Siswa Era Industri 4.0 Harus Memiliki Tiga Spesifik Ini

 
Siswa Era Industri 4.0 Harus Memiliki Tiga Spesifik Ini

 

LADUNI.ID,EDUKASI Setidaknya ada tiga kemampuan yang harus dimiliki siswa di era rovolusi industri saat ini, pertama, kemampuan berbahasa, kedua, kemampuan kempimpinan, ketiga, kemampuan digital. 

Penjelasan ini disampaikan Ridwan Kamil dalam pembukaan acara "Edu Passion" dan peresmian ruang laboratorium SMAN 3 Bandung, Kamis (24/1/2019).

Sosok gubernur Jawa Barat itu menyebutkan penguasaan tiga kemampuan telah menjadi kewajiban karena merupakan kebutuhan dalam proses adaptasi yang dilakukan dengan keadaan saat ini.

Ia menjelaskan saat ini unggul di bidang koginitif saja tidak cukup, sehingga penguasan tiga kemampuan tersebut harus ditingkatkan.

Gubernur pun mencontohkan penguasaan di bidang digital. “Siswa harus paham, manfaatkan dan menguasai internet off things, sistem pemograman, aplikasi dan bidang lainnya,” tuturnya.

Selanjutnya Ridwan Kamil juga menambahkan kemampuan berbahasa asing pun menjadi sesuatu yang harus dikuasi siswa sebagai sarana menjalin komunikasi.

Gubernur Jabar ini menekankan pentingnya kemampuan kepemimpinan yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.  

“Jika kalian mempunyai jiwa kepemimpinan, kalian akan tahu kapan harus bertindak tegas, kapan harus bertindak lembut dan selalu menjadi pribadi yang tenang,” tutup gubernur berkacamata itu. 

.