Perayaan Maulid Nabi, LDNU: Momen Kebangkitan Spirit Kemanusiaan

 
Perayaan Maulid Nabi, LDNU: Momen Kebangkitan Spirit Kemanusiaan

LADUNI.ID, Jakarta – Pada peringatan Maulid Nabi ini, merupakan sebuah momentum bagi umat muslim untuk meneladani nilai kesantunan, perdamaian dan persaudaraan yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. Dengan spirit dan nilai Maulid Nabi inilah cita-cita untuk mewujudkan kehidupan berbangsa Indonesia yang damai dan tentram pasti bisa tercapai.

“Maulid Nabi adalah momentum kita mensyukuri kelahiran sosok Nabi Muhammad SAW yang mempunyai spirit yang kuat soal kemanusiaan. Kelahiran beliau menandai hancurnya diktarorisme, paganisme, orang-orang yang selalu menggunakan politik identitas dan kesukuan, karena yang dibawa oleh sosok Nabi Muhammad SAW adalah nilai-nilai universal, nilai nilai kemanusiaan,” terang Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH. Maman Imanulhaq di Jakarta, pada Selasa (20/11).

Kang Maman melanjutkan bahwa semangat Maulid Nabi itulah yang harus terus ditebarkan kepada seluruh umat dan seluruh bangsa agar tercipta kehidupan yang harmonis. Juga harus ditebarkan bahwa manusia lahir di dunia dengan semangat membawa optimisme, nilai-nilai universal, toleransi, dan kedamaian, bukan manusia lahir dengan membawa angkara murka.

“Jangan sekali-sekali menodai hidup kita dengan politik sektarian, sukuisme, apalagi arogansi. Sesungguhnya Muhammad SAW hadir untuk membawa nilai kasih sayang, nilai egaliterian,” tambah pengasuh Ponpes Al Mizan Majalengka ini.

Nabi Muhammad SAW juga telah menghancurkan sekat-sekat kesukuan yang muncul ketika itu. Hingga akhirnya Nabi Muhammad mampu menyatukan seluruh kalangan dalam satu nafas kemanusiaan, satu nafas kasih sayang.

Selain itu, Nabi juga mendakwahkan Islam dengan menyebarkan ajaran kemanusiaan dan toleransi, termasuk mewarnai seluruh jalan kehidupannya dengan melakukan transpormasi perdamaian, menyatukan suku yang terberai termasuk juga menghancurkan radikalisme, dan sangat anti dengan gerakan teror yang dilakukan kaum Arab Quraisy waktu itu yang dipelopori Abu Jahal dan Abu Lahab.

“Nabi Muhammad SAW hadir di tengah orang-orang yang punya pikiran status sosial biasa, tapi punya pikiran luar biasa tentang kemajuan kemanusiaan. Inilah yang menjadi bukti bahwa agama yang dibawa Muhammad adalah agama yang rahmatan lil alamin,” terang.