Pernikahan, Usia Istri Lebih Tua dari Suami

 
Pernikahan, Usia Istri Lebih Tua dari Suami

LADUNI.ID | ARTIKEL KEAGAMAAN

Pernikahan, usia istri lebih tua dari pada suami, memang terhitung jarang. Karena umumnnya, lelaki lebih tua dibandingkan wanita.

Meskipun demikian, hal ini sah-sah saja dalam islam. Karena di masa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ada banyak pernikahan, dimana usia istri lebih tua dibandingkan suami. Bahkan yang menjalani hal ini adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri.

Menurut keterangan mayoritas ahli sejarah, usia Khadijah ketika menikah dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sekitar 40 tahun. Ada juga yang mengatakan 45 tahun. Sementara menurut riwayat al-Baihaqi dan al-Hakim, usia Khadijah 35 tahun. Sementara Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berusia sekitar 25 tahun.

Al-Hafidz Ibnu Katsir menukil keterangan az-Zuhri,

قال الزهري: وكان عمر رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم تزوج خديجة إحدى وعشرين سنة، وقيل خمسا وعشرين سنة، زمان بنيت الكعبة، وقال الواقدي وزاد: ولها خمس وأربعون سنة

Az-Zuhri mengatakan, “Usia Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika menikah dengan Khadijah adalah 21 tahun. Ada juga yang mengatakan 25 tahun. Di zaman pembangunan ulang Ka’bah. Sementara kata al-Waqidi, ada tambahan, “Usia Khadijah 45 tahun.” (as-Sirah an-Nabawiyah, Ibnu Katsir, 4/581).

Setelah Khadijah Radhiyallahu ‘anha meninggal, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahi Saudah bintu Zam’ah. Berapa Usia Saudah?

Beliau janda yang sudah tua. Saudah dinikahi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di usia sekitar 66 th.

Muhammad Abu Zahrah dalam kitabnya Khatam an-Nabiyin mengatakan,

تزوج النبي صلى الله تعالى عليه وسلم من بعدها قبل الهجرة سودة بنت زمعة، وكانت نحو سن خديجة، أي في ست وستين من عمرها

Setelah meninggalnya Khadijah, sebelum Hijrah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahi Saudah bintu Zam’ah. Usianya seperti Khadijah, kurang lebih 66 tahun. (Khatam an-Nabiyin, 3/1097)

Perbedaan usia terkadang membuat anda bimbang untuk melanjutkan atau mengakhiri hubungan, terlebih bila anda memiliki pacar yg berusia lebih muda. Anda mungkin berpikir pria lebih muda biasanya memiliki pemikiran yg belum dewasa dan mengharuskan anda untuk lebih ngemong. Belum lagi hubungan asmara dengan pria lebih muda sering kali dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Dibalik itu semua, ternyata ada beberapa kelebihan jika anda memiliki hubungan asmara dengan pria lebih muda, di antaranya:

1. Ta'arruf/perkenalan jadi lebih menyenangkan.

Menjalin hubungan asmara dengan pria lebih muda akan menghadirkan suasana baru dalam hidup anda. Ya, gaya pacaran dengan pria lebih muda tentu akan berbeda bila anda berpacaran dengan pria yg usianya lebih tua dari anda.

Pria usia muda cenderung memiliki ide-ide kreatif untuk menyenangkan hati anda saat ta'arrufan (perkenalan), baik secara fisik dan emosional.

Dengan demikian, menjalin perkenalan dengan pria lebih muda justru bisa membuat kisah asmara anda semakin romantis dan harmonis. Tidak hanya itu, anda akan merasa sangat diutamakan dan dihargai olehnya.

2. Lebih terbuka

Dengan siapapun anda menjalin hubungan, tentunya anda ingin tahu seluk-beluk kehidupan pasangan, termasuk soal mantan pacar dan kehidupan asmaranya di masa lalu.

Semakin muda usia pasangan, maka ia akan semakin terbuka dengan anda, baik itu tentang masa lalunya, mantan pacarnya, dan sebagainya.

Akan tetapi, anda tetap perlu berkompromi dengan pasangan tentang hal ini untuk mencegah segala konflik. Ambil contoh, saat anda dan pasangan dilanda konflik, mungkin anda membutuhkan waktu sendiri untuk menenangkan diri, sementara pasangan mungkin ingin segera menyelesaikannya saat itu juga.

Hal-hal seperti itu yg harus didiskusikan bersama supaya hubungan asmara terus langgeng dan awet.

3. Jadi awet muda

Menghabiskan banyak waktu dengan pasangan yg lebih muda dapat membantu memunculkan aura jiwa muda anda. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan pasangan anda akan mengajak anda melakukan aktivitas yg mungkin belum pernah atau jarang anda lakukan sebelumnya.

Misalnya saja menjelajah tempat2 menarik yg belum pernah anda kunjungi. Ya, berhubungan dengan pria lebih muda dapat membuat anda tersenyum lebih banyak dan membuat anda awet muda.

Benarkah Rentan Perceraian?

Masalah rentan perceraian, sebenarnya ini kembali kepada sikap. Memang umumnya lelaki diharapkan jauh lebih dewasa dari pada wanita. Karena dia yang akan menjadi kepala keluarga. Sehingga dengan posisi usia yang lebih tua, diharapkan dia bisa lebih dewasa dari pada istrinya.

Meskipun dalam banyak kasus, usia tidak menjamin.

Kita mengakui, Rumah tangga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama Khadijah adalah rumah tangga sangat bahagia. Meskipun Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam jauh lebih muda dari pada Khadijah.

Jangan pernah lepas untuk belajar segala persiapan nikah. Karena ilmu menjadi modal utama semua pelaku rumah tangga. Wallahu a'lam

ASIMUN MAS'UD

 

(srf/srf)