Ini 5 Cara Bijak Mengelola Keuangan

 
Ini 5 Cara Bijak Mengelola Keuangan

LADUNI.ID, Jakarta - Kesulitan mengatur gaji bulanan tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda mengalami kesulitan dalam mengatur gaji setiap bulan yang anda terima.

Tidak jarang anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena anda tidak mengelola gaji anda dengan baik. Namun ada cara jitu bagaimana mengelola gaji bulanan anda dengan bijak.

Nah berikut tips bijak mengelola keuangan yang patut disimak.

  1. Catat dan pahami dulu beberapa pendapatan dan pengeluaran wajib setiap bulan. Carilah mana yang bisa kurangi atau dihemat. Jika Anda hobi belanja atau hangout, aturlah budget bulanan.
  2. Saat ingin membeli barang mulailah lihatlah sebagai aset. Apakah membeli barang tersebut adalah investasi yang baik untuk masa depan, atau menunjang produktivitasmu dalam bekerja atau sebaliknya.
  3. Selalu bayar tagihan pada waktunya, dan jangan bergantung pada kartu kredit atau opsi cicilan. Batas limit kartu kredit bukan jumlah uang yang bisa kamu habiskan. Manfaatkan dengan bijak.
  4. Sisihkan sebagian pengeluaran untuk ditabung dan diinvestasikan. Setidaknya sisihkan 10% penghasilan bulanan untuk masa depan. Carilah cara untuk mendapat penghasilan pasif.
  5. Banyak orang tidak sabaran dan susah membedakan keinginan dan kebutuhan. Akhirnya banyak kebutuhan yang dikorbankan demi keinginan dan kesenangan sesaat. Mahal dan murah itu relatif tergantung status ekonomi. Jangan terburu-buru membeli barang mahal apalagi jika hanya membuatmu terbeban.

Bila Anda tertib dalam menerapkan tips tersebut, tak ada lagi kehabisan gaji ditengah bulan. Selamat mencoba. (Sumber: Times Indonesia)