Pesantren Miftahul Huda Ngroto Grobogan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul Huda Ngroto Grobogan

Profil

Pondok pesantren Miftahul huda adalah lembaga pendidikan islam yang lahir tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat salah satu tujuan melestarikan dan mengembangkan akhalaqul karimah juga nilai-nilai amaliah shalafusholeh. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi, serta guna memberikan landasan yang kuan dan didikan yang akhlaqul karimah,maka dalam hidup- dan kehidupan ini pendidikan agama islam dan tatanan hidup yang berakhlaqul karimah sangat diperlukan untuk membentengi dan melindungi diri, keluarga khususnya anak-anak.

Anak sebagai generasi penerus, dalam perkembangannya sangat membutuhkan pendidikan agama dan akhlaqul karimah sejak dini, guna melindungi diri dan kehidupannya, agar tidak terseret dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan.

Dalam rangka melindungi, membentengi dan memberikan tatanan serta didikan agama islam juga tata laku akhlaqul karim, maka pada tahun 2009, Romo KH. Ahmad Munir Abdullah merintis berdirinya pondok pesantren Miftahul Huda yang berlamatkan di desa Ngroto, Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan

Sejarah
Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda merupakan salah satu pendidikan non formal yang ada di Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Pendidikan non formal ini bergerak di bidang keagamaan khususnya Al-Qur’an dan pengajaran kitab-kitab klasik.

Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda berdiri pada tahun 1975 oleh kyai Irsyad berada di sebelah selatan Masjid Sirojudin berupa 2 bangunan rumah panggung. Pada tahun 1980 Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda pindah atau berubah menjadi nama Pondok Pesantren Ustmaniyah karena pada tahun tersebut KH. Masduri putra dari KH. Irsyad ingin mengalap barokah dari gurunya yaitu Hadlrotus Syaikh Romo Kyai Muhammad Utsman Al-ishaqi RA (Ayah
Hadlrotus Syaikh KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy RA).

Dengan perkembangan Thariqat Qodiriyah Wanaqsabandiyah, banyak masyarakat Ngroto pada khususnya belum mengerti atas keberadaan thariqat tersebut, maka pada tahun 1980 KH. Masduri mendirikan zahwiyah untuk tawajuhah para jama’ah thariqat masa itu. Pada tahun 1984 KH. Munir Abdullah telah kundur/pulang dari Pondok Pesantren Darur Ubudiyah

Roudhotul Muta’alimin yang diasuh oleh Hadlrotus Syaikh Romo KH. Muhammad Utsman Al Ishaqi RA. Pada tahun 1990 Pondok yang keberadaannya di selatan masjid di pindah 1 panggung di utara masjid yang di asuh oleh KH. Masduri dan 1 pangung di utara makam simbah Abdurrahman Ganjur yang di asuh oleh KH. Munir Abdullah dikarenakan tanahnya terkikis oleh arus sungai tuntang yang selalu bertambah melebar setiap tahunnya sehingga menjadikan tanah sekitar pondok longsor.

Pada tahun 1990-2002 santri berjumlah 40 orang dan selalu bertambah pada tiap tahunnya, mayoritas santri tersebut adalah masyarakat Desa Ngroto itu sendiri. Dan pada tahun 2008 KH. Masduri wafat dan yayasan Ustmaniyah diserahkan kepada putranya yaitu KH.M. Fathul Rosyad dan barulah pada tahun tersebut KH. Munir Abdullah mulai mendirikan atau menghidupkan lagi Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda dan secara insfratruktur dan logistik banyak perkembangan di dalamnya baik dalam segi bangunan dan bertambahnya santri yang datang dari luar daerah.

Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berkiblat di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah Kedinding Surabaya. Adapun alamat Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda adalah di jalan Kauman no. 10 A Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah, PO.BOX 58164 dengan nomor telepon (0274) 377838.

Pendiri
1. KH. Irsyad
2. KH.. Munir Abdullah

Pengasuh
1. KH. Irsyad
2. KH.. Munir Abdullah

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. SD
2. SMP
3. SMK
6. Tahfidzul Al-Qur'an
7. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Manaqib, Istighotsah, Maulidan
6. Bahtsul Ma’sail
7. Pengembangan Bahasa Arab, Inggris, dan Jawa
8. Pelatihan Komputer dan pelatiihan ketrampilan lain yang bersifat positif.
9. Hadrah
10. Olahraga: Senam, Sepakbola/Futsal, Voli, Basket, Tenis meja, Bulutangkis, Beladiri
11. Kaligrafi
12. Ziarah
13. Pramuka
14. Paskibra
15. PMR
16. Muhadlarah
17. Ketrampilan hidup/ wirausaha: Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Tata Busana

Hadrah di pesantren Miftahul Huda

Tenis meja di pesantren Miftahul Huda

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Asrama Santri
2. Gedung Sekolah:
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. Pos Kesehatan
6. Mushola/Masjid
7. Aula
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Pesantren
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. Koperasi Pesantren
15. Laboratorium Bahasa
16. Gudang
 
Masjid di pesantren Miftahul Huda

Gedung sekolah di pesantren Miftahul Huda
 

Alamat

Jalan Kauman no.10 A Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan
Telepon: (0292) 5135633
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : Pesantren Miftahul Huda Ngroto Grobogan
 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.