Aswaja NU Center Jombang Gelar Training of Trainer

 
Aswaja NU Center Jombang Gelar Training of Trainer

LADUNI.ID, Jombang – Acara Training of Trainer (ToT) angkatan I selama dua hari digelar oleh Pengurus Cabang (PC) Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) Nahdlatul Ulama (NU) Center Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu-Ahad, (3-4/11) di aula Kantor Pusat Pesantren Darul Ulum Jombang.

Menurut Direktur PC Aswaja NU Center Jombang KHM Afifuddin Dimyathi, tujuan secara umum diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk mencetak para kader Aswaja yang nantinya bisa menjadi trainer Aswaja di berbagai kesempatan.

"Sesuai agenda yang telah menjadi program kerja bahwa kegiatan seperti ini diadakan satu kali dalam satu tahun selama periode kepengurusan 2017-2022," terangnya.

Menurut pria yang kerap disapa Gus Awis ini menambahkan, Aswaja NU Center Kota Santri ini juga telah mencetak buku dasar-dasar amaliyah an-Nahdliyah untuk menjaga paham Aswaja di kalangan warga nahdliyin. Ini menurutnya, tentu bisa dijadikan salah satu bekal para kader Aswaja juga elemen masyarakat khususnya di Jombang.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta, mereka delegasi dari PC Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan perwakilan guru unit tingkat  SLTA di Pesantren Darul Ulum.

Sementara itu, menurut Ketua PCNU Jombang KH Salmanudin Yazid, terdapat tugas penting yang harus dikerjakan oleh Aswaja NU Center Jombang, selain pengkaderan, Aswaja NU Center juga harus mengawal kurikulum Aswaja yang diajarakan di sekolah-sekolah Ma'arif.

"Aswaja NU Center Jombang harus bisa mengawal kurikulum Aswaja di sekolah-sekolah Ma'arif khususnya," terang Gus Slaman sapaan akrabnya.

Sementara itu, materi dalam giat ToT Aswaja an-Nahdliyah ini, panitia menyusun lima materi. Yaitu Fikrah Nahdhiyah dan Mafhum (pengertian) Aswaja disampaikan Kiai Makruf Khozin, Tradisi-Tradisi Islam dan Istidlalnya oleh Kiai Ahmad Muntaha, Cara Pintar Berdebat dengan non Aswaja diampu Kiai Faris Khoirul Anam, Kurikulum Aswaja di Pendidikan formal disampaikan KHM Afifuddin Dimyathi dan Nahdhatul Ulama Menjawab Berbagai Tuduhan oleh Kiai Ahmad Samsul Rijal.

Adapun yang hadir dalam pembukaan ToT adalah Ketua MUI Jombang yang sekaligus Pimpinan Majelis Pimpinan Pesntren Darul Ulum KH Cholil Dahlan, Ketua PCNU Jombang KH Salmanudin Yazid didampingi Wakil Ketua H Azam Choiruman Najib, H Muslimin Abdilla, dan Amirul Arifin. (Sumber: NU Online)