Kisah Perjalanan KH. Qamaruddin Mendirikan Ponpes Qomaruddin Gresik

 
Kisah Perjalanan KH. Qamaruddin Mendirikan Ponpes Qomaruddin Gresik

LADUNI.ID, Jakarta - KH. Qomaruddin merupakan seorang pengasuh dan pendiri Ponpes Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik. Beliau Lahir di Bonang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Beliau merupakan putra Kyai Samidin dan Nyai Hafshoh.

Dari garis ayah beliau merupakan keturunan Hadiwijaya (Sultan Pajang) sedangkan dari garis ibu beliau adalah keturunan dari Sunan Ampel Surabaya.

Sebelum beliau mendirikan Ponpes Qomaruddin dan menetap di Sampurnan Bungah Gresik, pada tahun 1753 M beliau menetap dulu di Desa Kanugrahan Pringgoboyo Maduran Lamongan, dan mendirikan Ponpes Kanugrahan pada tahun 1681 Saka/1753 Masehi. Di sini, beliau memiliki banyak santri dan pengikut sebanyak kurang lebih 300 orang waktu itu.

Setelah beliau mendirikan ponpes itu, beliau kemudian mengembara lagi ke arah timur dan kemudian sampai di sebuah desa bernama Desa Morobakung Manyar Gresik. Di sini beliau memiliki juga banyak pengikut yang seluruhnya merupakan warga desa tersebut.

Di setiap beliau berdakwah di berbagai tempat tersebut di atas, beliau selalu mengajarkan amalan tharekat yang disebut "Thariqat Syatariyah” (Thariqat yang mengutamakan aspek kanuragan/tenaga dalam)".

Beliau tinggal di desa itu selama kurang lebih sekitar 3 tahun. Kemudian atas petunjuk melalui mimpi beliau untuk mendirikan pondok pesantren di seberang sungai Bengawan Solo. Akhirnya beliau pun berangkat menyusuri sungai tersebut dengan perahu.

Setelah itu beliau mencari tempat yang cocok sesuai dengan angan-angan beliau yang dekat dengan pemerintahan, pasar, dan sungai.

Akhirnya tepat pada tahun 1775 M beliau menemukan tempat yg cocok sesuai dengan angan-angan beliau yang waktu itu masih berupa hutan belantara, lalu beliau membuka hutan tersebut yang menurut bahasa orang sekitar "babad alas".

Beliau jadikan pemukiman baru dan untuk dijadikan sebagai tempat sarana dalam menyebarkan ajaran Islam di tempat tersebut. Tempat itulah yang sekarang disebut dengan Desa Sampurnan Kecamatan Bungan Kabupaten Gresik lalu beliau mendirikan PP. Qomaruddin.