Jepang Angka Terbanyak Bunuh Diri di Dunia

 
Jepang Angka Terbanyak Bunuh Diri di Dunia

LADUNI.ID, INTERNATIONAL - Jepang menjadi salah satu negara dengan kasus bunuh diri terbanyak di dunia. Merujuk pada data Badan Kepolisian Nasional Jepang, pada tahun 2017 tercatat ada 21.321 kasus bunuh diri di Jepang.

Salah satu tempat yang kerap menjadi lokasi bunuh diri adalah di depan peron stasiun kereta. Tempat tersebut kerap dijumpai penumpang yang menjatuhkan dirinya ke jalur rel kereta.

Biro Transportasi Fukuoka City Handa Hiroshi mengaku hal tersebut memang sempat sering terjadi. Namun sejak tahun 2005, banyak operator kereta yang mulai memasang pintu tepi peron atau screen door di stasiun untuk mencegah penumpang melewati tepi peron menuju ke jalur rel.


"Memang kami di subway dulu sering terjadi dalam satu tahun beberapa kasus bunuh diri. Tapi setelah kami memasang pintu tepi peron, hal tersebut berkurang. Jadi pembatas tepi peron itu baru dilakukan dan jadi tindakan untuk mencegah bunuh diri itu," katanya dalam sebuah paparan di Kantor Biro Transportasi Fukuoka City, Fukuoka, Jepang, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya, pemasangan pintu tepi peron tersebut cukup ampuh untuk mengurangi tindakan ceroboh pengguna kereta yang ingin masuk ke jalur rel.

Meskipun belum semua stasiun yang memiliki pintu pembatas di peronnya, tetapi masih saja ada celah orang untuk melewati pintu tepi peron tersebut, misalnya dengan cara memanjat.

Untuk mengoptimalkan kecelakaan yang terjadi di peron stasiun, operator-operator kereta di Jepang juga memasang tombol darurat dan alat pendeteksi barang yang jatuh di jalur rel.

Dengan demikian, jika ada penumpang yang diketahui meloncat atau tak sengaja terjatuh ke dalam jalur rel, penumpang lainnya bisa langsung menekan tombol darurat yang ada di dekat peron stasiun.

Sumber: detik.com