Disdik Sumenep Pastikan 6.839 siswa SMP Mengikuti UNBK

 
Disdik Sumenep Pastikan 6.839 siswa SMP Mengikuti UNBK

LADUNI.id, SUMENEP – Dinas Pendidikan (Disdik) memastikan tahun 2019 sebanyak 6.839 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepastian itu dikatakan oleh Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Sumenep, Muhamad Saedi. Menurutnya, sebagian sarana dan prasarana di SMP Negeri sudah siap melaksanakan UNBK.

“Untuk tahun ini semua SMP Negeri di Sumenep melaksakan ujian online. Termasuk SMP yang ada di kepulauan,” katanya pada sejumlah media.

Data Dinas Pendidikan Sumenep, jumlah SMP Negeri saat ini sebanyak 43 dan SMP swasta sebanyak 143 lembaga. Jumlah itu tersebar di wilayah daratan dan juga kepulauan. Sementara jumlah pelaksana UNBK tahun ini sebanyak 88 sekolah.

“Tidak semua sekolah menjadi pelaksana. Tapi sebagian menginduk terhadap sekolah yang lain,” jelasnya.

Sementara jumlah peserta UNBK jenjang SMP tahun ini sebanyak 6.839 siswa.

“Jumlah itu terdiri dari 3.650 laki-laki dan 3.189 perempuan,” tuturnya.

Pihaknya mengaku, beberapa waktu lalu sudah melakukan uji coba untuk wilayah kepulauan. Hasilnya berjalan lancar. Sehingga Saedi optimis pada pelaksanaan UNBK nanti juga berjalan lancar.

“Masalah sinyal dan juga listrik di kepulauan lancar. Pada saat kami melakukan uji coba, tidak ada kendala yang berarti,” tukasnya. (di/ibn).