku anak.

"Kuncinya komunikasi  dalam rumah. Semua berasal dari rumah. Kalau orang tuanya komunikasinya baik, keteladanannya baik, anak akan berkarakter baik. Keluarga adalah benteng utama," papar Gus Shoffa.

Gus Shoffa yang juga Ketua PCNU Kota Madiun ini mengingatkan keharmonisan dalam rumah tangga harus benar-benar dijaga jika ingin melindungi anak muda generasi milenial dari terorisme dan radikalisme.

"Biasanya anak yang ada masalah di luar, berasal karena ada masalah dalam keluarga," tambahnya.

Selain itu, Gus Shoffa juga melanjutkan bahwa faktor lainnya juga adalah pergaulan dan akses informasi tak terbatas dan tidak difilter dengan baik.

"Anak juga harus dijauhkan dengan pengaruh-pengaruh informasi yang membahayakan sikap dan pendiriannya," jelas Gus Shoffa.