Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Kiat Dapat Bersikap Dewasa?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Kiat Dapat Bersikap Dewasa?

Assalamu’alaikum wr wb. 
Mbak Nur yang baik, saya Wulan, 19 tahun dan masih kuliah. Mau curhat nih mbak, saat main sama temen seringkali temen bilang kalo aku harus mulai bersikap dewasa dan tidak kekanak-kanakan lagi. Mungkin ini bawaan dari keluarga kali ya mbak, saya anak bungsu dan jarak usia dengan kakak-kakak agak jauh sehingga semua perhatian keluarga tumpah ruah ke saya. Kira-kira apa yang harus saya lakukan ya mbak agar bisa bersikap lebih dewasa ? Terima kasih atas saran-sarannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Wulan di Jakarta

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Halo Wulan, dewasa itu bisa dilihat secara fisik dan psikologisnya. Secara fisik bisa terlihat dari ciri-ciri fisik dan tanda-tanda kedewasaan yang dialami oleh setiap orang, sedangkan secara psikologis akan tercermin dari sikap dan perilaku kita. Dewasa apabila dilihat dari Al Qur’an surat QS. al-Ahqaf: 15, dan QS. al-Qashash: 14, yakni telah sempurna kekuatannya, akalnya, dan pandangannya. Bâligh atau dewasa dalam ayat ini berbicara dalam konteks kematangan seseorang.
Untuk menjadi dewasa kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini :

1. Kontrol Emosi
Sudah bukan waktunya lagi mendramatisir sesuatu, berlebihan dalam meluapkan emosi. Bersikaplah tenang agar kamu dapat berpikir sebelum bertindak dan memberikan respon yang terbaik. 

Baca Juga: Bagaimana tips Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis dan Tambah Mesra

2. Hadapi Masalah
Menghadapi setiap permasalahan akan melatih kedewasaan dirimu. Tak penting apakah masalahnya besar atau kecil, namun proses dan tahapan menghadapi masalah merupakan pengalaman yang paling berharga. 

3. Selalu Introspeksi Diri
Melihat kesalahan diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita sendiri mengelak atau tidak mengakuinya. Cobalah untuk mengakui kesalahan kita, meminta maaf apabila diperlukan. Lalui prosesnya, mulailah untuk introspeksi diri dan memperbaiki dirimu. Jangan segan untuk menerima kritik dengan lapang dada, karena justru kritik inilah yang akan membantumu membangun karakter kepribadianmu.
 

4. Belajar Mengambil Keputusan Sendiri
Apabila sebelumnya kamu selalu meminta tolong orang tua, kakak atau sahabatmu dalam pengambilan keputusan. Mulai sekarang belajarlah untuk mengambil keputusanmu sendiri dan perhitungkanlah segala resikonya. 
 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyadarkan Anak yang Terlanjur Penyuka Sesama Jenis

5. Bertanggung jawab atau amanah
Usia mahasiswa seharusnya sudah mulai bertanggung jawab dengan segala keputusan dan kepercayaan yang telah diberikan. Semakin dewasa, maka tanggung jawab seseorang akan semakin besar. 

6. Tumbuhkan Empati
Saat kita masih kecil, kita belum dapat meraba dan bertindak berdasarkan apa yang dirasakan orang lain. Seiring dengan bertambahnya usia seharusnya seseorang mampu menumbuhkan empati yang akan membuat kita bersikap lebih bijaksana. 

7. Mandiri
Bagi seseorang yang belum dewasa, menjadi mandiri adalah hal yang menakutkan. Cobalah untuk melakukan sesuai kemampuanmu dan pemikiranmu sendiri. Jangan takut salah, karena dari kesalahan-kesalahan itu  dapat membuat kita belajar menjadi lebih baik.

8. Tentukan Life Goalsmu
Menentukan life goals akan membuat hidupmu lebih terarah dan fokus. Life Goals juga membuatmu berpikir untuk tidak menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang tidak berguna. Tercapainya life goals akan memberikan rasa bangga dan meningkatkan kepercayaan dirimu. Kamu juga bisa belajar banyak hal pada saat proses pencapaian life goals-mu itu.

Semoga dapat membantu ya dan tetap semangat.
Wassalamu’alaikum wr wb.

 

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun