Biografi Sayyid Ja’far Al-Barzanji, Pengarang Kitab Maulid Al-Banzanji

 
Biografi Sayyid Ja’far Al-Barzanji, Pengarang Kitab Maulid Al-Banzanji

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Nasab
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Khatib di Masjid Nabawi

4.    Sosok yang Mashur
5.    Karya-Karya
6.    Teladan
7.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Sayyid Ja’far Al-Barzanji lahir di Madinah Al-Munawwarah pada hari Kamis, awal bulan Zulhijjah tahun 1126 H (1711 M). Sayyid Ja’far Al-Barzanji adalah seorang ulama besar keturunan Nabi Muhammad SAW dari keluarga Sa’adah Al Barzanji yang termasyur, berasal dari Barzanj di Irak. Datuk-datuk Sayyid Ja’far semuanya ulama terkemuka yang terkenal dengan ilmu dan amalnya, keutamaan dan keshalihannya.

1.2 Nasab
Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim bin Muhammad bin Sayid Rasul bin Abdul Syed bin Abdul Rasul bin Qalandar bin Abdul Syed bin Isa bin Husain bin Bayazid bin Abdul Karim bin Isa bin Ali bin Yusuf bin Mansur bin Abdul Aziz bin Abdullah bin Ismail bin Al-Imam Musa Al-Kazim bin Al-Imam Ja’far As-Sodiq bin Al-Imam Muhammad Al-Baqir bin Al-Imam Zainal Abidin bin Al-Imam Husain bin Sayidina Ali r.a. dan Sayidatina Fatimah binti Rasulullah SAW.

1.3 Wafat
Sayyid Ja'far Al-Barzanji wafat pada hari Selasa, selepas Ashar, 4 Sya’ban tahun 1177 H di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi`, sebelah bawah maqam beliau dari kalangan anak-anak perempuan Junjungan Nabi saw. di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi’, tepatnya di sebelah bawah makam nenek moyang beliau dari kalangan anak-anak perempuan Rasulullah SAW.

Sungguh karya-karya Sayyid Ja'far telah membawa umat untuk selalu mengingat Rasulullah SAW. Menjadikan umat lebih mencintai Rasulullah SAW. Menenggelamkan umat dalam lautan rindu kepada Rasulullah SAW. Setiap kali karangannya dibaca, shalawat dan salam selalu terlantunkan atas Baginda Nabi Agung Muhammad SAW.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
Semasa kecilnya beliau telah belajar Al-Qur'an dari Syaikh Ismail Al-Yamani, dan belajar tajwid serta membaiki bacaan dengan Syaikh Yusuf As-So’idi dan Syaikh Syamsuddin Al-Misri. Antara guru-guru beliau dalam ilmu agama dan syariat adalah: Sayyid Abdul Karim Haidar Al-Barzanji, Syaikh Yusuf Al-Kurdi, Sayid Athiyatullah Al-Hindi.

Sayyid Ja’far Al-Barzanji telah menguasai banyak cabang ilmu, antaranya: Shoraf, Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqih, Usulul Fiqih, Faraidh, Hisab, Usuluddin, Hadis, Usul Hadis, Tafsir, Hikmah, Handasah, A’rudh, Kalam, Lughah, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawuf, Kutub Ahkam, Rijal, Mustholah.

Sayyid Ja’far Al-Barzanji juga seorang Qodhi (hakim) dari madzhab Maliki yang bermukim di Madinah, merupakan salah seorang keturunan (buyut) dari cendekiawan besar Muhammad bin Abdul Rasul bin Abdul Sayyid Al-Alwi Al-Husain Al-Musawi Al-Saharzuri Al-Barzanji (1040-1103 H/1630-1691 M), Mufti Agung dari madzhab Syafi’i di Madinah.

Sang mufti (pemberi fatwa) berasal dari Shaharzur, kota kaum Kurdi di Irak, lalu mengembara ke berbagai negeri sebelum bermukim di Kota Sang Nabi. Di sana beliau telah belajar dari ulama-ulama terkenal, di antaranya: Syaikh Athaallah ibn Ahmad Al-Azhari, Syaikh Abdul Wahab At-Thanthowi Al-Ahmadi, Syaikh Ahmad Al-Asybuli. Beliau juga telah diijazahkan oleh sebahagian ulama, antaranya: Syaikh Muhammad At-Thoyib Al-Fasi, Sayyid Muhammad At-Thobari, Syaikh Muhammad ibn Hasan Al-A’jimi, Sayyid Musthofa Al-Bakri, Syaikh Abdullah As-Syubrawi Al-Misri.

2.2 Guru-Guru
1. Syaikh Ismail Al-Yamani
2. Syaikh Yusuf Asho’idy
3. Syaikh Syamsuddin Al-Misri
4. Sayyid Abdul Karim Haidar Al-Barzanji
5. Syaikh Yusuf Al-Kurdi
6. Sayyid Athiyatullah Al-Hindi
7. Syaikh Athaallah bin Ahmad Al-Azhari,
8. Syaikh Abdul Wahab At-Thanthowi Al-Ahmadi,
9. Syaikh Ahmad Al-Asybuli
10. Syaikh Muhammad At-Thoyib Al-Fasi,
11. Sayyid Muhammad At-Thobari,
12. Syaikh Muhammad bin Hasan Al A’jimi,
13. Sayyid Musthofa Al-Bakri,
14. Syaikh Abdullah As-Syubrawi Al-Misri.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Menjadi Khatib di Masjid Nabawi
Sayyid Ja'far Al-Barzanji, selain dikenal sebagai mufti, beliau juga menjadi khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di masjid yang mulia tersebut. Beliau terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak dan takwanya, tapi juga dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya. Penduduk Madinah sering meminta beliau berdoa untuk hujan pada musim-musim kemarau.

Diceritakan bahwa satu ketika di musim kemarau, di saat beliau sedang menyampaikan khutbah Jum’at, seseorang meminta beliau beristisqa’ (memohon hujan). Maka dalam khutbahnya itu, beliau pun berdoa memohon hujan, dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan lebatnya hingga seminggu lamanya, persis sebagaimana yang pernah terjadi pada zaman Rasulullah Saw. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebagian ulama pada zaman itu telah memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:

“Dahulu al-Faruuq dengan al-‘Abbas beristisqa’ memohon hujan. Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa’ memohon hujan. Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan. Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘arif.”

4. Sosok yang Mashur
Sayyid Ja'far Al-Barzanji telah diakui banyak kalangan dan mendapat kedudukan yang dekat di sisi pembesar Makkah dan Madinah, serta para menteri Kerajaan Utsmaniah. Kemasyhuran dan kehebatan beliau telah menyebar ke seluruh pelosok dunia Islam. Karangan-karangan beliau telah  diterima dan dipuji oleh para ulama yang sezaman denganya sehingga  tersebarlah tulisan-tulisan beliau di kalangan para penuntut ilmu.

5. Karya-Karya
Sayyid Ja’far Al-Barzanji adalah pengarang kitab maulid yang masyhur dan terkenal dengan nama Maulid Al-Barzanji. Sebagian ulama mengatakan bahwa nama karangannya tersebut adalah ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar. Maulid karangan beliau ini adalah diantara kitab maulid yang paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri 'Arab dan Islam, baik di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak dari mereka yang menghafalnya.

Kandungannya merupakan khulashah (ringkasan) Sirah Nabawiyyah yang meliputi kisah kelahiran Rasulullah SAW, diutusnya beliau SAW. sebagai Rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga kewafatan beliau Rasulullah SAW.

Kitab Maulid Al-Barzanji ini telah disyarahi oleh al-‘Allamah al-Faqih asy-Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad yang terkenal dengan panggilan Ba’ilisy dengan kitab syarah yang dinamakan al-Qaul al-Munji 'ala Maulid Al-Barzanji yang telah berulang kali dicetak di Mesir.

(Beliau Syekh Ba`ilisy adalah seorang ulama besar lulusan Al-Azhar Asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217 H/1802 M dan wafat pada tahun 1299 H/1882 M. Karyanya antara lain adalah; Hidayat al-Murid li 'Aqidat Ahl at-Tauhid, Syarh al-'Aqa’id al-Kubra li as-Sanusi, Hasyiyah 'ala Syarhi ash-Shoghir li ad-Dardir, Minhu al-Jalil 'ala Mukhtashar Khalil dan Hidayat as-Salik ila Aqrab al-Masalik fi Furu` al-Fiqh al-Maliki).

Selain Syekh Ba’ilisy, ulama kita kelahiran Banten Pulau Jawa, yang terkenal sebagai ulama dan penulis yang produktif dengan banyak karangannya yaitu Punggawa Ulama Hijaz, An-Nawawi Ats-Tsani, Syaikh Muhammad Nawawi Al-Bantani Al-Jawi turut menulis syarah dari kitab Maulid Al-Barzanji yang diberi judul Madarij ash-Shu’ud ila Iktisa’ al-Buruud.

Begitu juga dari salah satu cucu Sayyid Ja'far Al-Barzanji yang bernama sama dengan kakeknya yaitu Sayyid Ja’far bin Sayyid Isma’il bin Sayyid Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad Al-Hadi bin Sayyid Zain Al-Barzanji, telah menulis syarah dari kitab Maulid Al-Barzanji tersebut yang diberi judul Al-Kaukab Al-Anwar ‘ala ‘Iqd Al-Jauhar fi Maulid An-Nabiy Al-Azhar.

Sayyid Ja'far ini juga adalah seorang ulama besar keluaran Al-Azhar Asy-Syarif. Beliau juga merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah. Karangan-karangan beliau banyak, diantaranya; Syawahid al-Ghufran ‘ala Jaliy al-Ahzan fi Fadhail Ramadhan, Mashabih al-Ghurar ‘ala Jaliy al-Kadar dan Taj al-Ibtihaj ‘ala Dhau’ al-Wahhaj fi Isra’ wa al-Mi’raj.

Beliau juga telah menulis sebuah manaqib yang menceritakan perjalanan hidup dan ketinggian kakeknya Sayyid Ja'far Al-Barzanji dengan judul ar-Raudh al-‘Athar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far.

Kitab karangan Sayyid Ja'far Al-Barzanji diantaranya:

  1. Al-Birr al-‘Ajil bi Ijabat asy-Syeikh Muhammad al-Ghafil
  2. Jaliyat al-Kadr bi Asmai Ashshab Sayyid al-Malaik wa al-Basyar
  3. Jaliyat al-Kurb wa al-Ahadiyyin bi Asma’ Sayyid al-‘Ajam wa al-‘Arab fi Asma’ al-Badriyyin
  4. Al-Lujjainiy ad-Daniy fi Manaqib asy-Syeikh Abdil Qadir al-Jailaniy
  5. Ar-Raudh al-Mu’thar fi Maa Yuhaddi as-Sayyid Muhammad min al-Asy’al
  6. Asy-Syiqaq al-Atrijiyyah fi Manaqib al-Asyraf al-Barzanjiyyah
  7. Ath-Thawali’ al-As’adiyyah min al-Mathali’ al-Masyriqiyyah
  8. Al-‘Ariyn li Asma’ ash-Shabat al-Badriyyin
  9. Fath ar-Rahman ‘ala Ajwibat as-Sayyid Ramdhan
  10. Al-Faidh al-Lathif bi Ijabat Naib as-Sar’ asy-Syarif
  11. Nuhudh al-Laits li Jawab Abi al-Ghaits
  12. ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar (Maulid al-Barzanji).

6. Teladan
Sayyid Ja'far Al-Barzanji mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan al-Quran dan as-Sunnah, wara’, banyak berdzikir, senantiasa bertafakkur, mendahului dalam berbuat kebajikan, gemar bersedekah, dan sangat pemurah.

7. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: https://asadiyahpusat.org

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya